PENDIDIKAN
ISLAM DI INDONESIA
Dosen Pembimbing:
BAHAUDDIN, M.Pd.I
Disusun
Oleh :
WENI MARINA (
D97216090 )
TAHUN PELAJARAN 2016
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH
IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
REVIEW BUKU
Judul Buku : Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia
Penulis : Dra. Hj. Enung K. Rukiati
Dra.
Fenti Hikmawati
Penerbit : Bandung 40253 : CV PUSTAKA SETIA. 2006
Editor : Tim Redaksi Pustaka Setia
Desain cover : Wandi
Layout isi : Tim Redaksi Pustaka Setia
Tanggal Terbit : 8 Maret 2004
Harga : 14.000,00
Tebal : 176 hlm
Ukuran Buku : 15 x
21 cm
Kelebihan
dan kekurangan buku
Karya seperti buku ini baik, dan isinya mengangkat judul
tentang perkembangan islam, yang diperjuangkan oleh para pendiri islam. Akan
tetapi perurutan penulisan kurang mudah dipahami karena di bab terakhir terdapat
pembahasan “pandangan terhadap perempuan, asal mula perempuan”. Bagi pembaca
memerlukan pemahaman lagi untuk menyambungkan dari bab sebelumnya. Di dalam
buku ini menggunakan kertas koran dan tidak terdapat gambar bersangkutan,
sehingga desain buku ini kurang berwarna.
Isi buku
Para pendiri pendidikan islam seperti para sultan, para
kyai, wali songo dan santri-santrinya merasakan pahitnya perjuangan melawan jajahan
dan ancaman dari Belanda dan Jepang agar tidak menyebarkan islam dan wajib menyebarkan
kekristenannya, serta proses adaptasi sebelum Indonesia mengenal islam. Semakin
pesat islam menyebar di seluruh Indonesia melalui fasilitas pendidikan.
Begitulah sekiranya buku ini tertuang, melalui jemari Enung dan Fenti.
Buku berjudul sejarah pendidikan islam di Indonesia tentang
perkembangan islam di Indonesia, bagaimana asal mula Indonesia disyariatkan
sebagai pemeluk mayoritas islam dengan metode yang berbeda dari zaman
penjajahan hingga kemerdekaan. Sebelum islam masuk Indonesia, Indonesia pemeluk
agama hindu dan budha yang menimbulkan beragam kepercayaan. Islam masuk
Indonesia pada abad ke 7 M / 1 H.
Fakta-fakta sejarah pendidikan islam di Indonesia terdapat banyak
sekolah islam, pesantren, kerajaan islam, masjid, dan berbagai buku ajaran
islam. Dalam perjalanan sejarah pendidikan islam terdapat tiga metode, yaitu
metode deskriptif, ajaran islam dari Rasulullah SAW dalam Al Quran dan As
Sunnah. Metode komparatif, membandingkan ajaran islam tentang pendidikan dari
masa ke masa. Terakhir metode analisis, memberi analisa ajaran islam secara
kritis sehingga menunjukkan kelebihan pendidikan islam. Fase-fase yang dilalui
dalam sejarah seperti : masuknya islam di Indonesia, proses adaptasi, penjajahn
Belanda, penjajahan Jepang, orde lama, dan orde baru. Islam semakin menyebar
adanya mendirikan lembaga pendidikan atau sekolah islam, pencetakan buku dengan
mudah, banyaknya pengajar islam di seluruh Indonesia. Maka, Indonesia mayoritas
penduduk islam.
Penulis membuat buku ini agar pembaca memiliki tujuan
mempelajari sejarah pendidikan islam di Indonesia dijadikan sebagai dasar
pemecah masalah pendidikan islam di Indonesia. Sejarah ini memiliki kegunaan
yaitu sebagai keteladanan, cermin firi, pembandingan, dan perbaikan keadaan
Penutup
Buku ini memang tipis dan sederhana. Tetapi banyak
pengetahuan yang diperoleh tentang perkembangan pendidikan islam di Indonesia mulai
penjajahan hingga kemerdekaan atau saat ini. Buku ini telah lama terbit tetapi
masih berguna sampai sekarang untuk mempelajari, memahami, dan mengenang asal
mula islam disyariatkan di Indonesia, serta menumbuhkan keimanan dan keyakinan
terhadap islam bagi pemeluknya. Semoga banyak pembaca menyukai buku ini karya
Enung dan Fenti yang sangat bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar