makalah pembuatan judul tinjauan pustaka



KARYA TULIS ILMIAH


BAB I
PEMBAHASAN
A.     Cara PembuatanJudulKaryaTulisIlmiah
Karyatulisilmiahadalahsuatukarangan yang disusunsecarasistematisdanbersifatmemenuhikaidahilmiah. Contohdarikaryatulisilmiahadalahlaporan, makalah, skripsi, tesis, dandisertasi.
Banyak orang pemuladalampembuatankaryatulisilmiahbingunguntukmencarijudul yang tepat. Judul yang dibuatolehpemulabiasanyacenderunglebihsingkatdankurangmencakupisipenelitiannya. Berikutinicaramembuatkaryatulisilmiah yang baikdanbenaradalahdengancaramemperhatikanhal-halseperti di bawahini:[1]
1.      Menentukantema.
Misalnyatema yang akandibuatkaryatulisilmiahadalahdalambidangpendidikan, teknologi, kesehatan, pertanian, dan lain-lain.
2.      Menentukanobjek yang akanditeliti.
Misalnyadalamtemapertaniankitamemilihkacanghijausebagaiobjek. Sebaiknyadalammenelitiobjekpenelitian, penelitisebaiknyamemilihobjek yang disukai agar semangatdalammengerjakan.
3.      Menemukanapa yang akanditelitidariobjek yang dipilih.
Untukmembuatjudulkaryailmiah yang baikdanbenaradalahmenemukanapa  yangakanditelitidariobjek yang dipilih. Misalnyapengaruhnya, kualitasnya, manfaatnya, dan lain-lain.
4.      Mencaribagianmanadariobjek yang akanditeliti.
Misalnyadaun, batangakar, maupunsemuabagiantumbuhanitu.
5.      Menentukan media.
Menentukan media yang dijadikansehinggadapatmenghubungkanapa yang ditelitidenganbagian yang diteliti.  Seperticahayamatahari, air, pembangunannasional,dan lain-lain.
6.      Membuatkalimat yang tepat.
Untukmembuatjudulkaryailmiah yang baikdanbenaradalahmembuatkalimat yang tepatdalammenggabungkantema, objek, sesuatu yang diteliti, bagian yang ditelitidanmedianya.Contohcaramenggabungkannyasehinggamenjadikalimat yang bagussebagaiberikut:
Tema                            : Pertanian
Objek                           : Kacanghijau
Apa yang diteliti          : Pengaruh
Bagian yang diteliti      : Seluruhbagiantanaman
Media                            : Cahayamatahari
Makapenggabunganjudulnyamenjadi:"PengaruhCahayaMatahariTerhadapPertumbuhanTanamanKacangHijau"

Yang perludiperhatikandalampenulisanadalahmenggunakanhurufkapitaldisetiapawal kata, kecuali kata penghubungdan kata depan.Dari beberapasumber yang sayadapatinibeberapacontoh-contohjudulkaryailmiah :
1.      PengaruhCahayaMatahariTerhadapPertumbuhanTanamanKacangHijau.
2.      KualitasManusiaTerhadap Pembangunan Nasional.
3.      PemanfaatanKulitPisangSebagaiBahanPembuatanSiomay.
4.      Manfaat Mangrove SebagaiPelestarianLingkunganhidup Dan ObjekPariwisata.
5.      PengaruhGlobalisasiTerhadapEkstensiKebudayaan Daerah.
6.      MenumbuhkanMinatBelajarSiswaDalamPembelajaran.
7.      DampakGlobalisasiPadaPendidikan.
8.      Perubahan-PerubahanFisikPadaTanamanUmbi Lapis.
9.      Permentasi Urine Sapi (Bisolbenasus L) SebagaiPupukCairUntukMeningkatkanProduksi  Pertanian.
10.  PendayaanAsamJawa (Tamarindusindica L) DalamMeningkatkanKualitasMinyakKelapa.

