teknik penilaian pilihan ganda



EVALUASI PEMBELAJARAN
MATERI
TEKNIK PENILAIAN PILIHAN GANDA

                                                             


Dosen Pengampu:
Tatik Indayanti, M.Pd

Disusun oleh :
 Ryan Eka Rahmawati                                (D97216077)
               Samrotul Maulidyah                                   (D97216078)
 Shinta Prasti Permatadewi                        (D97216081)
PGMI 4D

PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2018

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT semoga selalu berkenan memberikan kita rahmat, taufiq serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Evaluasi Pembelajaran.
            Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari zaman jahiliyah menuju zaman islamiyah. Nabi akhir zaman, teladan bagi umat baik dulu, sekarang, maupun yang akan datang. Yang senantiasa kita tunggu syafaatnya di yaumil qiyamah. Amin.
Saya selaku penyusun makalah menyampaikan ucapan terima kasih kepada.
1.      Ibu Tatik Indayanti selaku dosen pengampu dalam mata Evaluasi Pembelajaran. Tanpa bimbingannya makalah ini tak akan bisa terselesaikan dengan waktu yang singkat.
2.      Juga tidak lupa kepada orang tua yang senantiasa memberi support dalam pengerjaan makalah ini.
3.      Dan yang terakhir kepada teman-teman yang rela membagikan ilmu maupun sumber referensi guna melengkapi materi ini.
Semoga adanya makalah ini dapat meningkatkan pengetahuan pembaca dan penulis agar lebih memahami tentang pilihan ganda baik ngertian, kaidah penulisan pilihan ganda dan butir-butir soalnya. Akhir kata, tiada gading yang tak retak, tak ada di dunia ini yang sempurna walau sedikit pasti ada cacatnya. Saran dan Kritik yang membangun tetap kami nantikan demi kesempurnaan makalah ini.
Surabaya, 24 April 2018
                       
                                                                                      Penulis


Tes Pilihan Ganda
Bentuk instrument yang juga sering digunakan oleh para evaluator dalam melakukan evalusi program adalah menyusun tes dalam bentuk pilihan ganda. Item-item instrument pilihan ganda ini memiliki banyak variasi mulai dari yang sederhana, yaitu tes pilihan betul salah sampai pilihan ganda dengan tiga, empat, lima atau enam jawaban. Mengingat bahwa tujuan pertanyaan atau pernyataan evaluasi adalah memperoleh informasi yang benar dan sesuai dengan bukti fisik di lapangan, tes pilhan ganda dengan empat jawaban merupakan bentuk tes yang paling sering ditemui di lapangan dan di anjurkan pemakainnya karena memiliki beberapa kelebihan, di antaranya seperti berikut ini.
Contoh Tes Pilihan Ganda
No
Item Pertanyaan/Pernyataan
SS
S
TS
1
Pemberdayaan guru dalam menghadapi Ujian Nasional



2
Para guru dilatih dalam menjabarkan Satndar Kompetensi Lulusan.



3
Perlu ada tambahan jam mengajar untuk latihan problem solving.



4
Menghadirkan guru dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)



5
Memanfaatkan komunikasi antarguru serumpun.




Sebagian item tes evaluasi tabel di atas merupakan tes pilihan ganda empat jawaban. Item tersebut disebut inventory, yaitu item tes dengan memberikan jawaban semuanya benar dan yang paling benar adalajh yang sesuai dan dipilih oleh responden. Para evaluator bisa mengembangkan menjadi item yang lebih kompleks.
Tes pilihan ganda memiliki kelebihan, yaitu :
1.      Lebih fleksibel dalam pemakaian baik sebagian ataupun semua item yang telah dikonstruksi;
2.      Lebih efektif karena memberikan kemudahan pada responden dalam menjawab pertanyaan evaluasi;
3.      Mencakup hampir seluruh informasi program atau proyek;
4.      Memberikan kemudahan dalam koreksi item penilaian;
5.      Memberikan jawaban yang lebih objektif;
6.      Memungkinkannya dipakai item-item dalam tes secara berulang.[1]

