ANALISA BUKU TEKS DAN MENYUSUN MATERI BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH
Diajukan
Untuk Mata Kuliah
PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Dosen
Pengampu :
Sulthon Mas’ud, S.Ag, M. Pd.I.
KELOMPOK 3 :
1.
SAMROTUL
MAULIDIYAH 4D / D97216078
2.
WENI
MARINA 4D /
D97216090
PRODI PENDIDIKAN
GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2018
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Karena
atas berkat dan rahmat-Nya lah kami bisa
menyelesaikan tugas makalah ini dengan tepat waktu.
Makalah
ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Bahasa Arab semester empat
tahun ajaran 2018. Adapun topik yang dibahas di dalam makalah ini adalah “ANALISA BUKU TEKS BAHASA
ARAB MI dan MENYUSUN MATERI BAHASA ARAB MI”.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak dosen pengampu Sulthon Mas’ud, S.Ag, M. Pd.I.
mata kuliah Pembelajaran Bahasa Arab MI.
Makalah
ini masih jauh dari kata sempurna, hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan
yang kami miliki. Sehingga kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang
membangun dari pembaca. Kiranya harapan kami makalah ini memberikan banyak
manfaat bagi kehidupan kita semua.
Surabaya, 26 Februari 2018
Tim
Penyusun
KELOMPOK
3
DAFTAR
ISI
COVER.......................................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG......................................................................... 1
B. RUMUSAN
MASALAH..................................................................... 2
C. TUJUAN
PENULISAN....................................................................... 2
D. MANFAAT........................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN
A. Analisa Buku Teks Bahasa Arab MI..................................................... 4
1. Cara menganalisa buku teks bahasa arab
MI................................... 4
2. Kelebihan Buku Bahasa Arab MI................................................... 8
3. Kelemahan Buku Bahasa Arab MI................................................. 9
4. Faktor-Faktor yang Perlu Diperhatikan
dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab 9
B. Menyusun Materi Bahasa Arab MI....................................................... 10
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN.................................................................................... 13
B. SARAN................................................................................................. 13
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... iv
Penegertian bahan ajar / buku teks
1. Buku paket, buku ajar yang akan
digunakan dalam mata pelajaran
Konsep dasar penyusunan buku ajar yang baik
1. Kualitas buku ajar
2. Materi ajar
Bentuk
materi untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar disusun
secara sistematis, menampilkan utuh dari kompetensi yang utuh akan dikuasai
oleh siswa.
Pada
kelayakan : kesesuaian uraian materi, keakuratan materi, materi mendukung
pembelajaran. A) seleksi : tujuan belajar, tingkat kemampuan belajar, lama
belajar. B) gradasi. C) presentasi : prosedur diferensiasi, otentif. D)
repetisi/pengulangan
3. Kriteria buku ajar yang baik : akurat
(sesuai/relevansi,komunikatif, lengkap sistematis, student centered oriented,
berpihak pada ideology negara)
4. ATM =- amati, tiru, modifikasi
(
tugas bhs arab membuat buku kel. 2 rois kelas 5. Dikumpulkan 5-10 mei 2018
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan
adalah sarana prasarana pembentuk anak penerus generasi bangsa Indonesia. Buku
merupakan bahan penting sebagai media pembelajaran guru untuk menyampaikan
segala sesuatu tentang pendidikan kepada anak didiknya. Dalam zaman modern ini
wajibnya sebagai guru dapat lebih kritis terhadap perkembangan pendidikan di
Indonesia. Semakin lengkap media pembelajaran, semakin majulah pendidik untuk
melakukan hal yang efektif,,inovatif, dan kreatif, mengarahkan, dan mendidik
peserta didik terutama murid sekolah dasar yang lebih cenderung mudah bosan
dengan pembelajaran yang monoton.
Kita sebagai guru sebelum mengajar peserta didik harus
menganalisis teks buku mata pelajaran yang akan dipelajari, pendidik harus
menganalisis apakah buku tersebut sudah pas untuk anak didik, karena dengan
menganalisis pendidik tidak melakukan kekeliruan atau kesalahan dalam masalah menetentukan materi yang diajarkan.
