PENERAPAN METODE, STRATEGI DAN MODEL DALAM MATERI INTERAKSI MANUSIA DI LINGKUNGAN ALAM, SOSIAL, BUDAYA DAN EKONOMI KELAS VI MI
PENERAPAN METODE,
STRATEGI DAN MODEL DALAM MATERI INTERAKSI MANUSIA DI LINGKUNGAN ALAM, SOSIAL,
BUDAYA DAN EKONOMI KELAS VI MI
Diajukan
Untuk Mata Kuliah:
Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial
Dosen Pengampu:
Drs. Nadlir, M. Pd. I
Disusun Oleh:
Weni
Marina (D97216090)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN
KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM
NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2018
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT. Karena atas berkat dan rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan tugas
makalah ini dengan tepat waktu.
Makalah
ini saya susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
semester empat tahun ajaran 2018. Adapun topik yang dibahas di dalam makalah ini adalah “PENERAPAN METODE, STRATEGI DAN
MODEL DALAM MATERI INTERAKSI MANUSIA DI LINGKUNGAN ALAM, SOSIAL, BUDAYA DAN
EKONOMI KELAS VI MI”. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada bapak dosen pengampu Drs. Nadlir, M. Pd.I. mata kuliah
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial
MI.
Makalah
ini masih jauh dari kata sempurna, hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan
yang saya miliki. Sehingga saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang
membangun dari pembaca. Kiranya harapan saya makalah ini memberikan banyak
manfaat bagi kehidupan kita semua.
Surabaya, 30 Mei 2018
Tim
Penyusun
WENI MARINA
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................. iii
RUMUSAN TEORI
A.
TEORI METODE.................................................................................... 1
1.
PENGERTIAN METODE PEMBELAJARAN............................... 1
2.
METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK................. 1
B.
TEORI
STRATEGI................................................................................. 1
1.
PENGERTIAN
STRATEGI PEMBELAJARAN............................ 1
2.
STRATEGI YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK.............. 2
C.
TEORI
MODEL...................................................................................... 2
1.
PENGERTIAN
MODEL PEMBELAJARAN................................. 2
2.
MODEL YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK................... 2
RPP................................................................................................................ 3
DAFTAR ISI................................................................................................. iv
RUMUSAN
TEORI
A.
TEORI METODE
1.
PENGERTIAN METODE
Metode pembelajaran merupakan
cara guru melakukan atau menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi
latihan isi pelajaran kepada murid untuk mencapai tujuan.[1]
2.
METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK
Metode ceramah
Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan
pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran
tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Jadi ini sesuai dengan pengertian dan
maksud dari Strategi Ekspositori tersebut, dimana strategi ini merupakan
strategi ceramah atau satu arah.[2]
Metode
: Metode tugas atau
resitasi
Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan pelajaran dimana
guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Pemberian
tugas kepada semua peserta didik untuk dikerjakan secara kelompok atau individu.
Peserta didik dituntut untuk mengmati, membaca, meneliti[3]
B.
TEORI STRATEGI
1.
PENGERTIAN STRATEGI
Strategi pembelajaran adalah urutan
kegiatan yang sistematis, pola-pola umum kegiatan guru yang mencakup tentang
urutan kegiatan pembelajaran, untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.[4]
2.
STRATEGI YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK
Strategi : strategi pembelajaran ekspositori
Strategi pembelajaran
ekspositori adalah strategi yang menekankan kepada proses penyampaian materi
dari seorang guru kepada peserta didik dengan maksud agar peserta didik dapat
menguasai materi pelajaran secara optimal.[5]
C.
TEORI MODEL
1.
PENGERTIAN MODEL
Model mengajar adalah sebuah perencanaan
pengajaran yang menggambarkan proses yang ditempuh pada proses belajar mengajar
agar dicapai perubahan spesifik pada perilaku peserta didik seperti yang
diharapkan. Model akan mengarahkan guru untuk mendesain pembelajaran dalam
membantu peserta didik mencapai berbagai tujuan.[6]
2.
MODEL YANG DIGUNAKAN DALAM PRAKTIK
Model : Model
Investigasi Kelompok atau Group Investigation
Penerapan model ini dimulai dengan
menghadapkan siswa kepada masalah, yang muncul dari sumber yang berbeda-beda.
