analisa buku teks bahasa arab MI



ANALISA BUKU TEKS DAN MENYUSUN MATERI BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH
Diajukan Untuk Mata Kuliah
                                     PEMBELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB                 
  

 
Dosen Pengampu :
Sulthon Mas’ud, S.Ag, M. Pd.I.

KELOMPOK 3 :
1.      SAMROTUL MAULIDIYAH    4D / D97216078
2.      WENI MARINA                          4D / D97216090


PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2018


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Karena atas berkat dan  rahmat-Nya lah kami bisa menyelesaikan tugas makalah ini dengan tepat waktu.
Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Bahasa Arab semester empat tahun ajaran 2018. Adapun topik yang dibahas di dalam  makalah ini adalah “ANALISA BUKU TEKS BAHASA ARAB MI dan MENYUSUN MATERI BAHASA ARAB MI”. Kami  juga mengucapkan  terima kasih kepada bapak dosen pengampu Sulthon Mas’ud, S.Ag, M. Pd.I. mata kuliah Pembelajaran Bahasa Arab MI.
Makalah ini masih jauh dari kata sempurna, hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan yang kami miliki. Sehingga kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca. Kiranya harapan kami makalah ini memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita semua.



Surabaya,  26 Februari 2018



Tim Penyusun

KELOMPOK 3



DAFTAR ISI

COVER.......................................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG......................................................................... 1
B.     RUMUSAN MASALAH..................................................................... 2
C.     TUJUAN PENULISAN....................................................................... 2
D.    MANFAAT........................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN
A.    Analisa Buku Teks Bahasa Arab MI..................................................... 4
1.      Cara menganalisa buku teks bahasa arab MI................................... 4
2.      Kelebihan Buku Bahasa Arab MI................................................... 8
3.      Kelemahan Buku Bahasa Arab MI................................................. 9
4.      Faktor-Faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab    9
B.     Menyusun Materi Bahasa Arab MI....................................................... 10
BAB III PENUTUP
A.    KESIMPULAN.................................................................................... 13
B.     SARAN................................................................................................. 13
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... iv
Penegertian bahan ajar / buku teks
1.      Buku paket, buku ajar yang akan digunakan dalam mata pelajaran
Konsep dasar penyusunan buku ajar yang baik
1.      Kualitas buku ajar
2.      Materi ajar
Bentuk materi untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar disusun secara sistematis, menampilkan utuh dari kompetensi yang utuh akan dikuasai oleh siswa.
Pada kelayakan : kesesuaian uraian materi, keakuratan materi, materi mendukung pembelajaran. A) seleksi : tujuan belajar, tingkat kemampuan belajar, lama belajar. B) gradasi. C) presentasi : prosedur diferensiasi, otentif. D) repetisi/pengulangan
3.      Kriteria buku ajar yang baik : akurat (sesuai/relevansi,komunikatif, lengkap sistematis, student centered oriented, berpihak pada ideology negara)
4.      ATM =- amati, tiru, modifikasi
( tugas bhs arab membuat buku kel. 2 rois kelas 5. Dikumpulkan 5-10 mei 2018






BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah sarana prasarana pembentuk anak penerus generasi bangsa Indonesia. Buku merupakan bahan penting sebagai media pembelajaran guru untuk menyampaikan segala sesuatu tentang pendidikan kepada anak didiknya. Dalam zaman modern ini wajibnya sebagai guru dapat lebih kritis terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Semakin lengkap media pembelajaran, semakin majulah pendidik untuk melakukan hal yang efektif,,inovatif, dan kreatif, mengarahkan, dan mendidik peserta didik terutama murid sekolah dasar yang lebih cenderung mudah bosan dengan pembelajaran yang monoton.
Kita sebagai guru sebelum mengajar peserta didik harus menganalisis teks buku mata pelajaran yang akan dipelajari, pendidik harus menganalisis apakah buku tersebut sudah pas untuk anak didik, karena dengan menganalisis pendidik tidak melakukan kekeliruan atau kesalahan dalam masalah menetentukan materi yang diajarkan. Adapun  cara  dalam mendesain materi salah satunya dengan merancang suatu konsep yang menanmpilkan urutan-uratan  gambar tentang konsep materi yang tersusun sesuai dengan  ilmu pengetahuan itu sendiri, tanpa memindahkan topik bahasan yang diinginkan
Kurikulum, materi ajar, cara mengajar tidak jauh beda seperti kebutuhan manusia yang selalu bertambah terus sesuai dengan tuntutan masa, demikian pula dengan kurikulum atau materi ajar, kalau kita ingin materi ajar sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan maka seharusnya diadakan perubahan terus menerus paling tidak dalam jangka waktu tertentu, begitu juga halnya mempelajari bahasa asing seperti bahasa Arab jelas membutuhkan penyusunan materi yang inovatif supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran yang baik.
Antara  pendidik, peserta didik dan materi ajar (buku teks) haruslah berjalan seirama maka akan dapat menghasilkan pembelajaran secara maksimal. Pada kesempatan ini pemakalah akan menulis cara-cara penyusunan materi pembelajaran bahasa arab yang diharapkan bisa memberikan  keberhasilan pembelajaran.