Adapun cara dalam mendesain materi salah satunya dengan
merancang suatu konsep yang menanmpilkan urutan-uratan gambar tentang konsep materi yang tersusun
sesuai dengan ilmu pengetahuan itu
sendiri, tanpa memindahkan topik bahasan yang diinginkan
Kurikulum, materi ajar,
cara mengajar tidak jauh beda seperti kebutuhan manusia yang selalu bertambah
terus sesuai dengan tuntutan masa, demikian pula dengan kurikulum atau materi
ajar, kalau kita ingin materi ajar sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan maka seharusnya diadakan perubahan terus
menerus paling tidak dalam jangka waktu tertentu, begitu juga halnya
mempelajari bahasa asing seperti bahasa Arab jelas membutuhkan penyusunan
materi yang inovatif supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran yang baik.
Antara pendidik,
peserta didik dan materi ajar (buku teks) haruslah berjalan seirama maka akan
dapat menghasilkan pembelajaran secara maksimal. Pada kesempatan ini
pemakalah akan menulis cara-cara penyusunan materi pembelajaran bahasa arab yang
diharapkan bisa memberikan keberhasilan
pembelajaran.
B.
RUMUSAN MASALAH
Makalah ini akan
membahas beberapa rumusan masalah tentang pembelajran Bahasa Arab MI, seperti
1. Bagaimana cara menganalisa buku
teks bahasa arab
MI?
2. Apa saja kelebihan buku bahasa arab MI?
3. Apa saja kelemahan bahasa arab MI?
4. Apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam
pengembangan buku bahasa arab MI?
5. Bagaimana cara menyusun materi bahasa arab MI?
C.
TUJUAN
Dari permasalahan yang
akan dibahas di makalah ini, adapun tujuan yang dapat diambil dari rumusan
masalah
1. Dapat menyebutkan analisa buku teks
bahasa arab MI
2. Dapat mengetahui kelebihan buku bahasa arab MI
3. Dapat mengetahui kelemahan bahasa arab MI
4. Dapat mengetahui faktor-faktor yang perlu diperhatikan
dalam pengembangan buku bahasa arab MI
5. Dapat mengetahui cara menyusun materi bahasa arab MI
D.
MANFAAT
1. Bagi mahasiswa PGMI
Dapat menambah
pengetahuan tentang analisa buku teks bahasa arab MI dan dapat menyusun materi
bahasa arab MI sesuai tingkat kelas.
2. Bagi penulis
Dapat kreatif dalam hal
penulisan yang bermanfaat untuk pembaca atau mahasiswa PGMI.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Menganalisa Buku Teks Bahasa Arab MI
Memahami menganalisa
buku teks bahasa arab merupakan kegiatan tentang
mengurai, membedakan atau membandingkan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan
dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu lalu mencari hubungannya dan
diartikan maknanya dalam pembelajaran bahasa arab MI.[1]
Buku
teks (bahan ajar), yaitu buku yang disusun untuk proses pembelajaran dan berisi
bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan.
1.
Adapun
cara menganalisa buku teks bahasa arab MI yaitu :
a.
Bentuk
sampul buku
Menarik
karena telah disertakan gambar-gambar kegiatan ekstrakulikuler dan perlombaan
siswa dalam acara-acara tertentu.
b.
Karakteristik
buku
a.
Sampul buku
b.
nama
penyusun buku dan penerbit
c.
kata
sambutan yang ditulis oleh Kepala Pusat Perbukuan
d.
kata
pengantar yang ditulis oleh penulis.
c.
Daftar isi
Menjelaskan
materi apa saja yang akan dibahas.[2]
d.
Glosarium
(daftar alfabetis)[3]
Merupakan
daftar kata yang terlampir di akhir buku pelajaran dengan penjelasannya.
Glosarium dijadikan pegangan atau kamus bagi siswa/siswi dalam mempelajari
materi yang bersangkutan.
e.
Terdapat
“ringkasan”
Merupakan
ringkasan setiap masing-masing pokok bahasan pada setiap Bab pembelajaran.
f.
Adanya “latihan
soal”
Pada setiap
akhir pelajaran disajikan latihan soal agar siswa-siswi dapat mengukur
kemampuannya dalam memahami dan menguasai pelajaran.
g.
Adanya “
rubrik tugas”
Siswa-siswi
diberikan tugas untuk menganalisis lingkungan yang ada di sekitar.
h.
Daftar
pustaka
Merupakan
sumber-sumber yang dipakai untuk referensi buku.
2. Kelebihan Buku Bahasa Arab MI kelas 3:
a.