B.     TinjauanPustaka
1.      PengertianTinjauanPustaka
Tinjauanpustakaataudisebutjugakajianpustaka (literature review) merupakansebuahaktivitasuntukmeninjauataumengkajikembaliberbagailiteratur yang telahdipublikasikanolehakademisiataupeneliti lain sebelumnyaterkaittopik yang akankitateliti.[2]Dalamrangkaian proses penelitian, baiksebelum, ketikaatausetelahmelakukanpenelitian, penelitibiasanyadimintauntukmenyusuntinjauanpustakaumumnyasebagaibagianpendahuluandariusulanpenelitianataupunlaporanhasilpenelitian. Menyusunsebuahtinjauanpustakasamahalnyadenganmenyarikanberbagaihasilpenelitianterdahuluuntukmendapatgambarantentangtopikataupermasalahan yang akanditelitisekaligusuntukmenjawabberbagaitantangan yang munculketikamemulaisebuahpenelitian.[3]
Namundemikian, satuhal yang perludiingatadalahbahwatinjauanpustakabukansekedarsebuahtulisandiskursif yang berisidaftarsejumlahpublikasiataupenelitianterdahulu yang ditulisberurutansecaradeskriptifsemata. Tinjauanpustakajugabukansekedarlaporan yang  berisirangkaiansimpulanatasberbagailiteratur yang telahdibacadalamtopikterkait. Lebihdariitu, sebuahtinjauanpustakamerupakansebuahtulisan yang mampumemaparkantemadanmengidentifikasi trend, termasukteori-teori yangrelevan. Olehkarenanya, dalammenyusuntinjauanpustaka, penelititidakhanyaberusahauntukmembuatdaftartentangsemuapublikasidanpenelitianterkaittetapiharussekaligusdapatmelakukansintesisdanevaluasiterhadapberbagaipublikasidanpenelitiantersebutseusaidenganpermasalahandalampenelitianyang akandilakukan.[4]Denganmenyusuntinjauanpustakasepertiini, makapenelitiberupayauntukdapatmengintegrasikanapasaja yang telahdikatakanataudilakukanolehpeneliti lain sebelumnya,mengkritisihasilpenelitianataupublikasiilmiah yang ada, danmenjembataniberbagai areatopikterkait, ataupunmengidentikasiisuutamadalambidangterkait.[5]
Uraian di atasmenunjukkanbahwatinjauanpustakadiperlukanuntukmemberikanpemantapandanpenegasantentangcirikhaspenelitian yang hendakdikerjakan. Cirikhassebuahpenelitianakantampakdenganmenunjukkanbahwabuku-buku, artikel, skripsi, tesishinggadisertasi yang ditelaahbelumatautidakmenjawabpersoalan yang diajukanolehpeneliti. Dengandemikian, tinjauanpustakamemiliki  manfaat yang besarbagicalonpenelitiuntukmenelusurilebihjauhapa yang akandipermasalahkandanbagaimanapenelitian yangakanialakukandapatmengisikekosongankarenabelumadanyapenelitianserupa yangdilakukansebelumnya.[6]
2.      TujuanTinjauanPustaka
Ada banyak sekali pendapat-pendapat tentang tujuan tinjauan pustaka. Drs. Colid Narbuko memberikan pernyataan tentang tujuan tinjauan pustaka, yaitu:[7]
a.       Memperdalam pengetahuan tentang masalah yang akan diteliti sehingga dapat melakukan kontrol.
b.      Menegaskan kerangka teoretis yang menjadi landasan jalan pemikiran peneliti.
c.       Mempertajam konsep-konsep yang digunakan sehingga memudahkan perumusan hipotesisnya (teori).
d.      Menghindari terjadinya pengulangan suatu penelitian sehingga dapat dihindari pemborosan mengenai waktu, tenaga dan biaya.
Kami juga menemukan tujuan tinjauan pustaka secara lebih sedernana, yaitu untuk menginformasikan kepada pembaca tentang hasil-hasil penelitian terdahulu. Gunanya adalah untuk mendukung topik penelitian yang akan kita lakukan. Seperti menghubungkan penelitian dengan literatur yang ada, mengisi celah-celah dalam penelitian sebelumnya, dan kita dapat meyediakan kerangka kerja dan tolak ukur untuk mempertegas pentingnya penelitian tersebut dengan membandingkan hasil-hasil penelitian yang lain.[8]



3.      Cara MenyusunTinjauanPustaka
Sebelum kita menyusun tinjauan pustaka, kita harus menentukan topik penelitian. Topik penelitian adalah pokok permasalahan dari suatu penelitian atau sebagai tema pokok dari suatu penelitian. Ada beberapa cara agar dapat memperoleh pemahaman mengenai topik penelitian. Antaralain:[9]
a.       Menulis judul yang jelas.
b.      Topik akan menuntun dan memberikan petunjuk atas apa yang akan kita teliti dan merancang judul yang baik terlebih dahulu sebelum menulis penelitian.
c.       Membuat sejelas mungkin dan menghindari pernyataan-pernyataan yang berlebihan dan memastikan bahwa judul tersebut sudah mencakup topik utama penelitian.

