LAPORAN
HASIL OBSERVASI PRAMUKA
SD NEGERI MARGOREJO VI
SMP NEGERI 1 BALONGBENDO
Dosen Pembimbing:
H. ARIF EKO WAHYUDI, S.E., M.M
Disusun Oleh :
WENI MARINA ( D97216090 )
TAHUN PELAJARAN 2017
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
PENGESAHAN
Laporan
ini disusun berdasarkan data yang saya peroleh selama melakukan dua observasi kegiatan
pramuka di SD Negeri Margorejo VI dan di SMP Negeri 1 Balongbendo.
·
Observasi
pertama : SD Negeri Margorejo VI
Hari : Jumat
Tanggal : 07 April 2017
Tempat : Jl. Margorejo, Surabaya
·
Observasi
kedua : SMP Negeri 1 Balongbendo
Hari :
Sabtu
Tanggal : 15 April 2017
Tempat : Jl. Wonokupang, kec. Balongbendo, Sidoarjo
Selanjutnya
laporan ini disusun untuk dijadikan sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran
mata kuliah Kepramukaan baik secara teori maupun praktik di semester II.
Surabaya,
16 April 2017
Mengetahui,
Pembina gugus depan Pembina pramuka Dosen
SDN Margorejo VI SMPN 1 Balongbendo Kepramukaan
Muh. Anwar, S.Pd Andik Nur Cahyo, MG H. Arif Eko Wahyudi,
S.E.,M.M
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karunia dan
hidayah-Nya saya bisa menyelesaikan laporan ini. Atas terlaksananya kegiatan ini, tidak lupa saya
mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.
Kedua orang tua.
2.
Dosen H. Arif Eko Wahyudi, S.E.,M.M
3.
Bapak pramuka SDN Margorejo VI
4.
Kakak Pembina Pramuka SMPN 1 Balongbendo
Laporan
kegiatan observasi pramuka ini sebagai tugas mata kuliah Pendidikan
Kepramukaan.
Saya
menyadari bahwa penulisan laporan ini masih banyak kekurangan. Saya selaku
penulis mengharapkan kritik dan saran demi menyempurnakan laporan ini sehingga
bisa menjadi lebih baik. Semoga karya tulis ini bisa bermanfaat bagi para
pembaca yang arif dan budiman.
Surabaya,
16 April 2017
Penulis
WENI MARINA (D97216090)
DAFTAR ISI
COVER...................................................................... i
PENGESAHAN............................................................. ii
KATA
PENGANTAR....................................................... iii
DAFTAR ISI................................................................ iv
BAB I Observasi SDN Margorejo VI................................ 1
A. Tujuan Pramuka..................................................... 1
B. Pelaksanaan Pramuka............................................. 1
C. Kegiatan
Pramuka.................................................. 1
D. Fasilitas................................................................. 2
E. Dokumentasi.......................................................... 2
BAB II Observasi SDN Margorejo VI.............................. 3
A.
Tujuan Pramuka..................................................... 3
B.
Pelaksanaan
Pramuka............................................. 3
C.
Kegiatan Pramuka.................................................. 3
D.
Fasilitas................................................................. 4
E.
Dokumentasi.......................................................... 4
BAB
III PENUTUP........................................................ iv
A.
Kesimpulan............................................................ iv
B.
Saran................................................................... iv
HASIL
OBSERVASI PRAMUKA
SDN MARGOREJO
VI
A. TUJUAN PRAMUKA
Pramuka di SDN Margorejo VI bertujuan untuk melatih kedisiplinan,
kerjasama, nilai kebersamaan, dan menanamkan jiwa-jiwa kepramukaan pada peserta
didik usia ( 7-12 tahun ). Pramuka untuk peserta sekolah dasar disebut siaga.
B. PELAKSANAAN PRAMUKA
Kegiatan latihan rutin pramuka siaga di SDN Margorejo VI telah
diadakan 30 tahun sejak tahun 1987. SDN Margorejo VI memiliki 4 pembina terdiri
2 pembina dari SDN Margorejo VI dan 2 pembina dari luar SDN Margorejo VI. Metode
kegiatan pramuka tergantung pada situasi dan kondisi, menggunakan sistem
kuantum learning (materi pramuka diletakkan di mading lalu membaca, ceramah,
memberi contoh, bermain, bernyanyi) dan menyesuaikan jumlah hadir pembina untuk
mendidik 300 siswa. Materi yang diajarkan berdasarkan SKU, untuk melatih
kecakapan siswa. Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib bagi kelas 4, 5 dan 6.
C. KEGITAN PRAMUKA
Kegiatan latin pramuka
dilaksanaan setiap hari mulai pukul 08.00 WIB dengan pembina pramuka yaitu Kak
Anwar. Setiap Jumat siswa kelas 4, 5 dan 6 melaksanakan pramuka bersama di
lapangan bendera sambil belajar.
