PENERAPAN METODE, STRATEGI DAN MODEL DALAM MATERI INTERAKSI MANUSIA DI LINGKUNGAN ALAM, SOSIAL, BUDAYA DAN EKONOMI KELAS VI MI


PENERAPAN METODE, STRATEGI DAN MODEL DALAM MATERI INTERAKSI MANUSIA DI LINGKUNGAN ALAM, SOSIAL, BUDAYA DAN EKONOMI KELAS VI MI
Diajukan Untuk Mata Kuliah:
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial


 


Dosen Pengampu:
 Drs. Nadlir, M. Pd. I

Disusun Oleh:
Weni Marina                           (D97216090)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2018





KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT. Karena atas berkat dan  rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan tugas makalah ini dengan tepat waktu.
Makalah ini saya susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial semester empat tahun ajaran 2018. Adapun topik yang dibahas di dalam  makalah ini adalah “PENERAPAN METODE, STRATEGI DAN MODEL DALAM MATERI INTERAKSI MANUSIA DI LINGKUNGAN ALAM, SOSIAL, BUDAYA DAN EKONOMI KELAS VI MI”. Saya  juga mengucapkan  terima kasih kepada bapak dosen pengampu Drs. Nadlir, M. Pd.I. mata kuliah Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MI.
Makalah ini masih jauh dari kata sempurna, hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan yang saya miliki. Sehingga saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca. Kiranya harapan saya makalah ini memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita semua.



Surabaya,  30 Mei 2018



Tim Penyusun

WENI MARINA






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................. iii

RUMUSAN TEORI
A.    TEORI METODE.................................................................................... 1
1.      PENGERTIAN METODE PEMBELAJARAN............................... 1
2.      METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK................. 1

B.     TEORI STRATEGI................................................................................. 1
1.      PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN............................ 1
2.      STRATEGI YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK.............. 2

C.     TEORI MODEL...................................................................................... 2
1.      PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN................................. 2
2.      MODEL YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK................... 2

RPP................................................................................................................ 3

DAFTAR ISI................................................................................................. iv








RUMUSAN TEORI

A.      TEORI METODE
1.      PENGERTIAN METODE
Metode pembelajaran merupakan cara guru melakukan atau menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan isi pelajaran kepada murid untuk mencapai tujuan.[1]
2.      METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK
Metode ceramah
Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Jadi ini sesuai dengan pengertian dan maksud dari Strategi Ekspositori tersebut, dimana strategi ini merupakan strategi ceramah atau satu arah.[2]
Metode : Metode tugas atau resitasi
Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Pemberian tugas kepada semua peserta didik untuk dikerjakan secara kelompok atau individu. Peserta didik dituntut untuk mengmati, membaca, meneliti[3]

B.       TEORI STRATEGI
1.      PENGERTIAN STRATEGI
Strategi pembelajaran adalah urutan kegiatan yang sistematis, pola-pola umum kegiatan guru yang mencakup tentang urutan kegiatan pembelajaran, untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.[4]
2.      STRATEGI YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK
Strategi : strategi pembelajaran ekspositori
Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi yang menekankan kepada proses penyampaian materi dari seorang guru kepada peserta didik dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.[5]

C.      TEORI MODEL
1.      PENGERTIAN MODEL
Model mengajar adalah sebuah perencanaan pengajaran yang menggambarkan proses yang ditempuh pada proses belajar mengajar agar dicapai perubahan spesifik pada perilaku peserta didik seperti yang diharapkan. Model akan mengarahkan guru untuk mendesain pembelajaran dalam membantu peserta didik mencapai berbagai tujuan.[6]
2.      MODEL YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK
Model : Model Investigasi Kelompok atau Group Investigation
Penerapan model ini dimulai dengan menghadapkan siswa kepada masalah, yang muncul dari sumber yang berbeda-beda. Masalah itu bisa merupakan bagian dari suatu pengalaman. Permasalahan yang dihadirkan dapat disediakan oleh guru ataupun muncul dari kelas. Jika ada siswa bereaksi terhadap masalah tersebut maka guru menarik perhatian mereka terhadap reaksi yang berbeda. Jika siswa telah menunjukkan minat terhadap reaksi-reaksi yang berbeda itu maka guru mendorong siswa untuk merumuskan masalah untuk diri mereka. Setelah dirumuskan siswa mengkajinya dengan memperhatikan peranan dan mengorganisasi dirinya, kemudian bertindak dan melaporkan hasilnya.[7]