Setelah kita mengetahui topik penelitiannya, maka kita mulai menyusun tinjauan pustaka. Adapun langkah langkah menyusun tinjauan pustaka adalah sebagai berikut:[10]
a.       Mencari kata kunci (key words) penelitian.
b.      Mengunjungi perpustakaan untuk materi-materi referensi (seperti jurnal-jurnal dan buku-buku).
c.       Membaca sepintas sekumpulan artikel dan bab-bab dalam buku yang memang relefan dengan topik penelitian. 
d.      Pengumpulan bahan seperti data base terkomputerisasi. Data base gratis adalah google schoolar.
e.       Membuat peta literatur. Peta literatur merupakan sejenis gambar visual yang menampilkan pengelompokan literatur berdasarkan topik penelitian. Peta inilah yang nantinya akan menggambarkan bagaimana penelitian tersebut akan memberikan kontribusi pada literatur-literatur yang ada.
f.        Memberi petunjuk gaya (style manual) menyediakan arahan-arahaan bagi para peneliti untuk menulis penelitian bergaya akademis seperti format yang konsisten dalam mengutip referensi, seperti menggunakan catatan kaki atau catatan perut, membuat judul, menyajikan tabel dan gambar serta menggunakan bahasa yang tidak diskriminatif. Landasan utama dalam melakukan tinjauan pustaka adalah menggunakan gaya referensi yang tepat dan konsisten.



DAFTAR PUSTAKA
1.      Giyantolin. 2014. Cara JudulMembuatKaryaTulisIlmiah. http://giyantolin.blogspot.co.id/2014/06/cara-membuat-judul-karya-ilmiah.html, 12 Oktober 2016.
2.      RahmatSyafi’i. 2016. MakalahTinjauanPustaka. http://rasya123.blogspot.co.id/2016/03/makalah-tinjauan-pustaka.html?m=1, 12 Oktober 2016.
3.      (Taylor &Procter 2010: 1-2). Yang dikutip oleh Titien Diah Soelistyarini pada file pdf, Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Universitas Airlangga.  
4.      (Shavelson& Towne 2002: 144). Yang dikutip oleh Titien Diah Soelistyarini pada file pdf Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Universitas Airlangga.
5.      (Cooper 1998: 3) Yang dikutip oleh Titien Diah Soelistyarini pada file pdf Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Universitas Airlangga.
6.      Titien Diah Soelistyarini pada file pdf, Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Universitas Airlangga.
7.      Ramita Hapsari, dalam vidionya yang di unggah di youtube, Menyusun Tinjauan Pustaka Penelitian Komunikasi.mp4
8.      (Wilkinson dalam creswell, 2009 : 38.) Yang dikutip oleh Ramita Hapsari, dalam vidionya yang di unggah di youtube, Menyusun Tinjauan Pustaka Penelitian Komunikasi.mp4


[2] (Taylor &Procter 2010: 1).Yang dikutip oleh Titien Diah Soelistyarini pada file pdf Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Universitas Airlangga.  
[3] (Shavelson& Towne 2002: 144).Yang dikutip oleh Titien Diah Soelistyarini pada file pdf Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Universitas Airlangga.

[4](Taylor & Procter 2010:2). Yang dikutip oleh Titien Diah Soelistyarini pada file pdf Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Universitas Airlangga.
[5](Cooper 1998: 3)Yang dikutip oleh Titien Diah Soelistyarini pada file pdf Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Universitas Airlangga.
[6]Titien Diah Soelistyarini pada file pdf, Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka dalam Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Universitas Airlangga.  

[7]Drs. Cholid Narbuko, Drs. H. Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, PT Buni Aksara, Jakarta, 2012, hlm 139-140
[8]Ramita Hapsari, dalam vidionya yang di unggah di youtube, Menyusun Tinjauan Pustaka Penelitian Komunikasi.mp4

[9]Wilkinson dalam creswell, 2009 : 38. Yang dikutip oleh Ramita Hapsari, dalam vidionya yang di unggah di youtube, Menyusun Tinjauan Pustaka Penelitian Komunikasi.mp4
[10]Ramita Hapsari, dalam vidionya yang di unggah di youtube, Menyusun Tinjauan Pustaka Penelitian Komunikasi.mp4

Komentar