Resensi Aids To Scoutmastership



RESENSI AIDS TO SCOUTMASTERSHIP


 


  
Dosen Pembimbing:

H. ARIF EKO WAHYUDI, S.E., M.M.

Disusun Oleh : 

WENI MARINA           ( D97216090 )





TAHUN PELAJARAN 2017
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL  SURABAYA



RESENSI BUKU















Judul Buku                  : AIDS TO SCOUTMASTERSHIP
Penulis                         : Baden Powell
Penerjemah                  : Gibin
Penyunting                  : MUN Kusumanti, Joko Murshito, Dadi Pakar, Rini Palupi
  Hartomo
Prancang sampul luar  : Mohamad Irvan
Penerbit                       : PUSTAKA TUNASMEDIA
Tata letak                    : Mohamad Irvan
Tahun terbit                 : 2008
ISBN                           : 978-979-17505-2-3
Jumlah halaman           : 145
Genre                          : Buku
Ukuran Buku              : 21 cm

Kelebihan buku
Karya tulisan Boden Powell dalam sebuah buku yang berjudul Aids To Scoutimastership sangat berguna sebagai buku panduan bagi para pemuda pramuka penggalang. Isi buku tersebut mengangkat perkenalan penggalang pramuka. Bagaimana dasar-dasar pramuka, cara pelatihan, karakter melalui pramuka, kesehatan, memulai sebuah karir, pelayanan untuk oranglain, dan kepramukaan. Penulisan mudah dipahami dan ringkas. Panduan kepramukaan banyak dihubungkan kegiatan kemandirian dan bekerjasama, sehingga buku karya Boden Powell sangat baik untuk para pemuda meraih kesuksesan dan pandai berorganisasi.

Kekurangan buku
Kekurangan penulisan dalam karya buku sangatlah wajar, tetapi adanya dukungan dan masukan para pembaca. Penulis menjadi lebih baik. Dalam buku aids to scoutmastership perurutan penulisan kurang runtut. Pada bab terakhir penjelasan khusus pramuka diletakkan pada akhir bab, bukan pada awal bab. Menurut saya, buku karya Boden Powel ini tentang kepramukaan. Maka, pembahasan tentang kepramukaan diletakkan di awal bab atau materi.

Isi
Buku panduan untuk penggalang mengajarkan budi pekerti dan membangun karakter. Membantu cara sukses dalam karir. Bersikap tegas dan pandai berorganisasi, tidak mementingkan diri sendiri. Serta kesehatan dan pengembangan fisik. Panduan penggalang bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam kepemimpinan. Bersikap adil dan benar.

Penutup
Buku ini banyak manfaat dan arahan dalam kemandirian dan sikap disiplin. Buku ini telah lama terbit tetapi masih berguna sampai sekarang untuk mempelajari, memahami, dan mengenang bapak pramuka, Boden Powell.


Komentar