Tes pilihan ganda memiliki kekurangan, yaitu :
1.      Memerlukan waktu yang relatif lama untuk menulis soalnya
2.      Sulit membuat pengecoh yang homogen dan berfungsi baik
3.      Terdapat peluang untuk menebak jawaban
Bentuk Pilihan Ganda
Tes tulis bentuk pilihan ganda merupakan tes yang jawabannya harus dipilih dari beberapa kemungkinan jawaban yang telah disedakan. Tes bentuk pilihan ganda teriri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option). Pilihan jawaban terdiri atas kunci jawaban dan pengecoh (distractor). Kunci jawaban adalah jawaban yang benar atau paling benar. Sedangkan pengecoh merupakan jawaban salah atau tidak tepat sehingga seorang peserta tes dapat terkecoh mampu mengukur berbagai . Hal itu terjadi bila peserta tes tidak menguasai materi yang diujikan.
Ada beberapa kelebihan dalam bentuk pilihan ganda ini yakni diantaranya:
a.       Mampu mengukur berbagai tingkatan kognitif (mulai mengingat sampai mengkreasi)
b.      Penskorannya mudah, cepat, objektif, dan mampu mencakup ruang lingkup materi yang luas
c.       Tepat untuk ujian yang pesertanya sangat banyak dan hasilnya harus segera diumumkan.
Selain itu ada beberapa kelemahan yang ada dalam pilihan ganda, diantaranya :
a.       Memerlukan waktu yang relatif lama untuk menulis soalnya
b.      Sulit membuat pengecoh yang homogen dan berfungsi baik
c.       Terdapat peluang untuk menebak jawaban
Kaidah Penulisan
Ada beberapa kaidah penulisan yang harus diikuti agar soal dapat tersusun dengan baik, kaidah-kaidah tersebut mencakup aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Berikut uraiannya :
1.      Soal harus sesuai dengan indikator.
Indikator :
“ siswa dapat memprediksi keadaan populasi dalam ekosistem kolam setelah jangka waktu yang lama, berdasarkan bacaan yang diberikan “
Text Box: Pak Irfan membuka usaha perikanan darat yang diletakkan di sebuah. Ekosistem kolam tersebut didalamnya terdapat populasi ikan (seperti bawal, gabus, gurame, dan nila), katak, serangga, bangau, ulat, teratai, eceng gndok, dan ganggang. Kolam itu sering disemprot dengan insektisida. Secara terus menerus, sisa-sisa insektisida ini terbawa aliran air dan masuk kedalam kolam.Perhatikan bacaan dibawah ini :
                            


                                                                                                              


Contoh :


Rounded Rectangle: Manakah diantara hewan-hewan berikut yang paling terpengaruh oleh insektisida ?
a. Ikan
b. Ular
c. Katak
d. serangga
 





Pada contoh tersebut tampak kemampuan yang ingin diukur dalam indikator adalah memprediksi keadaan populasi dalam ekosistem kolam setelah jangka waktu yang lama. Sedangkan soal yang menanyaka hewan yang terpengaruh oleh adanya insektisida. jadi, rumusan pokok soal tersebut tidak sesuai dengan indikator.
Soal berikut lebih disarankan :


Rounded Rectangle: Apa yag akan terjadi bila populasi ekosistem kolam pak irfan dalam jangka waktu lama?
a. Populasi ikan akan langsung mati karena mereka memakan insektisida
b. Populasi eceng gondok akan meledak karena insektisida merupakan pupuk bagi tumbuhan tersebut
c. Populasi ikan akan berkurang karena mereka memangsa plankton yang mengandung insektisida.
d. Semua populasi yang terdapat pada kolam akan mati.

Kunci : D
 










2.      Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
Contoh :


Rounded Rectangle: Orgaisme yang membuat makanannya sendiri dalam ekosistem kolam pak irfan adalah .....
a. Katak
b. Ikan
c. Teratai
d. Air

Kunci : C
 






Pilihan jawaban pada contoh diatas tidak homogen dari segi materi karena air bukan organisme. Padahal, pokok soal menanyakan tentang organisme yang dapat membuat makanannya sendiri.