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah/Madrasah               :  
Mata Pelajaran                    :   Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema / sub tema / pembelajaran : 6 (menuju masyarakat sehat) / 1 / 1
Materi Pokok                      :   Interaksi Manusia dengan lingkungan alam,
                                                Sosial, budaya, dan ekonomi
Kelas/Semester                    :   VI / 2
Pertemuan Ke                     :   1
Alokasi Waktu                    :   2 x 35 Menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI) :     
  1. Menerima dan menghayati ajaran agama islam
  2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang Al-Qur’an, hadis, fiqih, akidah, akhlak, dan sejarah islam
  4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari materi yang dipelajari di madrasah

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) :

No
Kompetensi
Indikator
3.5
Memahami landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
1.      Menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Melati untuk hidup sehat.
2.      Menjelaskan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung Sehat Melati untuk hidup sehat.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN 
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Melati untuk hidup sehat dengan benar.
2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung Sehat Melati untuk hidup sehat dengan menunjukkan sikap peduli.

D.    MATERI POKOK        
1.      Membaca “kampung sehat melati”
2.      Berlatih secara berpkelompok tentang “kampung sehat melati”
3.      Memberikan latihan lanjutan

E.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan                      : Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan
  informasi/eksperimen, menalar, mengomunikasikan).
Strategi Pembelajaran      : Ekspositori
Model Pembelajaran        : Investigasi kelompok
Metode Pembelajaran      : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.
Media Pembelajaran         : Buku Siswa dan Lembar Kerja Siswa (LKS)
F.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.      Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan contoh-contoh perilaku yang baik yang pernah dilakukannya.
3.      Guru mendorong rasa ingin tahu peserta didik dengan tidak membuka buku teksnya. Namun guru menunjukkan gambar yang merupakan contoh interaksi manusia di lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
4.      Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan mengkaitkannya dengan unit pembahasan yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial.
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5 menit
Inti
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Peserta didik diajak mengamati buku siswa bacaan teks Kampung Sehat Melati, yang dijelaskan oleh guru pada halaman 2.
2.      Guru memberikan materi dan menyebutkan contoh interaksi manusia di lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi pada waktu diperlukan saja melalui media slide powerpoint.
3.      Siswa tidak hanya mendengar dan membuat catatan tetapi membuat pertanyaan jika mereka tidak paham. guru dapat memeriksa pekerjaan siswa secara individu, dan memperkuat lagi kepada siswa.
4.      Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
5.      Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan masyarakat di ‘Kampung Sehat Melati’.
6.      Siswa untuk mengamati gambar dengan saksama.
7.      Guru menanyakan:
·         Apa saja yang dilakukan warga masyarakat di ‘Kampung Sehat Melati’?
·         Apa dampak dari kegiatan yang mereka lakukan?
8.      Siswa mendiskusikan hal tersebut dengan kelompoknya.
9.      Guru meminta satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
10.  Siswa lain bisa bertanya, memberikan pendapat atau sanggahan dari presentasi temannya.
11.  Setelah mengungkapkan pendapat dan presentasi, guru menyelesaikan pembelajaran dengan memberikan tugas lanjutan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah halaman 3 dan membahas hasil tugas pertemuan berikutnya.
25 menit


Penutup
1.      Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi interaksi manusia di lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
2.      Guru memberikan pesan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan untuk berinteraksi dengan sesama manusia dimanapun dan kapanpun.
3.      Siswa diminta guru untuk menutupi pembelajaran dengan berdoa.
10 menit

G.    ALAT/BAHAN SUMBER AJAR
1.      Buku Guru Menuju Masyarakat Sehat Kelas 6 Tema 6 .
2.      Buku Siswa Menuju Masyarakat Sehat Kelas 6 Tema 6 .

H.    MEDIA
Slide power point interaksi manusia di lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.

I.       PENILAIAN SIKAP
A.    Jawablah dengan jujur dengan memberi tanda (√) pada kolom berikut!
Uraian
Selalu
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1.      Aku berteman dengan siapapun yang kaya ataupun yang miskin.



