Hubungan Ilmu Pengetahuan Alam Dan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia



Text Box:  ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA






Dosen pengampuh:

Drs. R. Syaifuddin, M. Pd.

Kelompok 1:

Revida Wahyu Putri Nurrohmah            (D97216075)
Weni Marina (D97216090)



PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2017




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Karena atas berkat dan  rahmat-Nya lah kami bisa menyelesaikan tugas makalah ini dengan tepat waktu.
            Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  semester genaptahun ajaran 2017. Adapun topik yang dibahas di dalam  makalah ini adalah ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA.
            Kami  juga mengucapkan  terima kasih kepada kelompok kami  yang telah  membantu  menyelesaikan tugas  makalah ini terutama kepada Dosen Drs. R. Syaifuddin, M.Pd. Makalah ini masih jauh dari kata sempurna, hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan yang kami miliki. Sehingga kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca.
            Kiranya harapan kami makalah ini memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita semua. Sehingga pengaruh teknologi dengan ilmu pengetahuan alam berhubungan dalam kehidupan manusia sehari-hari.





Surabaya,  13 Maret 2017



Tim Penyusun

KELOMPOK 1



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii

 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah.............................................................................. 1
C.     Tujuan Penulisan................................................................................ 2

PEMBAHASAN
A.    Definisi Teknologi.............................................................................. 3
B.     IPA Sebagai Dasar Pengembangan Teknologi................................... 4
C.     Sejarah Peradaban Manusia................................................................ 5
D.    Perkembangan Teknologi................................................................... 5
E.     Manfaat Serta Dampak IPA dan Teknologi Terhadap Kehidupan Sosial     
1.      Bidang Informasi dan Komunikasi.............................................. 7
2.      Bidang Ekonomi dan Industri...................................................... 7
3.      Bidang Sosial dan Budaya........................................................... 8
4.      Bidang Pendidikan....................................................................... 10
5.      Bidang Politik.............................................................................. 10
6.      Bidang Penyediaan Pangan, Sandang, dan Pangan..................... 11
F.      IPA dan Teknologi Masa Depan........................................................ 13
PENUTUP
A.    Kesimpulan......................................................................................... 14
B.     Saran................................................................................................... 15







PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu di mana obyeknya adalah benda-benda alam. Orang yang menekuni bidang ilmu pengetahuan alam disebut sebagai saintis. Sains diambil dari kata latin scientia yang artinya adalah pengetahuan. Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam.
Kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi (IPTEK) yang telah dicapai sekarang telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Pada satu sisi, dampak atau efek dari IPA dan Teknologi bagi kehidupanperkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia.
Sains dan teknologi telah melekat erat ke dalam gaya hidup dan kehidupan modern, bahkan begitu pentingnya bagi pelajar ataupun mahasiswa, dan menjadi tuntutan dalam kehidupan professional, maka belajar sains dan mengembangkan keterampilan sains dan teknologi pada saat ini adalah sangat penting. Pentingnya terampil berkomunikasi terbukti secara sepintas melalui berbagai surat kabar harian.
Pengetahuan dan keterampilan ilmu sains dan teknologi memungkinkan memasuki berbagai bidang profesi, namun demikian harus diimbangi dengan pengembangan kreativitas pribadi maka keterampilan itu menjadi tidak berarti dan tidak menjamin masa depan yang cerah atau adanya pengembangan karir pribadi yang pasti.
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai “Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia”.

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dapat kami rumuskan sebagai berikut.
1.      Apa definisi dari teknologi?
2.      Bagaimana IPA sebagai dasar pengembangan teknologi?
3.      Bagaimana perkembangan teknologi?
4.      Apa saja manfaat serta dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan sosial?
5.      Bagaimana IPA dan teknologi masa depan?

C.    Tujuan Pembahasan
Dari rumusan masalah yang sudah kami rumuskan di atas, maka tujuan penulisan makalalah ini sebagai berikut.
1.      Mengetahui definisi dari teknologi.
2.      Mengetahui IPA sebagai dasar pengembangan teknologi.
3.      Mengetahui perkembangan teknologi.
4.      Mengetahuimanfaat serta dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan sosial.
5.      Mengetahui IPA dan teknologi masa depan.













