ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN
TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
Dosen pengampuh:
Drs. R. Syaifuddin, M. Pd.
Kelompok
1:
Revida
Wahyu Putri Nurrohmah
(D97216075)
Weni
Marina (D97216090)
PRODI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Karena
atas berkat dan rahmat-Nya lah kami bisa
menyelesaikan tugas makalah ini dengan tepat waktu.
Makalah
ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) semester genaptahun ajaran 2017.
Adapun topik yang dibahas di dalam
makalah ini adalah ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN
MANUSIA.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada kelompok kami yang telah
membantu menyelesaikan tugas makalah ini terutama kepada Dosen Drs. R.
Syaifuddin, M.Pd. Makalah ini masih jauh dari kata sempurna, hal itu
dikarenakan keterbatasan kemampuan yang kami miliki. Sehingga kami sangat
mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca.
Kiranya harapan kami makalah ini memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita
semua. Sehingga pengaruh teknologi dengan ilmu pengetahuan alam berhubungan
dalam kehidupan manusia sehari-hari.
Surabaya,
13 Maret 2017
Tim
Penyusun
KELOMPOK
1
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................. ii
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah.............................................................................. 1
C. Tujuan
Penulisan................................................................................ 2
PEMBAHASAN
A. Definisi
Teknologi.............................................................................. 3
B. IPA
Sebagai Dasar Pengembangan Teknologi................................... 4
C. Sejarah
Peradaban Manusia................................................................ 5
D. Perkembangan
Teknologi................................................................... 5
E.
Manfaat Serta Dampak IPA
dan Teknologi Terhadap Kehidupan Sosial
1. Bidang
Informasi dan Komunikasi.............................................. 7
2. Bidang
Ekonomi dan Industri...................................................... 7
3. Bidang
Sosial dan Budaya........................................................... 8
4. Bidang
Pendidikan....................................................................... 10
5. Bidang
Politik.............................................................................. 10
6. Bidang
Penyediaan Pangan, Sandang, dan Pangan..................... 11
F.
IPA dan Teknologi Masa Depan........................................................ 13
PENUTUP
A. Kesimpulan......................................................................................... 14
B. Saran................................................................................................... 15
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu di mana obyeknya adalah
benda-benda alam. Orang yang menekuni bidang ilmu pengetahuan alam disebut sebagai saintis. Sains diambil dari kata
latin scientia yang artinya adalah pengetahuan. Sains sebagai proses
merupakan langkah-langkah yang ditempuh para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan
dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam.
Kemajuan
ilmu pengetahuan alam dan teknologi (IPTEK) yang telah dicapai sekarang telah
diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan
umat manusia. Pada satu sisi, dampak atau efek dari IPA dan Teknologi bagi
kehidupanperkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah
membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun
ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah
diabaikan oleh manusia.
Sains dan teknologi telah melekat
erat ke dalam gaya hidup dan kehidupan modern, bahkan begitu pentingnya bagi
pelajar ataupun mahasiswa, dan menjadi tuntutan dalam kehidupan professional,
maka belajar sains dan mengembangkan keterampilan sains dan teknologi pada saat
ini adalah sangat penting. Pentingnya terampil berkomunikasi terbukti secara
sepintas melalui berbagai surat kabar harian.
Pengetahuan dan keterampilan ilmu sains dan teknologi memungkinkan
memasuki berbagai bidang profesi, namun demikian harus diimbangi dengan pengembangan
kreativitas pribadi maka keterampilan itu menjadi tidak berarti dan tidak menjamin
masa depan yang cerah atau adanya pengembangan karir pribadi yang pasti.
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Ilmu
Alamiah Dasar secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai “Perkembangan
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia”.
B.
Rumusan
Masalah
Dari latar belakang di atas, maka rumusan
masalah yang dapat kami rumuskan sebagai berikut.
1.
Apa definisi dari teknologi?
2.
Bagaimana IPA sebagai dasar
pengembangan teknologi?
3.
Bagaimana perkembangan
teknologi?
4.
Apa saja manfaat serta dampak
IPA dan teknologi terhadap kehidupan sosial?
5.
Bagaimana IPA dan teknologi
masa depan?
C.
Tujuan
Pembahasan
Dari rumusan masalah yang sudah kami rumuskan
di atas, maka tujuan penulisan makalalah ini sebagai berikut.
1. Mengetahui
definisi
dari teknologi.
2. Mengetahui
IPA
sebagai dasar pengembangan teknologi.