2.      Aku membantu teman yang kekurangan.



3.      Aku melaksanakan shalat fardhu walaupun tidak diperintah orang tua.



4.      Aku mentaati peraturan di Madrasah.



5.      Aku bertutur kata baik dan lembut terhadap siapapun.




Keterangan penilaian sikap :

No
Soal Rubrik Penilaian
Skor
1
Selalu skor 3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
3
2
Selalu skor 3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
3
3
Selalu skor 3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
3
4
Selalu skor 3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
3
5
Selalu skor 3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
3

Skor Maksimal = 15
Skor Diperoleh
Nilai Akhir =                                 x 100
Skor Maksimal

KISI-KISI PENILAIAN
Kelas/Semester       : 6 (enam) / 2
Tema                       : 6 (Masyarakat sehat)
Materi Pokok          : Interaksi manusia di lingkungan alam, sosial, budaya dan
  ekonomi
Alokasi Waktu       : 2 x 35 menit
Jumlah Soal            : 2 butir soal
Teknik Penilaian     : Tes Tulis
Bentuk Instrumen  : Daftar Pertanyaan

KOMPETENSI DASAR (KD)
3.5. Memahami landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

INDIKATOR:
3.5.1        Menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Melati untuk hidup sehat.
3.5.2        Menjelaskan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung Sehat Melati untuk hidup sehat.

TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Melati untuk hidup sehat dengan benar.
2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung Sehat Melati untuk hidup sehat dengan menunjukkan sikap peduli.

No
Indikator
Butir Soal
Tingkat Kesukaran
Skor
Max
Keterangan
1
3.5.1.      Menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Melati untuk hidup sehat.
1
C1
50

2
3.5.2.      Menjelaskan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung Sehat Melati untuk hidup sehat.
2
C1
50


LKS MANDIRI
SIFAT – SIFAT TERPUJI

Nama Kelompok       :
Kelas                           :
Tujuan                       :
1.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan sifat rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan manfaat memiliki sifat rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari

SOAL : PENILAIAN KOGNITIF
1.      Apa saja yang dilakukan warga masyarakat di ‘Kampung Sehat Melati’?
2.      Apa dampak dari kegiatan yang mereka lakukan?


Catatan:
·         Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
·         Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini:
Lembar Pengamatan Sikap
Tema : ...................................................................
Sub Tema : ...................................................................
Hari/tanggal : ...................................................................


No

Nama Peserta Didik
Perilaku Yang Diamati
Percaya Diri
Disiplin
Kerjasama
3
2
1
3
2
1
3
2
1
1










2










3











Keterangan:
3 : Membudaya                 2 : Berkembang                       1 : Belum terlihat

Catatan:
Perilaku yang diamati dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: partisipasi, jujur, sopan santun, dll.

G. PENGAYAAN
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

H. REMEDIAL
Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.



Mengetahui
Kepala Madrasah,




NIP.
Surabaya, 30 Mei 2018
Guru Kelas 6





WENI MARINA
                       NIM D97216090


                                                                                       



DAFTAR PUSTAKA
Yamin Mrtinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : GD Press Group
Abdul Aziz Wahab,Metode dan Model Mengajar IPS,Bandung:Alfabeta
Suryani Nunuk. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak
Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran. Malang : UIN-MALIKI PRESS
Nadlir, dkk. 2009. Pembelajaran IPS MI. Surabaya: LAPIS-PGMI


[1] Mrtinis Yamin. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : GD Press Group. Hlm 149
[2] Wahab Abdul Aziz, Dr. M,A,Metode dan Model Mengajar IPS,Bandung:Alfabeta. Hlm 63
[3] Mrtinis Yamin. 2013. Op. Cit. Hlm 162
[4] Nunuk Suryani. Strategi Belajar Mengajar. (Yogyakarta: Ombak, 2012), hal. 1-3 
[5] Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran. Malang : UIN-MALIKI PRESS. Hlm 75
[6] Nadlir, dkk, Pembelajaran IPS MI, (Surabaya: LAPIS-PGMI, 2009), Hal. 8-10
[7] Abdul Aziz Wahab, Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), (Bandung: Alfabeta, 2007), Hal. 61.

Komentar