Dosen pengampu:
Husni
Abdillah, M.
Pd.
Kelompok
2:
1. Suci Firawati (D97216085)
2. Uci Nur Hayati (D97216088)
3. Weni
Marina (D97216090)
PRODI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Karena
atas berkat dan rahmat-Nya kami bisa
menyelesaikan tugas makalah ini dengan tepat waktu.
Makalah
ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi dan Kesehatan semester genap tahun ajaran 2017. Adapun
topik yang dibahas di dalam makalah ini
adalah ALAT PERAGA EDUCATION.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada kelompok kami yang telah
membantu menyelesaikan tugas makalah dan media pembelajaran ini terutama kepada
Husni Abdillah, M. Pd. Makalah
ini masih jauh dari kata sempurna, hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan
yang kami miliki. Sehingga kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang
membangun dari pembaca.
Kiranya harapan kami makalah ini memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita
semua. Sehingga mampu memberikan pendidikan
yang sesuai dengan perkembangan peserta didik yang dihadapinya.
Surabaya, 1
Mei 2017
Penyusun
Kelompok
2
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................... 2
DAFTAR
ISI................................................................................................. 3
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang......................................................................................... 4
B.
Rumusan Masalah.................................................................................... 4
C.
Tujuan....................................................................................................... 5
PEMBAHASAN
A.
Menjelaskan media
pembelajaran Touch Five Sense................................ 6
B.
Manfaat media
pembelajaran Touch Five Sense...................................... 6
C.
Tujuan media
pembelajaran Touch Five Sense......................................... 7
D.
Langkah media
pembelajaran Touch Five Sense...................................... 7
PENUTUP
A.
Kesimpulan............................................................................................... 9
B.
Saran......................................................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Media pembelajaran bagian kelas
Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Untuk mencapai hasil belajar yang
maksimal, pendidik atau guru harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan media
pembelajaran yang baik. Agar materi pelajaran semakin jelas dan mudah dapat
dikuasai pelajar atau siswa.
Penggunaan media dalam pembelajaran untuk
membantu mengatasi berbagai hambatan yaitu hambatan psikologis
seperti minat, sikap, pendapat, pengetahuan, dan hambatan
lingkungan seperti komunikasi (misal pesan yang
disajikan dalam bentuk saluran visual, tetapi disampaikan dengan ceramah), dan
gangguan dari penerima pesan (disebabkan oleh daya tangkap penerima yang
rendah, tanpa motivasi, rasa lelah dan mengantuk).
Dalam meningkatkan proses
pembelajaran dan hasil pembelajaran, bahwa pebelajar sebanyak-banyaknya
berinteraksi dengan sumber belajar. Tanpa sumber belajar yang memadai sulit
diharapkan dapat diwujudkan proses pembelajaran yang mengarah kepada tercapainya
hasil belajar yang baik. Dengan demikian penggunaan media dalam kegiatan
pembelajaran mempunyai arti yang sangat penting. Dengan dimanfaatkannya media
secara maksimal, pemahaman tidak akan terbatas pada apa yang diperoleh melalui
kegiatan tatap muka tetapi juga mampu menggali berbagai jenis ilmu pengetahuan
terutama yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Alat Peraga Eduation secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan
mengenai “Touch Five Sense”.
B.
Rumusan
Masalah
Dari
latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dapat dirumuskan sebagai berikut.
1.
Apa penjelasan media pembelajaran Touch
Five Sense?
2.
Apa manfaat media pembelajaran Touch
Five Sense?
3.
Apa tujuan media pembelajaran Touch
Five Sense?
4.
Bagaimana langkah media pembelajaran Touch
Five Sense?
C.
Tujuan
Pembahasan
Tujuan
pembahasan dapat menyelesaikan dari rumusan masalah diatas untuk media
pembelajaran Touch Five Sense.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Menjelaskan media pembelajaran Touch Five Sense
Touch Five Sense ( Sentuh 5 Indra ) merupakan
media pembelajaran yang mempelajari cara mengenal 5 alat
tubuh manusia untuk menerima jenis
ransangan tertentu seperti :
1. Mata
(melihat)
Indra
berfungsi untuk melihat lingkungan sekitar dalam bentuk
gambar, sehingga dengan mata bisa mengenali benda-benda yang ada di
sekitarnya dengan cepat.
2. Hidung
(mencium)
Indra
berfungsi untuk mengenali suatu
lingkungan sekitar atau sesuatu dari aroma yang dihasilkan.
3. Lidah
(mengecap)
Indra
berfungsi untuk menerima
rangsangan bentuk
rasa dari benda-benda yang masuk ke mulut. Lidah dapat merespon berbagai macam
rasa seperti rasa manis, rasa pahit, rasa asam dan rasa asin.
4. Telinga
(mendengar)
Indra
berfungsi untuk mendengar dan untuk
menerima rangsangan suara di sekitar.
5. Kulit
(peraba)
Indra
berfungsi untuk menerima
rangsangan temperatur suhu, sentuhan, rasa sakit, tekanan, tekstur, dan lain
sebagainya.
Touch
Five Sense merupakan media pembelajaran yang menarik dan memiliki ketanggapan
siswa hafal alat indra manusia dengan baik dan cepat.
B. Manfaat media
pembelajaran Touch
Five Sense.
1. Sebagai media pembelajaran yang mudah dan kreatif.
2. Sebagai pendukung pembelajaran yang kaya manfaat.
3. Sebagai mempemudah komunikasi efektif.
4. Sebagai melatih kecerdasan anak.
5. Sebagai pengetahuan dasar.
6. Mengajak siswa belajar dengan ceria.
C. Tujuan media
pembelajaran Touch
Five Sense.
1. Untuk memberikan pengetahuan
kepada anak-anak mengenai warna dan alat
indra.
2. Untuk merespon fisik, seperti mendengar, menyentuh,
berpikir.
3. Untuk berlatih kerjasama.
4. Untuk meningkatkan motorik anak.
5. Untuk melenturkan tubuh.
D. Langkah media
pembelajaran Touch
Five Sense.
1. Bentuk pemain terdiri 5 orang.
2. Memilih satu orang untuk menjadi instruksi (pemutar),
dan 4 orang lain bermain sesuai urut.
3. Setelah
semua pemain sudah ambil posisi awal, permainan dimulai.
4.
Papan Touch Five Sense diputar,
kemudian seluruh pemain sesuai urutan melakukan yang diarahkan oleh instruksi.
5.
Setiap pemain boleh menempatkan
posisi (kaki atau tangan) sesuai instruksi di posisi yang bisa mengganggu atau
menyebabkan lawan susah untuk bergerak.
6.
Posisi kaki atau tangan bisa berada
di kotak yang sama dengan yang ditempati lawan sendiri.
7.
Anggota badan yang lain selain telapak
tangan dan telapak kaki tidak boleh menempel di matras. Jika ketahuan melanggar
pemain didiskualifikasi.
8.
Pemenangnya adalah pemain yang
paling lama bertahan di atas matras Touch Five Sense.
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Touch Five Sense adalah media
pembelajaran bertujuan untuk merawat kesehatan alat indra manusia dengan baik,
sangat penting menjaga organ tubuh yang terpenting. Melatih sosial tinggi
kepada orang lain berupa kerjasama dengan baik. Serta menjaga kesehatan tubuh
dengan olahraga.
B.
Saran
Kepada Bpk. Husni Abdillah, M. Pd. agar selalu menjaga kesehatan tubuh baik sibuk ata
waktu luang.
Kepada anak-anak untuk tidak malas menjaga kesehatan
tubuh dari atas hingga bawah.
Komentar
Posting Komentar