Materi yang diajarkan untuk
latihan pramuka meliputi teori dan praktik dengan perbandingan 70% (Pembina) :
30% (peserta). Dalam kegiatan latihan pramuka, siaga dibagi menjadi beberapa regu.
Setiap regu terdiri dari 4-5 siswa. Setiap kelompok juga diberi tugas untuk
membuat yel-yel sebagai penyemangat kelompoknya masing-masing.
D. FASILITAS
Fasilitas yang disediakan oleh sekolah untuk kegiatan pramuka cukup
lengkap, seperti lapangan, peralatan-peralatan pramuka, dan lain-lain.
E. DOKUMENTASI
Kegiatan
di luar kelas, setiap regu membuat yel-yel.
HASIL
OBSERVASI PRAMUKA
SMPN 1
BLONGBENDO
A. TUJUAN PRAMUKA
Pramuka di SMPN 1 Balongbendo bertujuan untuk melatih kedisiplinan,
kerjasama, dan menanamkan jiwa kepramukaan pada peserta didik. Pramuka untuk
peserta sekolah menengah disebut penggalang.
B. PELAKSANAAN PRAMUKA
Kegiatan latihan rutin pramuka di SMPN 1 Balongbendo diadakan sejak
tahun 1989. Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib bagi kelas VII. Sedangkan
kelas VIII dan XI sudah tidak mengikuti ekstrakurikuler tersebut karena hanya
di latih oleh satu Pembina yaitu kak Andik.
Di dalam ketentuan pramuka, penggolongan tingkatan pramuka di
sesuaikan dengan usianya. Untuk SMP masuk dalam anggota pramuka penggalang.
C. KEGITAN PRAMUKA
Kegiatan pramuka dilaksanaan
setiap hari Sabtu sepulang sekolah, yaitu mulai pukul 11.00 WIB.
Dalam kegiatan Pramuka,
Penggalang dibagi menjadi beberapa regu. Setiap regu terdiri dari 10-11 siswa.
Setiap kelompok juga diberi tugas untuk membuat yel-yel sebagai penyemangat
kelompoknya masing-masing.
Materi yang diajarkan untuk
latihan pramuka meliputi teori dan praktik dengan perbandingan 50% (Pembina) : 50%
(peserta). Materi yang diberikan sangat bervariasi sesuai permintaan siswa
sesuai SKU, sehingga menarik minat para siswa dan mereka sangat antusias untuk
mengikuti kegiatan pramuka tersebut. Misalnya : minggu pertama. Pembina
bertanya “materi apa untuk hari ini?”. Siswa menjawab “tali temali”. Karena
tali temali juga belum dilaksanakan, Pembina mnyuruh siswa untuk melakukan tali
temali lalu dinilai oleh Pembina terdiri kekompakan, kreatif, kecepatan, dan
kerajinan.
D. FASILITAS
Fasilitas yang disediakan oleh sekolah untuk kegiatan pramuka cukup
lengkap, seperti lapangan, peralatan-peralatan pramuka, dan sanggar pramuka.
E. DOKUMENTASI
Kegiatan di dalam kelas, materi penjelajahan dan perencanaan
penjelajahan di Pacet, Mojokerto.
BAB II
PENUTUP
KESIMPULAN
DAN SARAN
Teknik dalam
mengajar pramuka Siaga dan Penggalang berbeda, terletak pada berapa persen pembelajaran
bagian Pembina dan peserta siaga atau penggalang. Dalam pengajaran Pembina
tidak serupa dengan teknik guru. Pembina memberikan kebebasan dan melatih ke
lapangan untuk mempraktekkan pembelajaran.
Pembina
pramuka seringkali mengalami kesulitan dalam mengatur para siswa untuk latihan
serius. Kendala yang sering dihadapi seperti saat mengajarkan teori kepramukaan
di dalam kelas, kehadiran siswa kurang antusias. Ketika para siswa sudah mulai
bosan dengan materi yang diajarkan, mereka akan berbuat kegaduhan,
bermain sendiri, dan lain-lain. Maka, materi yang disampaikan akan sulit
diterima oleh para siswa.
Untuk mengatasi
tersebut, Kakak pembina mengajarkan materi dengan metode “Belajar sambil
Melakukan”. Dengan kata lain, pembina menyampaikan materi sekaligus dengan
praktik. Sehingga para siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan
dan tidak bosan. Untuk pramuka penggalang yang sering tidak hadir, akan dikenai
tugas membawa peralatan perkemahan dan akan disimpan di sanggar pramuka untuk
generasi penerus.
Pada
umumnya kegiatan pramuka di SD Margorejo VI dan SMPN 1 Balongbendo sudah
berjalan dengan baik. Namun untuk jumlah Pembina pramuka kurang memadai, siswa
masih banyak absen kegiatan pramuka. Sebaiknya pada setiap latihan pramuka membuat
metode menyenangkan dan jumlah Pembina memadai.
Sangat kreatif
BalasHapus