Rounded Rectangle: Organisme yang dapat membuatmakanannya sendiri dalam ekosistem kolam pak irfan adalah ....
a. Katak
b. Ikan
c. Teratai
d. Serangga
Kunci : c
Contoh berikut lebih disarankan :






3.      Rounded Rectangle: Bila populasi serangga punah, apa yang terjadi dengan populasi lain dalam kolam ikan pak irfan ?
a. Katak dan ular meningkat
b. Teratai meningkat dan ular meurun
c. Katak meningkat dan ular menurun
d. Katak dan ular menurun
Kunci : b dan d
Setiap soal harus mempunyai satu jawaban:  yang benar atau paling benar.





Pada contoh diatas terdapat lebihdari satu pilihian jawaban yang benar, yaitu b dan d sehingga dapat membingungkan siswa padahal jawaan yang diminta hanya satu, yakni yang dianggap paling benar
Berikut lebih disarankan :


Rounded Rectangle: Bila populasi serangga punah apa yang terjadi dengan populasi lain dalam kolam ikan pak irfan ?
a. Katak dan ular meningkat
b. Katak menurun dan ular meningkat
c. Katak meningkat dan ular menurun
d. Katak dan ular menurun
Kunci : d
 







4.      Pokok soal harus diruuskan secara jelas dan tegas.
Perhatikan bacaan dibawah ini              .


 











Contoh :


Rounded Rectangle: Banyaknya mangga di kebun pak budi adalah ...
a. 750 buah
b. 450 buah
c. 300 buah
d. 50 buah
Kunci : a
 





Karena rumusan permasalahan dalam pokok soal tidak jelas pengecoh menjadi sangat heterogen, dan tidak jelas konsep apa yang ditanyakan.



Contoh berikut lebih disarankan :


Text Box: Bila banyak mangga golek adalah 150 buah, jumlah seluruh mangga di kebun pak budi adalah ...
a. 740 batang
b. 450 batang
c. 300 batang
d. 50 batang
Kunci : a
 





5.      Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus berupa pernyataan yang diperlukan saja.
Text Box: Diantara rukun islam adalah sholat, sholat adalah wajib dan ada yang sunnah. Sunnah yang dikerjakan pada malam hari dibulan ramadhan adalah sholat ....
a. Tahhajud
b. Hajad
c. Tarawih
d. Tasbih

Kunci : c
 







Pokok soal diatas mengandung pernyataan yang tidak diperlukan, yaitu kalimat pertama dan kedua. Hal ini akan membingugkan siswa dan menyita waktu yang disediakan untuk membaca dan memahami maksud soal.,
Text Box: Sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari dibulan ramadhan adalah sholat ...
a. Tahajjud
b. Hajad
c. Tarawih
d. Tasbih
Kunci : c
Soal berikut lebih disarankan :





6.      Pokok soal jangan memberi petunjuk kearah jawaban benar.
Cermati kembali bacaan berikut :


Text Box: Kebun pak budi ditanami 4 jenis pohon magga, yaitu golek, indramayu, manalagi, dan harum manis. Pohon mangga goleh mempunyai batang yang kokoh dan buah yang masam, sedangkan pohon mangga harum manis mempunyai batang yang tidak kokoh dan buah yang manis. Hasil panen mangga akan djadikan manisan oleh pak budi.
 





Text Box: Jenis unit kooperasi apakah yang tepat dijadikan sebagai tempat pemasaran manisan dan selain pak budi?
a. Koperasi unit desa
b. Koperasi simpan pinjam
c. Koperasi konsumsi
d. Koperasi produksi
Kunci : a
Contoh :







Kata unit pada pokok soal akan memberi petunjuk kearah jawaban yang benar.
Soal beriut lebih disarankan


Rounded Rectangle: Jenis koperasi apakah yang tepat dijadikan sebagai tempa pemasaran manisan dan selai pak budi:
a. Koperasi unit desa
b. Koperasi simpan pinjam
c. Koperasi konsumsi
d. Koperasi produksi
Kunci : a
 







7.      Pokok soal yang memberikan pernyataan yang bersifat negatif ganda seperti : bukan, tanpa, tidak, kecuali dan sejenisnya dapat membingungkan siswa memahami pokok permasalahan yang ditanyakan.