PEMBAHASAN
A.    Definisi Teknologi
Pada zaman dahulu manusia memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.Teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk  memecahkan masalah.
Teknologi didefinisikan sebagai cara melakukan sesuatu untuk seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia. Istilah “teknologi” berasal dari “techne” dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Teknologi secara umum adalah:
·         Proses yang meningkatkan nilai tambah.
·         Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja.
·           Struktur atau sistem dimana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, kareana kemajuan teknologi akan berjalan sesuai engan kemajuan ilmu pengetahuan. Dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun dengan teknologi yang berdampak positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Menurut B.J.Habibie ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembanagn teknologi industri, yaitu:
1.      Pesawat terbang,
2.      Maritim dan perkapalan,
3.      Alat transportasi,
4.      Elektronika dan komunikasi,
5.      Energi,
6.      Rekayasa,
7.      Alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan
8.      Pertahanan dan keamanan.

B.     IPA sebagai Dasar Pengembangan Teknologi
Ilmu dalam bidang IPA dan pemanfaatnya dapat kita bedakan dalam IPA dasar atau murni, IPA terapan, dan teknologi. IPA dasar, IPA terapan, dan teknologi mengkaji bahan pokok yang sama, yaitu alam. IPA dasar untuk memahami bagaimana alam bekerja. Sedangkan, IPA terapan untuk mengendalikan cara alam bekerja. Ahli teknologi memanfaatkan penemuan IPA dasar dan IPA terapan untuk membuat alat guna mengendalikan cara alam bekerja. Konsep IPA dasar terbentuk dari keingintahuan mengenai sesuatu yang belum diketahui orang, keingintahuan dapat diperoleh dari hasil pengkajian, yaitu melalui percobaan.
Teknologi dapat dibentuk dari IPA, tetapi dapat juga terbentuk tanpa IPA. Prinsip-prinsip dan teori-teori IPA dasar dan pengendalian alam dari IPA terapan digunakan dalam teknologi untuk menyusun objek, membuat konstruksi alam. Teknologi meliputi teknik menyusun objek, serta membuat konstruksi alam dan alat, sedangkan IPA mengenai properti (kondisi, kandungan, dan sifat objek), interaksi, dan perubahan objek. Dalam biologi, teknologi juga dapat diartikan sebagai teknik mengendalikan organisme dan sel-sel untuk menghasilkan sesuatu, misalnya mengendalikan jamur atau bakteri.
Konsep teknologi menggunakan konsep IPA dasar dan terapan, contohnya adalah merancang cara untuk membuat tanah berpori-pori agar tanah dapat menyimpan air kohesi. Kemajuan sains dan teknologi dapat dipercepat melalui riset secara nasional dan dukungan pemerintah secara terorganisasi. Meluasnya peranan sains dan teknologi dalam pemerintahan dimotivasi utamanya oleh keinginan negara-negara dalam bersaing dengan negara lainnya.
Negara-negara Asia pernah mengalami masa kejayaan di bidang sains dan teknologi. Ketika negara barat mengalami abad kegelapan. Kolonialisme membuat sains dan teknologi diambil alih oleh barat, dan menjadikan negara terjajah termasuk Indonesia sebagai negara satelit.

C.    Sejarah Peradaban Manusia dan Perkembangan Teknologi
Sejarah peradaban manusia pada tahun masehi sekaligus alur peradaban manusia yang di prediksi akan terjadi di masa yang akan datang secara kronologis, sebagai berikut :
·      500-1500         : zaman kegelapan di Eropa.
·      1858                : teori Darwin.
·      1996                : agama kristen tidak pernah menentang teori evolusi
Darwin. Dalamtahun 1996 Paus Paul II secara resmi telah mengakui teori evolusi sebagai more than a hypothesis. Bahkan agama kristen telah mendahului Darwin dengan teori evolusinya, sekalipun dalam bentuk yang masih primitif.
·      2004                : penemuan fosil Homo floresiensis di Pulau Flores,
Indonesia.
·      2010                : NASA akan memperkenalkan wahana piring terbang
(daya tampung12 orang), menuju ke bulan hanya 6 jam.
·      2020                : SETI (Search for Extra Terrestial Intelligence) yang
beroperasi sejak1960 memperkirakan akan bisa berkomunikasi dengan alien.
·      2021                : mobil terbang akan mulai diperkenalkan.
·      2050                : perjalanan ke luar angkasa secara komersial dimulai.

