review buku pendidikan islam di indonesia




PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA


 




Dosen Pembimbing:
BAHAUDDIN,  M.Pd.I

Disusun Oleh :
WENI MARINA           ( D97216090 )





TAHUN PELAJARAN 2016
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA


REVIEW BUKU

Judul Buku                  :           Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia
Penulis                         :           Dra. Hj. Enung K. Rukiati
                                                Dra. Fenti Hikmawati
Penerbit                       :           Bandung 40253 : CV PUSTAKA SETIA. 2006
Editor                          :           Tim Redaksi Pustaka Setia
Desain cover               :           Wandi
Layout isi                    :           Tim Redaksi Pustaka Setia
Tanggal Terbit             :           8 Maret 2004
Harga                          :           14.000,00
Tebal                           :           176 hlm
Ukuran Buku              :           15 x 21 cm




Kelebihan dan kekurangan buku
Karya seperti buku ini baik, dan isinya mengangkat judul tentang perkembangan islam, yang diperjuangkan oleh para pendiri islam. Akan tetapi perurutan penulisan kurang mudah dipahami karena di bab terakhir terdapat pembahasan “pandangan terhadap perempuan, asal mula perempuan”. Bagi pembaca memerlukan pemahaman lagi untuk menyambungkan dari bab sebelumnya. Di dalam buku ini menggunakan kertas koran dan tidak terdapat gambar bersangkutan, sehingga desain buku ini kurang berwarna.

Isi buku
Para pendiri pendidikan islam seperti para sultan, para kyai, wali songo dan santri-santrinya merasakan pahitnya perjuangan melawan jajahan dan ancaman dari Belanda dan Jepang agar tidak menyebarkan islam dan wajib menyebarkan kekristenannya, serta proses adaptasi sebelum Indonesia mengenal islam. Semakin pesat islam menyebar di seluruh Indonesia melalui fasilitas pendidikan. Begitulah sekiranya buku ini tertuang, melalui jemari Enung dan Fenti.
Buku berjudul sejarah pendidikan islam di Indonesia tentang perkembangan islam di Indonesia, bagaimana asal mula Indonesia disyariatkan sebagai pemeluk mayoritas islam dengan metode yang berbeda dari zaman penjajahan hingga kemerdekaan. Sebelum islam masuk Indonesia, Indonesia pemeluk agama hindu dan budha yang menimbulkan beragam kepercayaan. Islam masuk Indonesia pada abad ke 7 M / 1 H.  Fakta-fakta sejarah pendidikan islam di Indonesia terdapat banyak sekolah islam, pesantren, kerajaan islam, masjid, dan berbagai buku ajaran islam. Dalam perjalanan sejarah pendidikan islam terdapat tiga metode, yaitu metode deskriptif, ajaran islam dari Rasulullah SAW dalam Al Quran dan As Sunnah. Metode komparatif, membandingkan ajaran islam tentang pendidikan dari masa ke masa. Terakhir metode analisis, memberi analisa ajaran islam secara kritis sehingga menunjukkan kelebihan pendidikan islam. Fase-fase yang dilalui dalam sejarah seperti : masuknya islam di Indonesia, proses adaptasi, penjajahn Belanda, penjajahan Jepang, orde lama, dan orde baru. Islam semakin menyebar adanya mendirikan lembaga pendidikan atau sekolah islam, pencetakan buku dengan mudah, banyaknya pengajar islam di seluruh Indonesia. Maka, Indonesia mayoritas penduduk islam.
Penulis membuat buku ini agar pembaca memiliki tujuan mempelajari sejarah pendidikan islam di Indonesia dijadikan sebagai dasar pemecah masalah pendidikan islam di Indonesia. Sejarah ini memiliki kegunaan yaitu sebagai keteladanan, cermin firi, pembandingan, dan perbaikan keadaan

Penutup
Buku ini memang tipis dan sederhana. Tetapi banyak pengetahuan yang diperoleh tentang perkembangan pendidikan islam di Indonesia mulai penjajahan hingga kemerdekaan atau saat ini. Buku ini telah lama terbit tetapi masih berguna sampai sekarang untuk mempelajari, memahami, dan mengenang asal mula islam disyariatkan di Indonesia, serta menumbuhkan keimanan dan keyakinan terhadap islam bagi pemeluknya. Semoga banyak pembaca menyukai buku ini karya Enung dan Fenti yang sangat bermanfaat.

Komentar