Text Box: Arti sifat wajib bagi rasul berikut ini tidak benar, kecuali .........
a. Shiddiq artinya benar
b. Amanah artinya terpercaya
c. Tabligh artinya menyampaikan
d. Fathonah artinya mengetahui

Kunci : b
 






Pokok soal diatas menggunakanpernyataan yang bersifat negatif ganda yaitu tidak dan kecuali. Penggunaan kata negatif ganda tersebut dapat membingungkan siswa dalam memahami pokok permasalahan yang dipertanyakan.
Text Box: Arti dari sifat wajib bagi rasul yang tidak sesuai adalah ......
a. Shiddiq artinya benar
b. Amanah artinya terpercaya
c. Tabligh artinya menyampaikan
d. Fathonah artinya mengetahui
Kunci : b

Soal berikut lebih disarankan




8.      Panjang rumusan pilihan harus relatif lama.
Contoh.
Text Box: Salah satu isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah ...
a. Pembubaran Partai Komunis Indonesia
b. Kembali ke Undang-undang Dasar 1945
c. Pembentukan Dewan perwakilan Rakyat
d. Dibentuknya Dewan Nasional yang terdiri dari wakil-wakil semua partai yang ada.
 







Pada soal di atas, pilihan jawaban d paling panjang. Hal ini perlu dihindari karena ada kecenderungan peserta didik memilih pilihan jawaban terpanjang sebagai kunci.


Soal berikut lebih disarankan:


Text Box: Salah satu isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah ...
a. Pembubaran Partai Komunis Indonesia
b. Kembali ke Undang-undang Dasar 1945
c. Pembentukan Dewan perwakilan Rakyat
d. Dibentuknya Dewan Nasional yang terdiri dari wakil-wakil semua partai yang ada.
Kunci : b
 






9.      Pilihan jawaban jangan mengandung “semua pilihan jawaban diatas salah” atau “semua pilihan jawaban diatas benar”.
Contoh :


Text Box: Apa akibat yang ditimbulkan pada kehidupan manusia jika kita menebang pohon seacar sembarangan ? 
a. Akan terjadi banjir karena tidak ada akar tumbuhan yang menahan air.
b. Kehiudpan manusia tidak akan terpengaruh karena manusia menanam hutan yang baru.
c. Kehidupan manusia semakin sulit karena tidak ada lagi sumber alam yang dapat dimanfaatkan
Kunci :  a
 








     Soal di atas kurang baik karena hanya terdapat tiga pilihan jawabna yang dipertimbangkan. Jika semua jawaban di atas benar merupakan kunci, kita tidak akan mendapatkan informasi apakah peserta didik telah mengetahui memahami dengan baik jawaban yang benar. Sebaliknya bila semua jawaban di atas salah merupakan kunci maka kita tidak mendapat informasi apa-apa dari jawaban siswa untuk pertanyaan tersebut.
Text Box: Apa akibat yang ditimbulkan pada kehidupan manusia jika kita menebang pohon seacar sembarangan ? 
a. Akan terjadi banjir karena tidak ada akar tumbuhan yang menahan air.
b. Kehiudpan manusia tidak akan terpengaruh karena manusia menanam hutan yang baru.
c. Kehidupan manusia semakin sulit karena tidak ada lagi sumber alam yang dapat dimanfaatkan
d. Manusia mencari sumber daya alam lain sebagai pengganti hutan.
Kunci :  a
Contoh:






10.  Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut, atau kronologis waktunya.
Contoh :


Text Box: Bila suhu pada malam itu 20 C, berapa derajat suhu pada malam itu bila diukur dengan menggunakan Farenheit?
a. 77 F
b. 45 F
c. 68 F
d. 36 F

Kunci : c
 








Pilihan jawaban di atas tidak berurutan dari besar ke kecil atau sebaliknya. Hal ini akan menyita waktu lebih banyak bagi siswa untuk memahami dan memilih jawaban tepat, karena harus membaca angka pilihan jawaban yang meloncat-loncat tidak berurutan.
Contoh soal yang lebih disarankan:


Text Box: Bila suhu pada malam itu 20 C, berapa derajat suhu pada malam itu bila diukur dengan menggunakan Farenheit?
a. 36 F
b. 45 F
c. 68 F
d. 77 F

Kunci : c
 








11.  Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Text Box: 1. Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda terjadi pada tangggal ..
a. 20 Mei 1908
b. 5 Oktober 1945
c. 28 Oktober 1945
d. 10 November 1945

Kunci : c
Contoh:




Soal di atas dapat merugikan siswa, karena siswa yang tidak dapat menjawab soal dengan benar pada soal nomor 1, pasti akan menjawab salah pada soal nomor 2. Oleh karena itu, soal nomor 2 harus diperbaiki sehingga menjadi soal yang berdiri sendiri.
12. 