3. Mengetahui
perkembangan
teknologi.
4. Mengetahuimanfaat
serta dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan sosial.
5. Mengetahui
IPA dan teknologi masa depan.
PEMBAHASAN
A.
Definisi
Teknologi
Pada zaman dahulu manusia memecahkan kemiri
dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah
menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.Teknologi sebagai penerapan
ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan
menyistem untuk memecahkan masalah.
Teknologi didefinisikan
sebagai cara melakukan sesuatu untuk seakan-akan memperpanjang, memperkuat,
atau membuat lebih anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia. Istilah
“teknologi” berasal dari “techne” dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara
harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian
teknologi sendiri adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan
manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang,
memperkuat atau membuat lebih anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Teknologi
secara umum adalah:
·
Proses yang meningkatkan
nilai tambah.
·
Produk yang digunakan dan
dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja.
·
Struktur atau sistem
dimana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak
bisa dihindari dalam kehidupan ini, kareana kemajuan teknologi akan berjalan
sesuai engan kemajuan ilmu pengetahuan. Dalam bidang teknologi masyarakat sudah
menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan
dalam dekade terakhir ini. Namun dengan teknologi yang berdampak positif, di
sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Menurut
B.J.Habibie ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembanagn
teknologi industri, yaitu:
1. Pesawat
terbang,
2. Maritim
dan perkapalan,
3. Alat
transportasi,
4. Elektronika
dan komunikasi,
5. Energi,
6. Rekayasa,
7. Alat-alat
dan mesin-mesin pertanian, dan
8. Pertahanan
dan keamanan.
B.
IPA
sebagai Dasar Pengembangan Teknologi
Ilmu dalam bidang IPA dan
pemanfaatnya dapat kita bedakan dalam IPA dasar atau murni, IPA terapan, dan
teknologi. IPA dasar, IPA terapan, dan teknologi mengkaji bahan pokok yang
sama, yaitu alam. IPA dasar untuk memahami bagaimana alam bekerja. Sedangkan, IPA
terapan untuk mengendalikan cara alam bekerja. Ahli teknologi memanfaatkan
penemuan IPA dasar dan IPA terapan untuk membuat alat guna mengendalikan cara
alam bekerja. Konsep IPA dasar terbentuk dari keingintahuan mengenai sesuatu
yang belum diketahui orang, keingintahuan dapat diperoleh dari hasil
pengkajian, yaitu melalui percobaan.
Teknologi
dapat dibentuk dari IPA, tetapi dapat juga terbentuk tanpa IPA. Prinsip-prinsip
dan teori-teori IPA dasar dan pengendalian alam dari IPA terapan digunakan
dalam teknologi untuk menyusun objek, membuat konstruksi alam. Teknologi
meliputi teknik menyusun objek, serta membuat konstruksi alam dan alat,
sedangkan IPA mengenai properti (kondisi, kandungan, dan sifat objek),
interaksi, dan perubahan objek. Dalam biologi, teknologi juga dapat diartikan
sebagai teknik mengendalikan organisme dan sel-sel untuk menghasilkan sesuatu,
misalnya mengendalikan jamur atau bakteri.
Konsep
teknologi menggunakan konsep IPA dasar dan terapan, contohnya adalah merancang
cara untuk membuat tanah berpori-pori agar tanah dapat menyimpan air kohesi.
Kemajuan sains dan teknologi dapat dipercepat melalui riset secara nasional dan
dukungan pemerintah secara terorganisasi. Meluasnya peranan sains dan teknologi
dalam pemerintahan dimotivasi utamanya oleh keinginan negara-negara dalam
bersaing dengan negara lainnya.
Negara-negara Asia pernah mengalami masa kejayaan di
bidang sains dan teknologi. Ketika negara barat mengalami abad kegelapan.
Kolonialisme membuat sains dan teknologi diambil alih oleh barat, dan
menjadikan negara terjajah termasuk Indonesia sebagai negara satelit.
C. Sejarah
Peradaban Manusia dan
Perkembangan Teknologi
Sejarah
peradaban manusia pada tahun masehi sekaligus alur peradaban manusia yang di
prediksi akan terjadi di masa yang akan datang secara kronologis, sebagai
berikut :
·
500-1500 : zaman kegelapan
di Eropa.
· 1858 :
teori Darwin.
· 1996 :
agama kristen tidak pernah menentang teori evolusi
Darwin. Dalamtahun 1996
Paus Paul II secara resmi telah mengakui teori evolusi sebagai more than a
hypothesis. Bahkan agama kristen telah mendahului Darwin dengan teori
evolusinya, sekalipun dalam bentuk yang masih primitif.
