Artikel Fundamental Principal Of Scouting



ARTIKEL
FUNDAMENTAL PRINCIPAL OF SCOUTING



 

  
Dosen Pembimbing:
H. ARIF EKO WAHYUDI, S.E., M.M


Disusun Oleh :
WENI MARINA                 ( D97216090 )




TAHUN PELAJARAN 2017
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA



FUNDAMENTAL PRINCIPAL OF SCOUTING
WENI MARINA ( D97216090 )

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

ABSTRAK
Fundamental principal of scouting merupakan dasar-dasar pramuka yang harus dipahami seorang pramuka. Fundamental principal of scouting memiliki penjelasan dasar seperti definisi pramuka, tujuan pramuka, prinsip-prinsip pramuka, metode pramuka, dan nilai-nilai pramuka. Pramuka merupakan kegiatan yang mendidik pribadi seseorang dengan menerapkan nilai-nilai pramuka dalam sehari-hari. Pramuka bertujuan untuk menciptakan jiwa patriot, disiplin dan patuh pada aturan hukum. Pramuka tertera pada UU RI No 12 Tahun 2010. Maka, pramuka merupakan kegiatan yang ada di dalam negara Republik Indonesia.

PENDAHULUAN
            Pramuka mayoritaas dilakukan oleh seorang pemuda, pemuda akan memperoleh pengajaran nila-nilai kepramukaan. Dengan pengajaran tersebut pemuda menjadi orang disiplin waktu dan mandiri. Mengikuti pramuka akan memperoleh banyak manfaat yang positif untuk bisa diterapkan dalam kehidupan. Pramuka tidak memiliki kerugian untuk seseorang yang memahami dan melakanakan. Perbedaan antara orang mengikuti pramuka dan tidak mengikuti adalah sikap sehari-hari. Seorang pramuka akan banyak memiliki sikap yang disiplin, beriman, saling bekerjasama, mandiri, berkemah, mengamalkan nilai pramuka. Sedangkan seorang yang tidak mengikuti pramuka akan tidak memiliki sikap seperti seorang pramuka. Maka, pramuka merupakan kegiatan yang baik dan dilakukan usia muda.

PEMBAHASAN
            Pramuka merupakan kegiatan sukarela, non politik, gerakan pendidikan, dilaksanakan peserta didik, tidak membedakan, memiliki tujuan, prinsip dan metode. Pramuka memiliki tujuan kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa,  menjadi warga negara setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan. Pramuka memiliki prinsip iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya,  peduli terhadap diri pribadinya dan taat kepada Kode Kehormatan Pramuka. Pramuka memiliki metode dalam pelatihannya seperti berjanji pada hukum, belajar melakukan, program progresif, dan merangsang sistem penghargaan.

PENUTUP
Kesimpulan
Memahami dasar-dasar pramuka sangat penting bagi guru dan siswa. Menguasai dan menerapkan nilai-nilai pramuka secara tepat membantu keberhasilan peserta didik dan pengembaangan pribadi. Menjadikan anak didik mandiri dan aktif dalam melakukan hidupnya.

Saran
Pramuka merupakan kegiatan yang dapat mengisi waktu kosong seseorang dan mengingat jasa-jasa pahlawan yang telah gugur.

Komentar