Materi buku
pembelajaran sesuai Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
b.
Sampul buku
menarik sesuai dengan judul.
c.
Terdapat identitas
buku yang lengkap.
d.
Terdapat
daftar isi.
e.
Terdapat
latihan soal bermanfaat untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami
pelajaran.
f.
Terdapat
tugas tentang analisis yang terjadi di lingkungan sekitar.
g.
Terdapat
daftar pustaka.
h.
Terdapat tulisan
dan gambar yang berwarna, maka tidak membosankan dan gambar berkaitan dengan
materi.
i.
Tulisan di
tulis dengan tulisan menarik.
3. Kelemahan Buku Bahasa Arab MI
Kelas 3
a.
Tidak
terdapat glosarium (daftar alfabet).[4]
b.
Tidak
terdapat standar kompentensi, kompetensi inti, kompetensi dasar.
c.
Tidak adanya
Indeks.[5]
4.
Faktor-Faktor
yang Perlu Diperhatikan dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam buku teks (bahan ajar) yang
dihasilkan dapat memenuhi kriteria buku bahasa arab yang baik :
a.
Isi Buku
Ajar (al-Madmun)
Isi bahan ajar berdasarkan konsep
dan teori pembelajaran bahasa Arab, perkembangan terbaru, dan hasil penelitian berdasarkan
pengalaman yang dilakukan dalam bidang ilmu bahasa Arab.
b.
Ketepatan
Kelayakan (cakupan)
Ketepatan cakupan berkaitan isi bahan
ajar dari segi bentuk keluasan dan kedalaman isi materi serta keutuhan konsep
berdasarkan bidang ilmu bahasa Arab. Kedalaman dan keluasan isi bahan ajar
sangat menentukan kadar bahan ajar yang akan dikembangkan untuk siswa sesuai
dengan kemampuan dan tingkat pendidikan yang sedang ditempuh. Adapun acuan
utama dalam penentuan kedalaman dan keluasan isi bahan ajar adalah kurikulum
dan silabus.[6]
c.
Materi
Materi bahan ajar berkenaan dengan
kemudahan bahan ajar tersebut dipahami dan dimengerti oleh siswa sebagai
pengguna. Sedikitnya terdapat enam hal yang mendukung tingkat ketercernaan
bahan ajar sebagaimana dikemukakan berikut ini:
1)
Pemaparan
yang logis
Bahan ajar dipaparkan
secara logis, misalnya mulai dari yang umum ke yang khusus atau sebaliknya (deduktif
atau induktif), dari yang mudah ke yang sukar, atau dari yang inti ke yang
pendukung.
2)
Penyajian materi yang
runtut
Bahan ajar disajikan
secara sistematis, tidak meloncat-loncat. Keterkaitan antar materi/topik
dijelaskan dengan cermat, kemudian setiap topik disajikan secara sistematis
dengan strategi penyajian uraian, contoh dan latihan, atau contoh, latihan,
penyajian uraian, atau penyajian uraian, latihan, contoh
3)
Contoh dan ilustrasi yang
memudahkan pemahaman
Untuk menyajikan suatu
topik dan memaparkan suatu pokok bahasan diperlukan contoh dan ilustrasi yang
dapat membantu dan mempermudah pemahaman peserta[7]
B. Menyusun Materi Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah
Materi adalah
salah satu bahan untuk mencapai tujuan. Materi pada dasarnya isi pendidikan
yang meliputi materi ilmu,pembentukan sikap, dan penerapan nilai-nilai bagi
siswa. Materi adalah bahan berupa pengetahuan, keterampilan nilai dan sikap
yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang
ditetapkan.[8]
Terdapat beberapa cara untuk diikuti dalam
penyusunan materi :
1.
Mengenal
standar isi (KI / KD) dan standar kompetensi lulusan, silabus, program semester
(Prosem), dan rencana perencanaan pembelajaran
2.
Mengkategorikan
jenis materi pembelajaran berdasarkan pemahaman terhadap KI / KD
3.
Melaksanakanpemetaan
materi
Pemetaan yaitu langkah proses perencanaan dan pengembangan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Guru dapat mengkategorikan
dengan baik jenis materi pembelajaran dalam suatu kompetensi lalu dijadikan dasar pengambilan keputusan penggunaan
pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan
penerapan,[9]
pemetaan materi dilakuakan berdasarkan sk, kd,dan skl.