Masalah itu bisa merupakan bagian dari suatu pengalaman. Permasalahan yang
dihadirkan dapat disediakan oleh guru ataupun muncul dari kelas. Jika ada siswa
bereaksi terhadap masalah tersebut maka guru menarik perhatian mereka terhadap
reaksi yang berbeda. Jika siswa telah menunjukkan minat terhadap reaksi-reaksi
yang berbeda itu maka guru mendorong siswa untuk merumuskan masalah untuk diri
mereka. Setelah dirumuskan siswa mengkajinya dengan memperhatikan peranan dan
mengorganisasi dirinya, kemudian bertindak dan melaporkan hasilnya.[7]
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah/Madrasah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema / sub tema / pembelajaran : 6
(menuju masyarakat sehat) / 1 / 1
Materi Pokok : Interaksi
Manusia dengan lingkungan alam,
Sosial,
budaya, dan ekonomi
Kelas/Semester : VI /
2
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
:
- Menerima dan menghayati ajaran agama islam
- Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang Al-Qur’an, hadis, fiqih, akidah, akhlak, dan sejarah islam
- Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari materi yang dipelajari di madrasah
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) :
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5
|
Memahami
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi.
|
1. Menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat
Kampung Melati untuk hidup sehat.
2. Menjelaskan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung
Sehat Melati untuk hidup sehat.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung
Melati untuk hidup sehat dengan benar.
2.
Setelah
berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung
Sehat Melati untuk hidup sehat dengan menunjukkan sikap peduli.
D. MATERI POKOK
1. Membaca “kampung sehat melati”
2. Berlatih
secara berpkelompok tentang “kampung sehat melati”
3. Memberikan
latihan lanjutan
E. MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan
: Scientific
(mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi/eksperimen, menalar, mengomunikasikan).
Strategi
Pembelajaran : Ekspositori
Model
Pembelajaran : Investigasi kelompok
Metode
Pembelajaran : Ceramah, diskusi,
tanya jawab, penugasan.
Media Pembelajaran : Buku Siswa dan Lembar Kerja Siswa
(LKS)
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.
Guru bertanya kepada peserta didik untuk
menyebutkan contoh-contoh perilaku yang baik yang pernah dilakukannya.
3.
Guru mendorong rasa ingin tahu peserta
didik dengan tidak membuka buku teksnya. Namun guru menunjukkan gambar yang
merupakan contoh interaksi manusia di
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
4.
Guru memberikan apresiasi terhadap semua
jawaban peserta didik dan mengkaitkannya dengan unit pembahasan yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Peserta
didik diajak mengamati buku siswa bacaan teks Kampung Sehat Melati, yang dijelaskan
oleh guru pada halaman 2.
2. Guru memberikan materi dan menyebutkan contoh interaksi manusia di
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi pada waktu diperlukan saja
melalui media slide powerpoint.
3. Siswa
tidak hanya mendengar dan membuat catatan tetapi membuat pertanyaan jika
mereka tidak paham. guru dapat memeriksa pekerjaan siswa secara individu, dan memperkuat lagi kepada siswa.
4. Siswa
dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
5. Siswa
mengamati gambar yang ada di buku siswa. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan masyarakat di ‘Kampung Sehat
Melati’.
6. Siswa
untuk mengamati gambar dengan saksama.
7. Guru
menanyakan:
·
Apa saja yang dilakukan warga masyarakat
di ‘Kampung Sehat Melati’?
·
Apa dampak dari kegiatan yang mereka
lakukan?
8. Siswa
mendiskusikan hal tersebut dengan kelompoknya.
9. Guru
meminta satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
10. Siswa
lain bisa bertanya, memberikan pendapat atau sanggahan dari presentasi temannya.
11. Setelah mengungkapkan pendapat dan presentasi, guru menyelesaikan
pembelajaran dengan memberikan tugas lanjutan kepada siswa untuk dikerjakan
di rumah halaman 3 dan membahas hasil tugas pertemuan berikutnya.
|
25 menit
|
|
||
Penutup
|
1.
Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan
berkaitan dengan materi interaksi manusia di lingkungan
alam, sosial, budaya dan ekonomi.
2.
Guru memberikan pesan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan
untuk berinteraksi dengan sesama manusia dimanapun dan
kapanpun.
3.
Siswa diminta guru untuk menutupi pembelajaran dengan berdoa.
|
10 menit
|
G. ALAT/BAHAN SUMBER
AJAR
1.
Buku Guru Menuju
Masyarakat Sehat Kelas 6 Tema 6 .
2.
Buku Siswa Menuju
Masyarakat Sehat Kelas 6 Tema 6 .
H. MEDIA
Slide power point interaksi
manusia di lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
I. PENILAIAN
SIKAP
A.
Jawablah dengan jujur dengan memberi tanda
(√) pada kolom berikut!
Uraian
|
Selalu
|
Kadang-kadang
|
Tidak
Pernah
|
1.
Aku berteman dengan
siapapun yang kaya ataupun yang miskin.
|
|
|
|
2.