D.    Perkembangan Teknologi
Perkembangan teknologi mengakibatkan perubahan signifikan terhadap seluruh kehidupan manusia. Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur teknologi, seperti adanya hardware, software, teknologi penyimpanan data, dan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan, pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Cara untuk melengkapi kecerdasan generasi bangsa saat ini dan untuk melengkapi kecerdasan iptek para pelajar, diperlukan pula penyelarasan pengajaran iptek dan keagamaan. Sehingga terbentuknya manusia-manusia cerdas dan bermoral yang dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi manusia, diantaranya dalah:
1.    Learning to know, yaitu para generasi akan dapat memahami dan menghayati bagaimana suatu pengetahuan dapat diperoleh dari fenomena yang terdapat dalam lingkungannya. Dengan pendekatan ini diharapkan akan lahir generasi yang memiliki kepercayaan bahwa manusia sebagai makhluk Tuhan di bumi diberi kemampuan untuk mengelola dan mendayagunakan alam bagi kemajuan taraf hidup manusia.
2.    Learning to do, yaitu menerapkan suatu upaya agar para generasi menghayati proses belajar dengan melakukan sesuatu yang bermakna.
3.    Learning to be, yaitu proses pembelajaran yang memungkinkan lahirnya manusia terdidik yang mandiri.
4.    Learning to live together, yaitu pendekatan melalui penerapan paragdigma ilmu penegtahuan, seperti pendekatan menemukan dan pendekatan menyelidik akan memungkinkan para generasi menemukan kebahagiaan dalam belajar.

E.     Manfaat Serta Dampak IPA dan Teknologi Terhadap Kehidupan Sosial
Kemajuan IPTEK telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Namun, pada sisi lain, pesatnya kemajuan iptek juga cukup banyak membawa pengaruh negatif. Dampak negatif iptek  terhadap kehidupan umat manusia. Berikut adalah manfaat dan dampak negatif dari ilmu pengetahuan alam dan teknologi.


1.      Informasi dan Komunikasi
      Dampak positif:
1.      Lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
2.      Dapat berkomunikasi lebih cepat dan pada jarak yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
3.      Layanan bank dengan sangat mudah.

      Dampak negetaif:
1.      Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
2.      Penggunaan informasi dan situs tertentu yang dapat diinternet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu.
3.      Kerahasian alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
4.      Akibat teknologi komputer, kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting di komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi.

2.      Bidang Ekonomi Industri
      Dampak positif:
1.   Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
2.   Terjadi industrialisasi.
3.    Produksi dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi dalamkemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktinitas dunia ekonomi. Teknologi bisnis memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung sesuai selera individu dan yang lebih penting konsumsi tidak perlu pergi ke toko.
4.    Persaingan dalam dunia kerja menuntut pekerja selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, yang akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentrasformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengantunuttan kebutuhan tenaga kerja tersebut.
5.   Di bidang kedokteran dan kemajuan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komodin yang penting.

            Dampak negatif:
1.      Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
2.      Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan konsumtif, boros, dan memiliki jalan pintas yang bermental “Instant”.

3.      Bidang Sosial dan Budaya
Dampak positif:
1.      Perbedaan kepribadi pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kinibahwa kini semakin besar porsi wanita yangmemegang posisi sebagai pemimpin. Baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women : From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagia anggota parlemen, senator, gebenur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
2.      Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri  sebagai suatu bangsa semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3.      Tekanan, kompetisis yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.

      Dampak Negatif:
1.      Kemrosotan moral dikalangan warga masyarakat, khususnya dikalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagaian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2.      Kenakalan dan tindakan menyimpang dikalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yanag ada dimasyarakat, seperti gotong royong dan tolong menolongtelah melemahkan kekuatan-kekuatan santripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial, seperti perkalihan, corat-coret, pelanggaran lalu lintas samapi tindakan kejahatan.
3.      Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah keatas telah merubah pola interaksi keluarga. Kompuuter yang disambungkan dengan telpon telah membuak peluang kepada banayk orang yang tidak memiliki komputer melalui internet. Kini semakin banyak orang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay catting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

4.      Bidang pendidikan
Dampak positif:
1.      Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber  ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
3.      Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.

Dampak negatif:
1.      Keberhasilan alat tes semakin terancam program tes inteligensi seperti tes Raven, differential aptitudes test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2.      Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.

5.      BidangPolitik
            Dampak positif:
1.    Timbulnya kelas menengah baru. Pertumbuhan teknologi dan ekonomi dikawasan ini mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negara Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.
2.    Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.
3.    Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambahan dengan kemajuan dibidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.

            Dampak Negatif :
1.    Penggunaan persenjataan canggih untuk menyerang pihak lain demi kekuasaan dan kekayaan.
2.    Terorisme  yang semakin merajalela.
3.    Kurangnya privacy suatu negara akibat kerahasiaanyang tidak terjamin dengan semakin  canggihnya alat-alat pendeteksi.