4.
Menetapkan
bentuk penyajian
menetapkan
bentuk penyajiaan bentuk penyajiaan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhaan
bentuk bentuk tersebut adalah seperti buku teks modul diklat lembar kerja
informasi atau bahan ajar sederhana masing masing bentuk penyajian ini dapat
dilihat dari berbagai sisi diantaranya dapat dilihat deari sisik sisik
kekompleksaan struktur dan pekerjaannya bentuk buku teks modul
5.
Mendraf
( (membahasakan membuat ilustrasi gambar) bahan ajar
Bentuk
penyajiaan sudah ditetapkan penyusun bahan ajar penyusun struktur atau kerangka
penyajiaan nkerangka kerangka itu di isi dengan materi yang di tetapkan.
6.
Merevisi
(menyunting) bahan ajar
7.
Mengujicobakan
bahan ajar
8.
Merevisi
dan menulis akhir (finalisasi).[10]
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Belajar bahasa asing sangatlah berbeda dengan pembelajaran bahasa ibu atau bahasa yang memang sudah kodratnya dalam
lingkungan sehari-hari untuk itu kita harus pintar-pintar memperhatikan materi
yang akan kita berikan pada peserta didik agar tidak menyulitkan dan
membosankan selama pembelajaran
dengan peserta didik. Buku buku
yang akan dipelajarai harus sesuai dengan tingkatan kemampuan dan latar belakang fikir siswa, sehingga
pembelajaran cepat dan mudah tercapai, untuk penyusunan materi pembelajaran
harus mempertimbangkan hal-hal dan prinsip-prinsip penyusunan, serta menjadikan
kurikulum dan KI.KD sebgai acuan atau patokan agar sesuatu yang diajarkan
sesuai dengan yang ditetapkan serta materi yang disajikan efektif dan efisien.
B.
SARAN
Pahamilah dan analisalah buku anak- didik
kita apakah buku itu memiliki materi yang sesuai dengan kemampuan dan layak
untuk proses pembelajaran sesuai dengan tahapan-tahapan, supaya kita memberikan
pengetahuan yang pas untuk bekal dimasa depan anak didik kita.
DAFTAR
PUSTAKA
Abdurahman an-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam. Bandung: CV.
Diponegoro, 1989. hal.65
Analisis
Buku PKN SD Kelas 6 SDdiambil
dari http://nindaayuasmara.blogspot.co.id/2012/12/makalah-analisis-buku-pkn-sd-kelas-6-sd.html
Hamid, A., Uril Baharuddin & Bisri Mustofa. 2008. Pembelajaran
Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. UIN-Malang
Press. Malang.
Mateti Pembelajaran Bahasa Arab diambil dari http://luqmanmaniabgt.blogspot.com/2012/07/materi-pembelajaran-bahasa-arab.html
Pengembangan Bahan Ajar diambil dari https://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pengembangan-bahan-ajar/
Pengertian
Ahli diambil dari http://www.pengertianahli.com/2014/08/pengertian-analisis-apa-itu-analisis.html
Proses Penyusunan Bahan Materi diambil dari https://nellahutasoit.wordpress.com/2011/11/17/proses-penyusunan-materi-ajar/
[1]Pengertian
Ahli diambil dari http://www.pengertianahli.com/2014/08/pengertian-analisis-apa-itu-analisis.html
[2]Analisis Buku PKN SD Kelas 6 SDdiambil
dari http://nindaayuasmara.blogspot.co.id/2012/12/makalah-analisis-buku-pkn-sd-kelas-6-sd.html
[4]Ibid
[6]Mateti
Pembelajaran Bahasa Arab diambil dari http://luqmanmaniabgt.blogspot.com/2012/07/materi-pembelajaran-bahasa-arab.html
[7]Pengembangan
Bahan Ajar diambil dari https://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02/pengembangan-bahan-ajar/
[8]Abdurahman an-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam. Bandung: CV. Diponegoro, 1989. hal.65
[9]Pemetaan Materi Kurikulum 2013Diambil dari https://belajarpedagogi.wordpress.com/pemetaan-materi/
[10]Proses
Penyusunan Bahan Materi diambil dari https://nellahutasoit.wordpress.com/2011/11/17/proses-penyusunan-materi-ajar/
Komentar
Posting Komentar