B.     RUMUSAN MASALAH
Makalah ini akan membahas beberapa rumusan masalah tentang pembelajran Bahasa Arab MI, seperti
1.      Bagaimana cara menganalisa buku  teks bahasa arab MI?
2.      Apa saja kelebihan buku bahasa arab MI?
3.      Apa saja kelemahan bahasa arab MI?
4.      Apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan buku bahasa arab MI?
5.      Bagaimana cara menyusun materi bahasa arab MI?

C.    TUJUAN
Dari permasalahan yang akan dibahas di makalah ini, adapun tujuan yang dapat diambil dari rumusan masalah
1.      Dapat menyebutkan analisa buku teks bahasa arab MI
2.      Dapat mengetahui kelebihan buku bahasa arab MI
3.      Dapat mengetahui  kelemahan bahasa arab MI
4.      Dapat mengetahui faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan buku bahasa arab MI
5.      Dapat mengetahui cara menyusun materi bahasa arab MI


D.    MANFAAT
1.      Bagi mahasiswa PGMI
Dapat menambah pengetahuan tentang analisa buku teks bahasa arab MI dan dapat menyusun materi bahasa arab MI sesuai tingkat kelas.
2.      Bagi penulis
Dapat kreatif dalam hal penulisan yang bermanfaat untuk pembaca atau mahasiswa PGMI.





















BAB II
PEMBAHASAN

A.     Menganalisa Buku Teks Bahasa Arab MI
Memahami menganalisa buku teks bahasa arab merupakan kegiatan tentang mengurai, membedakan atau membandingkan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu lalu mencari hubungannya dan diartikan maknanya dalam pembelajaran bahasa arab MI.[1]
Buku teks (bahan ajar), yaitu buku yang disusun untuk proses pembelajaran dan berisi bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan.
1.      Adapun cara menganalisa buku teks bahasa arab MI yaitu :
a.       Bentuk sampul buku
Menarik karena telah disertakan gambar-gambar kegiatan ekstrakulikuler dan perlombaan siswa dalam acara-acara tertentu.


b.      Karakteristik buku
a.       Sampul buku
b.      nama penyusun buku dan penerbit
c.       kata sambutan yang ditulis oleh Kepala Pusat Perbukuan
d.      kata pengantar yang ditulis oleh penulis.


c.       Daftar isi
Menjelaskan materi apa saja yang akan dibahas.[2]
d.      Glosarium (daftar alfabetis)[3]
Merupakan daftar kata yang terlampir di akhir buku pelajaran dengan penjelasannya. Glosarium dijadikan pegangan atau kamus bagi siswa/siswi dalam mempelajari materi yang bersangkutan.
e.       Terdapat “ringkasan”
Merupakan ringkasan setiap masing-masing pokok bahasan pada setiap Bab pembelajaran.
f.       Adanya “latihan soal”
Pada setiap akhir pelajaran disajikan latihan soal agar siswa-siswi dapat mengukur kemampuannya dalam memahami dan menguasai pelajaran.
g.      Adanya “ rubrik tugas”
Siswa-siswi diberikan tugas untuk menganalisis lingkungan yang ada di sekitar.
h.      Daftar pustaka
Merupakan sumber-sumber yang dipakai untuk referensi buku.