Aku membantu teman yang
kekurangan.
|
|
|
|
3.
Aku melaksanakan shalat
fardhu walaupun tidak diperintah orang tua.
|
|
|
|
4.
Aku mentaati peraturan
di Madrasah.
|
|
|
|
5.
Aku bertutur kata baik
dan lembut terhadap siapapun.
|
|
|
|
Keterangan penilaian sikap :
No
|
Soal Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
Selalu skor
3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
|
3
|
2
|
Selalu skor
3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
|
3
|
3
|
Selalu skor
3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
|
3
|
4
|
Selalu skor
3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
|
3
|
5
|
Selalu skor
3, Kadang-kadang skor 2, Tidak Pernah Skor 1
|
3
|
Skor Maksimal =
15
Skor Diperoleh
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal
KISI-KISI PENILAIAN
Kelas/Semester : 6 (enam) / 2
Tema : 6 (Masyarakat sehat)
Materi Pokok : Interaksi
manusia di lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Jumlah Soal : 2 butir soal
Teknik Penilaian : Tes Tulis
Bentuk Instrumen : Daftar Pertanyaan
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.5. Memahami landasan dari
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
INDIKATOR:
3.5.1
Menjelaskan
kegiatan yang dilakukan oleh
masyarakat Kampung Melati untuk hidup sehat.
3.5.2
Menjelaskan pendapat tentang
kegiatan masyarakat
Kampung Sehat Melati untuk hidup sehat.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.
Setelah
membaca teks, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung
Melati untuk hidup sehat dengan benar.
2.
Setelah
berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung
Sehat Melati untuk hidup sehat dengan menunjukkan sikap peduli.
No
|
Indikator
|
Butir Soal
|
Tingkat Kesukaran
|
Skor
Max
|
Keterangan
|
1
|
3.5.1. Menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat
Kampung Melati untuk hidup sehat.
|
1
|
C1
|
50
|
|
2
|
3.5.2. Menjelaskan pendapat tentang kegiatan masyarakat Kampung
Sehat Melati untuk hidup sehat.
|
2
|
C1
|
50
|
|
LKS MANDIRI
SIFAT – SIFAT TERPUJI
Nama Kelompok :
Kelas :
Tujuan :
1. Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat terpuji dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan sifat rendah hati, santun, ikhlas,
kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari.
3. Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan manfaat memiliki sifat rendah
hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari
SOAL : PENILAIAN KOGNITIF
1. Apa saja
yang dilakukan warga masyarakat di ‘Kampung Sehat Melati’?
2. Apa
dampak dari kegiatan yang mereka lakukan?
Catatan:
·
Guru dapat mengembangkan
soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
·
Guru diharapkan memiliki
catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama
dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini:
Lembar
Pengamatan Sikap
Tema :
...................................................................
Sub Tema :
...................................................................
Hari/tanggal :
...................................................................
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perilaku
Yang Diamati
|
||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
3 : Membudaya 2 : Berkembang 1 : Belum terlihat
Catatan:
Perilaku yang
diamati dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: partisipasi, jujur, sopan
santun, dll.
G. PENGAYAAN
Bagi peserta
didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
H. REMEDIAL
Bagi peserta
didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi
tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada
materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan
pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam
belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah
jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
Mengetahui
Kepala Madrasah,
NIP.
|
Surabaya, 30 Mei 2018
Guru Kelas 6
WENI MARINA
NIM D97216090
|
|
|
DAFTAR
PUSTAKA
Yamin
Mrtinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model
Pembelajaran. Jakarta : GD Press Group
Abdul Aziz Wahab,Metode dan Model Mengajar
IPS,Bandung:Alfabeta
Suryani
Nunuk. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak
Mulyono.
2012. Strategi Pembelajaran. Malang :
UIN-MALIKI PRESS
Nadlir, dkk. 2009. Pembelajaran IPS MI. Surabaya: LAPIS-PGMI
[1] Mrtinis Yamin. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran.
Jakarta : GD Press Group. Hlm 149
[2] Wahab Abdul Aziz, Dr.
M,A,Metode dan Model Mengajar IPS,Bandung:Alfabeta. Hlm 63
[3] Mrtinis Yamin. 2013. Op. Cit. Hlm 162
[4] Nunuk Suryani. Strategi
Belajar Mengajar. (Yogyakarta: Ombak, 2012), hal. 1-3
[6] Nadlir, dkk, Pembelajaran IPS MI, (Surabaya: LAPIS-PGMI, 2009),
Hal. 8-10
[7] Abdul Aziz Wahab, Metode dan
Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), (Bandung: Alfabeta,
2007), Hal. 61.
Komentar
Posting Komentar