· 2004 :
penemuan fosil Homo floresiensis di Pulau Flores,
Indonesia.
· 2010 :
NASA akan memperkenalkan wahana piring terbang
(daya tampung12 orang),
menuju ke bulan hanya 6 jam.
· 2020 :
SETI (Search for Extra Terrestial
Intelligence) yang
beroperasi sejak1960
memperkirakan akan bisa berkomunikasi dengan alien.
· 2021 :
mobil terbang akan mulai diperkenalkan.
· 2050 :
perjalanan ke luar angkasa secara komersial dimulai.
D.
Perkembangan
Teknologi
Perkembangan
teknologi mengakibatkan perubahan signifikan terhadap seluruh kehidupan
manusia. Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur
teknologi, seperti adanya hardware, software, teknologi penyimpanan data, dan
teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia
bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan, pendidikan,
pemerintahan, dan lain-lain.
Kemajuan
teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini,
karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
Cara untuk melengkapi kecerdasan generasi bangsa saat ini dan untuk melengkapi
kecerdasan iptek para pelajar, diperlukan pula penyelarasan pengajaran iptek
dan keagamaan. Sehingga terbentuknya manusia-manusia cerdas dan bermoral yang
dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi manusia, diantaranya
dalah:
1. Learning to know,
yaitu para generasi akan dapat memahami dan menghayati bagaimana suatu
pengetahuan dapat diperoleh dari fenomena yang terdapat dalam lingkungannya.
Dengan pendekatan ini diharapkan akan lahir generasi yang memiliki kepercayaan
bahwa manusia sebagai makhluk Tuhan di bumi diberi kemampuan untuk mengelola
dan mendayagunakan alam bagi kemajuan taraf hidup manusia.
2. Learning to do,
yaitu menerapkan suatu upaya agar para generasi menghayati proses belajar
dengan melakukan sesuatu yang bermakna.
3. Learning to be,
yaitu proses pembelajaran yang memungkinkan lahirnya manusia terdidik yang
mandiri.
4. Learning to live together,
yaitu pendekatan melalui penerapan paragdigma ilmu penegtahuan, seperti
pendekatan menemukan dan pendekatan menyelidik akan memungkinkan para generasi
menemukan kebahagiaan dalam belajar.
E.
Manfaat Serta Dampak IPA dan Teknologi Terhadap Kehidupan
Sosial
Kemajuan IPTEK telah diakui dan dirasakan memberikan
banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Namun, pada sisi
lain, pesatnya kemajuan iptek juga cukup banyak membawa pengaruh negatif.
Dampak negatif iptek terhadap kehidupan
umat manusia. Berikut adalah manfaat dan dampak negatif dari ilmu pengetahuan
alam dan teknologi.
1. Informasi dan Komunikasi
Dampak positif:
1.
Lebih cepat mendapatkan
informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui
internet.
2.
Dapat berkomunikasi lebih
cepat dan pada jarak yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
3. Layanan
bank dengan sangat mudah.
Dampak negetaif:
1.
Pemanfaatan jasa
komunikasi oleh jaringan teroris.
2.
Penggunaan informasi dan
situs tertentu yang dapat diinternet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu.
3.
Kerahasian alat tes
semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh layanan tes psikologi
secara langsung dari internet.
4.
Akibat teknologi
komputer, kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file
penting di komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi.
2.
Bidang
Ekonomi Industri
Dampak positif:
1. Pertumbuhan
ekonomi yang semakin tinggi.
2. Terjadi
industrialisasi.
3. Produksi
dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi dalamkemampuan
produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada
aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara
besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktinitas dunia ekonomi.
Teknologi bisnis memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak
langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung sesuai
selera individu dan yang lebih penting konsumsi tidak perlu pergi ke toko.
4. Persaingan
dalam dunia kerja menuntut pekerja selalu menambah skill dan pengetahuan yang
dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, yang akan berdampak
pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.
Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami
perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan
yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentrasformasikan pengetahuan dan
skill sesuai dengantunuttan kebutuhan tenaga kerja tersebut.
5. Di
bidang kedokteran dan kemajuan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi
komodin yang penting.
Dampak negatif:
1.
Terjadinya pengangguran
bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang
dibutuhkan.
2.
Sifat konsumtif sebagai
akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan melahirkan generasi yang
secara moral mengalami kemerosotan konsumtif, boros, dan memiliki jalan pintas
yang bermental “Instant”.