2.      Kelebihan Buku Bahasa Arab MI kelas 3:
a.       Materi buku pembelajaran sesuai Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
b.      Sampul buku menarik sesuai dengan judul.
c.       Terdapat identitas buku yang lengkap.
d.      Terdapat daftar isi.
e.       Terdapat latihan soal bermanfaat untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami pelajaran.
f.       Terdapat tugas tentang analisis yang terjadi di lingkungan sekitar.
g.      Terdapat daftar pustaka.
h.      Terdapat tulisan dan gambar yang berwarna, maka tidak membosankan dan gambar berkaitan dengan materi.
i.        Tulisan di tulis dengan tulisan menarik.


3.      Kelemahan Buku Bahasa Arab MI Kelas 3
a.       Tidak terdapat glosarium (daftar alfabet).[4]
b.      Tidak terdapat standar kompentensi, kompetensi inti, kompetensi dasar.
c.       Tidak adanya Indeks.[5]

4.      Faktor-Faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam buku teks (bahan ajar) yang dihasilkan dapat memenuhi kriteria buku bahasa arab yang baik :
a.       Isi Buku Ajar (al-Madmun)
Isi bahan ajar berdasarkan konsep dan teori pembelajaran bahasa Arab, perkembangan terbaru, dan hasil penelitian berdasarkan pengalaman yang dilakukan dalam bidang ilmu bahasa Arab.
b.      Ketepatan Kelayakan (cakupan)
Ketepatan cakupan berkaitan isi bahan ajar dari segi bentuk keluasan dan kedalaman isi materi serta keutuhan konsep berdasarkan bidang ilmu bahasa Arab. Kedalaman dan keluasan isi bahan ajar sangat menentukan kadar bahan ajar yang akan dikembangkan untuk siswa sesuai dengan kemampuan dan tingkat pendidikan yang sedang ditempuh. Adapun acuan utama dalam penentuan kedalaman dan keluasan isi bahan ajar adalah kurikulum dan silabus.[6]


c.       Materi
Materi bahan ajar berkenaan dengan kemudahan bahan ajar tersebut dipahami dan dimengerti oleh siswa sebagai pengguna. Sedikitnya terdapat enam hal yang mendukung tingkat ketercernaan bahan ajar sebagaimana dikemukakan berikut ini:
1)      Pemaparan yang logis
Bahan ajar dipaparkan secara logis, misalnya mulai dari yang umum ke yang khusus atau sebaliknya (deduktif atau induktif), dari yang mudah ke yang sukar, atau dari yang inti ke yang pendukung.
2)      Penyajian materi yang runtut
Bahan ajar disajikan secara sistematis, tidak meloncat-loncat. Keterkaitan antar materi/topik dijelaskan dengan cermat, kemudian setiap topik disajikan secara sistematis dengan strategi penyajian uraian, contoh dan latihan, atau contoh, latihan, penyajian uraian, atau penyajian uraian, latihan, contoh
3)      Contoh dan ilustrasi yang memudahkan pemahaman
Untuk menyajikan suatu topik dan memaparkan suatu pokok bahasan diperlukan contoh dan ilustrasi yang dapat membantu dan mempermudah pemahaman peserta[7]

B.     Menyusun Materi Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah
Materi adalah salah satu bahan untuk mencapai tujuan. Materi pada dasarnya isi pendidikan yang meliputi materi ilmu,pembentukan sikap, dan penerapan nilai-nilai bagi siswa. Materi adalah bahan berupa pengetahuan, keterampilan nilai dan sikap yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.[8] Terdapat beberapa cara untuk diikuti dalam penyusunan materi :
1.      Mengenal  standar isi (KI / KD) dan standar kompetensi lulusan, silabus, program semester (Prosem), dan rencana perencanaan pembelajaran
2.      Mengkategorikan jenis materi pembelajaran berdasarkan pemahaman terhadap KI / KD
3.      Melaksanakanpemetaan materi
Pemetaan yaitu langkah proses perencanaan dan pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Guru dapat mengkategorikan dengan baik jenis materi pembelajaran dalam suatu kompetensi lalu dijadikan dasar pengambilan keputusan penggunaan pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan penerapan,[9] pemetaan materi dilakuakan berdasarkan sk, kd,dan skl.
4.      Menetapkan bentuk penyajian
menetapkan bentuk penyajiaan bentuk penyajiaan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhaan bentuk bentuk tersebut adalah seperti buku teks modul diklat lembar kerja informasi atau bahan ajar sederhana masing masing bentuk penyajian ini dapat dilihat dari berbagai sisi diantaranya dapat dilihat deari sisik sisik kekompleksaan struktur dan pekerjaannya bentuk buku teks modul
5.      Mendraf ( (membahasakan membuat ilustrasi gambar) bahan ajar
Bentuk penyajiaan sudah ditetapkan penyusun bahan ajar penyusun struktur atau kerangka penyajiaan nkerangka kerangka itu di isi dengan materi yang di tetapkan.

