Touch Five Sence - TVS



ALAT PERAGA EDUCATION
Touch Five Sense






















 
 Dosen pengampu: 
Husni Abdillah, M. Pd.

Kelompok 2:
1.      Suci Firawati                     (D97216085)
2.      Uci Nur Hayati                (D97216088)
3.      Weni Marina                    (D97216090)
  
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2017

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Karena atas berkat dan  rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan tugas makalah ini dengan tepat waktu.
            Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi dan Kesehatan semester genap tahun ajaran 2017. Adapun topik yang dibahas di dalam  makalah ini adalah ALAT PERAGA EDUCATION.
            Kami  juga mengucapkan  terima kasih kepada kelompok kami  yang telah  membantu  menyelesaikan tugas  makalah dan media pembelajaran ini terutama kepada Husni Abdillah, M. Pd. Makalah ini masih jauh dari kata sempurna, hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan yang kami miliki. Sehingga kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca.
            Kiranya harapan kami makalah ini memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita semua. Sehingga mampu memberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan peserta didik yang dihadapinya.





Surabaya,  1 Mei 2017



Penyusun
Kelompok 2




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................... 2
DAFTAR ISI................................................................................................. 3

 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang......................................................................................... 4
B.     Rumusan Masalah.................................................................................... 4
C.     Tujuan....................................................................................................... 5

PEMBAHASAN
A.    Menjelaskan media pembelajaran Touch Five Sense................................ 6
B.     Manfaat media pembelajaran Touch Five Sense...................................... 6
C.     Tujuan media pembelajaran Touch Five Sense......................................... 7
D.    Langkah media pembelajaran Touch Five Sense...................................... 7

PENUTUP
A.    Kesimpulan............................................................................................... 9
B.     Saran......................................................................................................... 9
















BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
      Media pembelajaran bagian kelas Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, pendidik atau guru harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan media pembelajaran yang baik. Agar materi pelajaran semakin jelas dan mudah dapat dikuasai pelajar atau siswa.
Penggunaan media dalam pembelajaran untuk membantu mengatasi berbagai hambatan yaitu hambatan psikologis seperti minat, sikap, pendapat, pengetahuan, dan hambatan lingkungan seperti komunikasi (misal pesan yang disajikan dalam bentuk saluran visual, tetapi disampaikan dengan ceramah), dan gangguan dari penerima pesan (disebabkan oleh daya tangkap penerima yang rendah, tanpa  motivasi, rasa lelah dan mengantuk).
Dalam meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran, bahwa pebelajar sebanyak-banyaknya berinteraksi dengan sumber belajar. Tanpa sumber belajar yang memadai sulit diharapkan dapat diwujudkan proses pembelajaran yang mengarah kepada tercapainya hasil belajar yang baik. Dengan demikian penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran mempunyai arti yang sangat penting. Dengan dimanfaatkannya media secara maksimal, pemahaman tidak akan terbatas pada apa yang diperoleh melalui kegiatan tatap muka tetapi juga mampu menggali berbagai jenis ilmu pengetahuan terutama yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Alat Peraga Eduation secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai Touch Five Sense.

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dapat dirumuskan sebagai berikut.
1.      Apa penjelasan media pembelajaran Touch Five Sense?
2.      Apa manfaat media pembelajaran Touch Five Sense?
3.      Apa tujuan media pembelajaran Touch Five Sense?
4.      Bagaimana langkah media pembelajaran Touch Five Sense?

C.    Tujuan Pembahasan
Tujuan pembahasan dapat menyelesaikan dari rumusan masalah diatas untuk media pembelajaran Touch Five Sense.




































BAB II
PEMBAHASAN
A.    Menjelaskan media pembelajaran Touch Five Sense
Touch Five Sense ( Sentuh 5 Indra ) merupakan media pembelajaran yang mempelajari cara mengenal 5 alat tubuh manusia untuk menerima jenis ransangan tertentu seperti :
1.      Mata (melihat)
Indra berfungsi untuk melihat lingkungan sekitar dalam bentuk gambar, sehingga dengan mata bisa mengenali benda-benda yang ada di sekitarnya dengan cepat.
2.      Hidung (mencium)
Indra berfungsi untuk mengenali suatu lingkungan sekitar atau sesuatu dari aroma yang dihasilkan.
3.      Lidah (mengecap)
Indra berfungsi untuk menerima rangsangan bentuk rasa dari benda-benda yang masuk ke mulut. Lidah dapat merespon berbagai macam rasa seperti rasa manis, rasa pahit, rasa asam dan rasa asin.
4.      Telinga (mendengar)
Indra berfungsi untuk mendengar dan untuk menerima rangsangan suara di sekitar. 
5.      Kulit (peraba)
Indra berfungsi untuk menerima rangsangan temperatur suhu, sentuhan, rasa sakit, tekanan, tekstur, dan lain sebagainya.
Touch Five Sense merupakan media pembelajaran yang menarik dan memiliki ketanggapan siswa hafal alat indra manusia dengan baik dan cepat.

B.     Manfaat media pembelajaran Touch Five Sense.
1.      Sebagai media pembelajaran yang mudah dan kreatif.
2.      Sebagai pendukung pembelajaran yang kaya manfaat.
3.      Sebagai mempemudah komunikasi efektif.
4.      Sebagai melatih kecerdasan anak.
5.      Sebagai pengetahuan dasar.
6.      Mengajak siswa belajar dengan ceria.

C.    Tujuan media pembelajaran Touch Five Sense.
1.      Untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak mengenai warna dan alat indra.
2.      Untuk merespon fisik, seperti mendengar, menyentuh, berpikir.
3.      Untuk berlatih kerjasama.
4.      Untuk meningkatkan motorik anak.
5.      Untuk melenturkan tubuh.

D.    Langkah media pembelajaran Touch Five Sense.
1.      Bentuk pemain terdiri 5 orang.
2.      Memilih satu orang untuk menjadi instruksi (pemutar), dan 4 orang lain bermain sesuai urut.
3.      Setelah semua pemain sudah ambil posisi awal, permainan dimulai.
4.      Papan Touch Five Sense diputar, kemudian seluruh pemain sesuai urutan melakukan yang diarahkan oleh instruksi.


 






5.      Setiap pemain boleh menempatkan posisi (kaki atau tangan) sesuai instruksi di posisi yang bisa mengganggu atau  menyebabkan lawan susah untuk bergerak.
6.      Posisi kaki atau tangan bisa berada di kotak yang sama dengan yang ditempati lawan sendiri.
7.      Anggota badan yang lain selain telapak tangan dan telapak kaki tidak boleh menempel di matras. Jika ketahuan melanggar pemain didiskualifikasi.
8.      Pemenangnya adalah pemain yang paling lama bertahan di atas matras Touch Five Sense.






























PENUTUP
A.    Kesimpulan
Touch Five Sense adalah media pembelajaran bertujuan untuk merawat kesehatan alat indra manusia dengan baik, sangat penting menjaga organ tubuh yang terpenting. Melatih sosial tinggi kepada orang lain berupa kerjasama dengan baik. Serta menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga.

B.     Saran
Kepada Bpk. Husni Abdillah, M. Pd. agar selalu menjaga kesehatan tubuh baik sibuk ata waktu luang.
Kepada anak-anak untuk tidak malas menjaga kesehatan tubuh dari atas hingga bawah.

Komentar