3.
Bidang
Sosial dan Budaya
Dampak positif:
1.
Perbedaan kepribadi pria
dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kinibahwa kini semakin besar
porsi wanita yangmemegang posisi sebagai pemimpin. Baik dalam dunia
pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah
perilaku sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang
tertulis dalam buku Megatrend for Women
: From Liberation to Leadership yang
ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa
peran wanita dalam kepimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang
memasuki bidang politik, sebagia anggota parlemen, senator, gebenur, menteri,
dan berbagai jabatan penting lainnya.
2. Meningkatnya
rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena
yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya
diri dan ketahanan diri sebagai suatu
bangsa semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3. Tekanan,
kompetisis yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi
globalisasi, melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Dampak Negatif:
1.
Kemrosotan moral
dikalangan warga masyarakat, khususnya dikalangan remaja dan pelajar. Kemajuan
kehidupan ekonomi yang terlalu menekan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan
material, telah menyebabkan sebagaian warga masyarakat menjadi “kaya dalam
materi tetapi miskin dalam rohani”.
2.
Kenakalan dan tindakan
menyimpang dikalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan
tradisi-tradisi yanag ada dimasyarakat, seperti gotong royong dan tolong
menolongtelah melemahkan kekuatan-kekuatan santripetal yang berperan penting
dalam menciptakan kesatuan sosial, seperti perkalihan, corat-coret, pelanggaran
lalu lintas samapi tindakan kejahatan.
3.
Pola interaksi antar
manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan
menengah keatas telah merubah pola interaksi keluarga. Kompuuter yang
disambungkan dengan telpon telah membuak peluang kepada banayk orang yang tidak
memiliki komputer melalui internet. Kini semakin banyak orang menghabiskan waktunya
sendirian dengan komputer. Melalui program internet
relay catting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing
kapan saja.
4.
Bidang pendidikan
Dampak positif:
1. Munculnya
media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini
adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2. Munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru
yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut
dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui
tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus
mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet
dan lain-lain.
Dampak negatif:
1. Keberhasilan alat tes semakin terancam
program tes inteligensi seperti
tes Raven, differential aptitudes test
dapat diakses melalui compact disk.
Implikasi dari permasalahan ini adalah tes psikologi harus berpacu dengan
kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2. Penyalahgunaan pengetahuan bagi
orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Contohnya dengan ilmu
komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan
lain-lain.
5.
BidangPolitik
Dampak positif:
1. Timbulnya
kelas menengah baru. Pertumbuhan teknologi dan ekonomi dikawasan ini mendorong
munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka
sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negara Barat. Dapat
diramalkan, kelas
menengah baru ini menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan
kebebasan berpendapat yang lebih besar.
2. Proses
regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini
akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin
kental.
3. Di
bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh regionalisme.
Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran
regionalisme. Ditambahan
dengan kemajuan dibidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya
kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi,
sehingga regionalisme akan melahirkan
kekuatan ekonomi baru.
Dampak Negatif :
1. Penggunaan
persenjataan canggih untuk menyerang pihak lain demi kekuasaan dan kekayaan.
2. Terorisme yang semakin merajalela.
3. Kurangnya privacy
suatu negara akibat kerahasiaanyang tidak terjamin
dengan semakin canggihnya alat-alat
pendeteksi.
6.
Bidang
Penyediaan pangan, Sandang dan Pangan
Dampak positif:
1. Dalam
penyediaan pangan
Perkembangan
Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi dalam bidang penyediaan pangan
melahirkan Panca Usaha Tani yang merupakan program
Pemerintah. Panca Usaha Tani meliputi
varitas unggul, pupuk, pestisida, pola tanam dan pengairan.
Varitas
unggul adalah pilihan utama dari bibit yang pada penanaman diharapkan akan
diperoleh buah yang bermutu unggul pula.
Pupuk,
yang merupakan bahan makanan pokok dari tanaman, yang merupakan hasil dari
perkembangan Ilmu Pengetahuna Alam dan teknologi adalah Urea, Z.A, Superfosfat, Pupuk kompos, Pupuk
kandang, dan lain-lain.
Pestisida
merupakan bahan kimia yang dipakai untuk memberantas hama dan penyakit yang
merusak tanaman sehubungan dengan usaha-usaha mempertinggi hasil produksi.
Beberapa pestisida antara lain: Insektisida, Herbisida, Fungisida.
