Laporan Observasi Pramuka Tingkat SD dan SMP



LAPORAN
HASIL OBSERVASI PRAMUKA
SD NEGERI MARGOREJO VI
SMP NEGERI 1 BALONGBENDO


 



Dosen Pembimbing:

H. ARIF EKO WAHYUDI, S.E., M.M


Disusun Oleh : 

WENI MARINA          ( D97216090 )




TAHUN PELAJARAN 2017
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA




PENGESAHAN

Laporan ini disusun berdasarkan data yang saya peroleh selama melakukan dua observasi kegiatan pramuka di SD Negeri Margorejo VI dan di SMP Negeri 1 Balongbendo.
·         Observasi pertama : SD Negeri Margorejo VI
Hari       : Jumat
Tanggal : 07 April 2017
Tempat  : Jl. Margorejo, Surabaya

·         Observasi kedua : SMP Negeri 1 Balongbendo
            Hari       : Sabtu
            Tanggal : 15 April 2017
            Tempat  : Jl. Wonokupang, kec. Balongbendo, Sidoarjo
Selanjutnya laporan ini disusun untuk dijadikan sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran mata kuliah Kepramukaan baik secara teori maupun praktik di semester II.

Surabaya, 16 April 2017


Mengetahui,                                                           
Pembina gugus depan  Pembina pramuka               Dosen
SDN Margorejo VI       SMPN 1 Balongbendo           Kepramukaan



Muh. Anwar, S.Pd                Andik Nur Cahyo, MG           H. Arif Eko Wahyudi,
S.E.,M.M



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karunia dan hidayah-Nya saya bisa menyelesaikan laporan ini. Atas terlaksananya kegiatan ini, tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Kedua orang tua.
2.      Dosen H. Arif Eko Wahyudi, S.E.,M.M
3.      Bapak pramuka SDN Margorejo VI
4.      Kakak Pembina Pramuka SMPN 1 Balongbendo
Laporan kegiatan observasi pramuka ini sebagai tugas mata kuliah Pendidikan Kepramukaan.
Saya menyadari bahwa penulisan laporan ini masih banyak kekurangan. Saya selaku penulis mengharapkan kritik dan saran demi menyempurnakan laporan ini sehingga bisa menjadi lebih baik. Semoga karya tulis ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang arif dan budiman.




Surabaya, 16 April 2017




                                                                                    Penulis
WENI MARINA (D97216090)



DAFTAR ISI

COVER......................................................................      i
PENGESAHAN.............................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................      iii
DAFTAR ISI................................................................      iv
BAB I Observasi SDN Margorejo VI................................      1
A. Tujuan Pramuka.....................................................      1
B. Pelaksanaan Pramuka.............................................      1
C. Kegiatan Pramuka..................................................      1
D. Fasilitas.................................................................      2
E. Dokumentasi..........................................................      2
BAB II Observasi SDN Margorejo VI..............................      3
A.   Tujuan Pramuka.....................................................      3
B.   Pelaksanaan Pramuka.............................................      3
C.   Kegiatan Pramuka..................................................      3
D.  Fasilitas.................................................................      4
E.   Dokumentasi..........................................................      4
BAB III PENUTUP........................................................      iv
A.  Kesimpulan............................................................      iv
B.  Saran...................................................................      iv


HASIL OBSERVASI PRAMUKA
SDN MARGOREJO VI

A.  TUJUAN PRAMUKA
Pramuka di SDN Margorejo VI bertujuan untuk melatih kedisiplinan, kerjasama, nilai kebersamaan, dan menanamkan jiwa-jiwa kepramukaan pada peserta didik usia ( 7-12 tahun ). Pramuka untuk peserta sekolah dasar disebut siaga.

B.  PELAKSANAAN PRAMUKA
Kegiatan latihan rutin pramuka siaga di SDN Margorejo VI telah diadakan 30 tahun sejak tahun 1987. SDN Margorejo VI memiliki 4 pembina terdiri 2 pembina dari SDN Margorejo VI dan 2 pembina dari luar SDN Margorejo VI. Metode kegiatan pramuka tergantung pada situasi dan kondisi, menggunakan sistem kuantum learning (materi pramuka diletakkan di mading lalu membaca, ceramah, memberi contoh, bermain, bernyanyi) dan menyesuaikan jumlah hadir pembina untuk mendidik 300 siswa. Materi yang diajarkan berdasarkan SKU, untuk melatih kecakapan siswa. Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib bagi kelas 4, 5 dan 6.