6.      Merevisi (menyunting) bahan ajar
7.      Mengujicobakan bahan ajar
8.      Merevisi dan menulis akhir (finalisasi).[10]























BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Belajar bahasa asing sangatlah berbeda dengan  pembelajaran bahasa ibu  atau bahasa yang memang sudah kodratnya dalam lingkungan sehari-hari untuk itu kita harus pintar-pintar memperhatikan materi yang akan kita berikan pada peserta didik agar tidak menyulitkan dan membosankan selama pembelajaran  dengan  peserta didik. Buku buku yang akan dipelajarai harus sesuai dengan tingkatan kemampuan  dan latar belakang fikir siswa, sehingga pembelajaran cepat dan mudah tercapai, untuk penyusunan materi pembelajaran harus mempertimbangkan hal-hal dan prinsip-prinsip penyusunan, serta menjadikan kurikulum dan KI.KD sebgai acuan atau patokan agar sesuatu yang diajarkan sesuai dengan yang ditetapkan serta materi yang disajikan efektif dan efisien.

B.       SARAN
Pahamilah dan analisalah buku anak- didik kita apakah buku itu memiliki materi yang sesuai dengan kemampuan dan layak untuk proses pembelajaran sesuai dengan tahapan-tahapan, supaya kita memberikan pengetahuan yang pas untuk bekal dimasa depan anak didik kita.






DAFTAR PUSTAKA
Abdurahman an-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam. Bandung: CV. Diponegoro, 1989. hal.65
Glosarium Wikipedia diambil dari https://id.wikipedia.org/wiki/Glosarium
Hamid, A., Uril Baharuddin & Bisri Mustofa. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. UIN-Malang Press. Malang.
Pemetaan Materi Kurikulum 2013 Diambil dari https://belajarpedagogi.wordpress.com/pemetaan-materi/
Pengertian Ahli diambil dari http://www.pengertianahli.com/2014/08/pengertian-analisis-apa-itu-analisis.html
Proses Penyusunan Bahan Materi diambil dari https://nellahutasoit.wordpress.com/2011/11/17/proses-penyusunan-materi-ajar/


[1]Pengertian Ahli diambil dari http://www.pengertianahli.com/2014/08/pengertian-analisis-apa-itu-analisis.html
[2]Analisis Buku PKN SD Kelas 6 SDdiambil dari http://nindaayuasmara.blogspot.co.id/2012/12/makalah-analisis-buku-pkn-sd-kelas-6-sd.html
[3]Glosarium Wikipedia diambil dari https://id.wikipedia.org/wiki/Glosarium
[4]Ibid
[5]Analisis Buku PKN SD Kelas 6 SD. Op. cit
[6]Mateti Pembelajaran Bahasa Arab diambil dari http://luqmanmaniabgt.blogspot.com/2012/07/materi-pembelajaran-bahasa-arab.html
[7]Pengembangan Bahan Ajar diambil dari https://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pengembangan-bahan-ajar/
[8]Abdurahman an-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam. Bandung: CV. Diponegoro, 1989. hal.65

[9]Pemetaan Materi Kurikulum 2013Diambil dari https://belajarpedagogi.wordpress.com/pemetaan-materi/

[10]Proses Penyusunan Bahan Materi diambil dari https://nellahutasoit.wordpress.com/2011/11/17/proses-penyusunan-materi-ajar/

Komentar