Pola tanam
yang teratur akan mempermudah pengawasan dan pemeliharaan terhadap tanaman.
Adanya bendungan atau waduk penampungan air beserta saluran primer, sekunder,
dan drainase.
2.
Penyediaan
Sandang
Setelah
adanya kemajuan Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi, telah dikembangkan
jenis-jenis serat seperti nilon dan rayon, tetoron, dakron, poliester, tetrek,
dan lain-lain. Hal ini dikarenakan serat-serat sintesis dengan suatu katalisa
yang cocok mempunyai sifat mekanik yang tinggi dan dapat disesuaikan dengan
kebutuhan.
3.
Penyediaan
Papan
Dewasa ini, para ilmuwan berusaha untuk memanfaatkan
lautan dan ruang angkasa sebagai pemukiman. Mereka membuat pulau-pulau disertai
peternakan dan perkebunan laut. Sedangkan dalam jangka panjang, pemukiman di
antariksa sedang dalam penelitian, walaupun untuk mewujudkan itu semua
merupakan tantangan yang berat, namun mengingat kemampuan dan usaha manusia
yang tinggi, kemungkinan yang dipaparkan di atas bukan lagi suatu impian
kosong.
Dampak negatif:
1.
Dalam penyediaan pangan
Residu
pestisida,
penggunaan bahan pengawet, pewarna dan MSG mengganggu kesehatan.
2.
Penyediaan sandang
Bahan sintesis tidak mudah rusak dan
tidak mudah menyerap keringat.
3.
Penyediaan papan
Mengurangi lahan pertanian,
penyerapan air berkurang, menyebabkan banjir.
F.
IPA
dan Teknologi Masa Depan
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah susatu bagian
yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir dari
segala akhir kehidupan manusia. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang
seiring perkembangan peradaban manusia di sunia.
Perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang handal
dalam memasuki era globalisasi salah satunya ditandai pendidikan dengan
kurikulum yang berbasis pendidikan teknologi di jenjang pendidikan dasar. Bahan
merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada bidang-bidang ilmu pengetahuan
dan teknologi, di mana peserta didik diberi kesempatan untuk membahas masalah
teknologi dan kemasyarakatan, memahami dan menangani produk teknologi, membuat
peralatan teknologi seerhana melalui kegiatan merancang, membuat, dan memahami
teknologi dan lingkungan. Maka pembelajaran pendidikan teknologi perlu
didasarkan pada : “learning to know,
learning to do, learning to be, dan learning to live together”.
PENUTUP
- Kesimpulan
Istilah “teknologi” berasal dari “techne”
dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan
pengetahuan tentang cara.Pengertian teknologi sendiri adalah cara melakukan
sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga
seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih anggota tubuh, panca
indra dan otak manusia.
Teknologi dapat
dibentuk dari IPA, tetapi dapat juga terbentuk tanpa IPA. Prinsip-prinsip dan
teori-teori IPA dasar dan pengendalian alam dari IPA terapan digunakan dalam
teknologi untuk menyusun objek, membuat konstruksi alam. Teknologi meliputi
teknik menyusun objek, serta membuat konstruksi alam dan alat, sedangkan IPA
mengenai properti (kondisi, kandungan, dan sifat objek), interaksi, dan
perubahan objek. Dalam biologi, teknologi juga dapat diartikan sebagai teknik
mengendalikan organisme dan sel-sel untuk menghasilkan sesuatu, misalnya
mengendalikan jamur atau bakteri.
Perkembangan
teknologi mengakibatkan perubahan signifikan terhadap seluruh kehidupan
manusia. Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur
teknologi, seperti adanya hardware, software, teknologi penyimpanan data, dan
teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia
bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan, pendidikan,
pemerintahan, dan lain-lain.
B.
Saran
Kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang dapat dikembangkan oleh manusia. Agar manusia tidak ketinggalan
dengan kemajuan tersebut sebaiknya beradaptasi dengan kemajuan IPTEK saat ini,
salah satunya dengan cara banyak membaca buku-buku tentang iptek atau membaca
hasil-hasil penelitian tentang iptek. (Revida Wahyu Putri N)
Memberikan gambaran dan menambah wawasan tentang IPTEK yang berkembang dari
waktu ke waktu. Mengingat dampak dari IPTEK ada yang positif tapi mempunyai
kelemahan negatif bagi masyarakat. Jadi IPTEK seharusnya digunakan sebaik
mungkin agar bermanfaat. (Weni Marina)
Komentar
Posting Komentar