C.  KEGITAN PRAMUKA
Kegiatan latin pramuka dilaksanaan setiap hari mulai pukul 08.00 WIB dengan pembina pramuka yaitu Kak Anwar. Setiap Jumat siswa kelas 4, 5 dan 6 melaksanakan pramuka bersama di lapangan bendera sambil belajar.
Materi yang diajarkan untuk latihan pramuka meliputi teori dan praktik dengan perbandingan 70% (Pembina) : 30% (peserta). Dalam kegiatan latihan pramuka, siaga dibagi menjadi beberapa regu. Setiap regu terdiri dari 4-5 siswa. Setiap kelompok juga diberi tugas untuk membuat yel-yel sebagai penyemangat kelompoknya masing-masing.

D.  FASILITAS
Fasilitas yang disediakan oleh sekolah untuk kegiatan pramuka cukup lengkap, seperti lapangan, peralatan-peralatan pramuka, dan lain-lain.

E.   DOKUMENTASI
Kegiatan di luar kelas, setiap regu membuat yel-yel.


 

      














HASIL OBSERVASI PRAMUKA
SMPN 1 BLONGBENDO

A.  TUJUAN PRAMUKA
Pramuka di SMPN 1 Balongbendo bertujuan untuk melatih kedisiplinan, kerjasama, dan menanamkan jiwa kepramukaan pada peserta didik. Pramuka untuk peserta sekolah menengah disebut penggalang.

B.  PELAKSANAAN PRAMUKA
Kegiatan latihan rutin pramuka di SMPN 1 Balongbendo diadakan sejak tahun 1989. Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib bagi kelas VII. Sedangkan kelas VIII dan XI sudah tidak mengikuti ekstrakurikuler tersebut karena hanya di latih oleh satu Pembina yaitu kak Andik.
Di dalam ketentuan pramuka, penggolongan tingkatan pramuka di sesuaikan dengan usianya. Untuk SMP masuk dalam anggota pramuka penggalang.

C.  KEGITAN PRAMUKA
Kegiatan pramuka dilaksanaan setiap hari Sabtu sepulang sekolah, yaitu mulai pukul 11.00 WIB.
Dalam kegiatan Pramuka, Penggalang dibagi menjadi beberapa regu. Setiap regu terdiri dari 10-11 siswa. Setiap kelompok juga diberi tugas untuk membuat yel-yel sebagai penyemangat kelompoknya masing-masing.
Materi yang diajarkan untuk latihan pramuka meliputi teori dan praktik dengan perbandingan 50% (Pembina) : 50% (peserta). Materi yang diberikan sangat bervariasi sesuai permintaan siswa sesuai SKU, sehingga menarik minat para siswa dan mereka sangat antusias untuk mengikuti kegiatan pramuka tersebut. Misalnya : minggu pertama. Pembina bertanya “materi apa untuk hari ini?”. Siswa menjawab “tali temali”. Karena tali temali juga belum dilaksanakan, Pembina mnyuruh siswa untuk melakukan tali temali lalu dinilai oleh Pembina terdiri kekompakan, kreatif, kecepatan, dan kerajinan.

D.  FASILITAS
Fasilitas yang disediakan oleh sekolah untuk kegiatan pramuka cukup lengkap, seperti lapangan, peralatan-peralatan pramuka, dan sanggar pramuka.

E.   DOKUMENTASI
Kegiatan di dalam kelas, materi penjelajahan dan perencanaan penjelajahan di Pacet, Mojokerto.


 










BAB II
PENUTUP

KESIMPULAN  DAN SARAN
Teknik dalam mengajar pramuka Siaga dan Penggalang berbeda, terletak pada berapa persen pembelajaran bagian Pembina dan peserta siaga atau penggalang. Dalam pengajaran Pembina tidak serupa dengan teknik guru. Pembina memberikan kebebasan dan melatih ke lapangan untuk mempraktekkan pembelajaran.
Pembina pramuka seringkali mengalami kesulitan dalam mengatur para siswa untuk latihan serius. Kendala yang sering dihadapi seperti saat mengajarkan teori kepramukaan di dalam kelas, kehadiran siswa kurang antusias. Ketika para siswa sudah mulai bosan dengan materi yang diajarkan, mereka akan berbuat kegaduhan,  bermain sendiri, dan lain-lain. Maka, materi yang disampaikan akan sulit diterima oleh para siswa.
Untuk mengatasi tersebut, Kakak pembina mengajarkan materi dengan metode “Belajar sambil Melakukan”. Dengan kata lain, pembina menyampaikan materi sekaligus dengan praktik. Sehingga para siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan dan tidak bosan. Untuk pramuka penggalang yang sering tidak hadir, akan dikenai tugas membawa peralatan perkemahan dan akan disimpan di sanggar pramuka untuk generasi penerus.
Pada umumnya kegiatan pramuka di SD Margorejo VI dan SMPN 1 Balongbendo sudah berjalan dengan baik. Namun untuk jumlah Pembina pramuka kurang memadai, siswa masih banyak absen kegiatan pramuka. Sebaiknya pada setiap latihan pramuka membuat metode menyenangkan dan jumlah Pembina memadai.

Komentar

Posting Komentar