6.      Bidang Penyediaan pangan, Sandang dan Pangan
            Dampak positif:
1.      Dalam penyediaan pangan
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi dalam bidang penyediaan pangan melahirkan Panca Usaha Tani yang merupakan program Pemerintah. Panca Usaha Tani meliputi varitas unggul, pupuk, pestisida, pola tanam dan pengairan.
Varitas unggul adalah pilihan utama dari bibit yang pada penanaman diharapkan akan diperoleh buah yang bermutu unggul pula.
Pupuk, yang merupakan bahan makanan pokok dari tanaman, yang merupakan hasil dari perkembangan Ilmu Pengetahuna Alam dan teknologi adalah Urea, Z.A, Superfosfat, Pupuk kompos, Pupuk kandang, dan lain-lain.
Pestisida merupakan bahan kimia yang dipakai untuk memberantas hama dan penyakit yang merusak tanaman sehubungan dengan usaha-usaha mempertinggi hasil produksi. Beberapa pestisida antara lain: Insektisida, Herbisida, Fungisida.
Pola tanam yang teratur akan mempermudah pengawasan dan pemeliharaan terhadap tanaman. Adanya bendungan atau waduk penampungan air beserta saluran primer, sekunder, dan drainase.
2.      Penyediaan Sandang
Setelah adanya kemajuan Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi, telah dikembangkan jenis-jenis serat seperti nilon dan rayon, tetoron, dakron, poliester, tetrek, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan serat-serat sintesis dengan suatu katalisa yang cocok mempunyai sifat mekanik yang tinggi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
3.      Penyediaan Papan
Dewasa ini, para ilmuwan berusaha untuk memanfaatkan lautan dan ruang angkasa sebagai pemukiman. Mereka membuat pulau-pulau disertai peternakan dan perkebunan laut. Sedangkan dalam jangka panjang, pemukiman di antariksa sedang dalam penelitian, walaupun untuk mewujudkan itu semua merupakan tantangan yang berat, namun mengingat kemampuan dan usaha manusia yang tinggi, kemungkinan yang dipaparkan di atas bukan lagi suatu impian kosong.
Dampak negatif:
1.      Dalam penyediaan pangan
Residu pestisida, penggunaan bahan pengawet, pewarna dan MSG mengganggu kesehatan.
2.      Penyediaan sandang
Bahan sintesis tidak mudah rusak dan tidak mudah menyerap keringat.
3.      Penyediaan papan
Mengurangi lahan pertanian, penyerapan air berkurang, menyebabkan banjir.
F.     IPA dan Teknologi Masa Depan
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah susatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir dari segala akhir kehidupan manusia. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di sunia.
Perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dalam memasuki era globalisasi salah satunya ditandai pendidikan dengan kurikulum yang berbasis pendidikan teknologi di jenjang pendidikan dasar. Bahan merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada bidang-bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, di mana peserta didik diberi kesempatan untuk membahas masalah teknologi dan kemasyarakatan, memahami dan menangani produk teknologi, membuat peralatan teknologi seerhana melalui kegiatan merancang, membuat, dan memahami teknologi dan lingkungan. Maka pembelajaran pendidikan teknologi perlu didasarkan pada : “learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together”.

















PENUTUP
  1. Kesimpulan
Istilah “teknologi” berasal dari “techne” dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara.Pengertian teknologi sendiri adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih anggota tubuh, panca indra dan otak manusia.
Teknologi dapat dibentuk dari IPA, tetapi dapat juga terbentuk tanpa IPA. Prinsip-prinsip dan teori-teori IPA dasar dan pengendalian alam dari IPA terapan digunakan dalam teknologi untuk menyusun objek, membuat konstruksi alam. Teknologi meliputi teknik menyusun objek, serta membuat konstruksi alam dan alat, sedangkan IPA mengenai properti (kondisi, kandungan, dan sifat objek), interaksi, dan perubahan objek. Dalam biologi, teknologi juga dapat diartikan sebagai teknik mengendalikan organisme dan sel-sel untuk menghasilkan sesuatu, misalnya mengendalikan jamur atau bakteri.
Perkembangan teknologi mengakibatkan perubahan signifikan terhadap seluruh kehidupan manusia. Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur teknologi, seperti adanya hardware, software, teknologi penyimpanan data, dan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan, pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain.

B.     Saran
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dikembangkan oleh manusia. Agar manusia tidak ketinggalan dengan kemajuan tersebut sebaiknya beradaptasi dengan kemajuan IPTEK saat ini, salah satunya dengan cara banyak membaca buku-buku tentang iptek atau membaca hasil-hasil penelitian tentang iptek. (Revida Wahyu Putri N)

Memberikan gambaran dan  menambah wawasan tentang IPTEK yang berkembang dari waktu ke waktu. Mengingat dampak dari IPTEK ada yang positif tapi mempunyai kelemahan negatif bagi masyarakat. Jadi IPTEK seharusnya digunakan sebaik mungkin agar bermanfaat. (Weni Marina)


























Komentar