Text Box: Andi punya duit Rp. 20.000,00 dan Anton Rp. 15.000,00 mereka ingin membeli bola voli seharga Rp. 30.000,00. Sisa duit Andi dan Anton adalah.....
a. Rp. 1000,00
b. Rp. 5000,00
c. Rp. 10.000,00
d. Rp. 15.000,00

Kunci : b

Rumusan soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Bahasa yang digunakan pada rumusan pokok soal tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Text Box: Andi punya uang Rp. 20.000,00 dan Anton Rp. 15.000,00 mereka ingin membeli bola voli seharga Rp. 30.000,00. Sisa uang Andi dan Anton adalah.....
a. Rp. 1000,00
b. Rp. 5000,00
c. Rp. 10.000,00
d. Rp. 15.000,00

Kunci : b

Soal berikut lebih disarankan
13. 


Text Box: Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus ditunjukkan dengan.....
a. Melakukan semua perintah dan menjauhi laranganNya
b. Melakukan semua perintah degan rasa terpaksa
c. Melakukan perintahNya karena takut dimarahi
d. Melakukan perintah dan larangan dengan ikhlas
Kunci : a

Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian. Letakkan kata/frase tersebut pada pokok soal.
Kata melakukan dituis secara berulang sampai 4 kali. Hal ini menyebabkan siswa harus membaca kata tersebut berulang kali sehingga menyita lebih banyak waktu.


Text Box: Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus ditunjukkan dengan.....
a. Melakukan semua perintah dan menjauhi laranganNya
b. Melakukan semua perintah degan rasa terpaksa
c. Melakukan perintahNya karena takut dimarahi
d. Melakukan perintah dan larangan dengan ikhlas

Kunci : a

Soal berikut lebih disarankan[2]


BEBERAPA MODEL TES PILIHAN GANDA ( MULTIPLE  CHOICE)
Berikut ini merupakan contoh model tes pilhan ganda yang sekarang sudah bayak dipakai dan dikembangkan untuk keperluan ujian-ujian sekolah, terutama ujian akhir semester dan ujian akhir sekolah dan ujian masuk perguruan tinggi.
Beberapa model yang akan diraikan disini adalah:
1.      Melengkapi pilihan
2.      Analisis hubungan antarhal,
3.      Analisis kasus
4.      Melengkapi berganda dan

1.      Melengkapi pilihan
Soal dalam bentuk ini terdiri atas kalimat pokok yang berupa pernyataan yang belum lengkap diikuti oleh empat atau lima kemungkinan jawaban yang dapat melengkapi pernyataan tersebut. Responden atau testee diminta untuk memilih salah satu dari kelima kemungkinan jawaban yang tersedia.
Dalam bentuk ini hanya ada satu jawaban yang benar, yang disebutkan pula pada petunjuk soal. :

Contoh
PETUNJUK:
Pilihlah satu jawaban yang tepat pada soal dibawah ini dengan memberi tanda (x) pada huruf  dilembar jawaban .
Soal 1: Yang dimaksud dengan tema suatu karangan  adalah :
(A) latar belakang
(B) pendahuluan
(C) tujuan pengarangan
(D) isi cerita
(E) Pokok pikiran

Dalam bentuk soal ini kita juga mengenal variasi lain, yaitu (1) variasi bentuk “tidak” dan (2) variasi bentuk “ kecuali “ kedua bentuk ini memerlukan  kemampuan Diskriminatif dari yang dites.
Contoh :
Soal 2. :  dibawah ini adalah tanaman perkebunan KECUALI:
a.       Kelapa sawit
b.      teh
c.       padi
d.      kopi
Soal 3 : yang TIDAK termasuk kedalam unsur-unsur pada peta adalah...
a.       judul peta                    c. Garis
b.      warna                           e. Simbol



2.      Analisis Hubungan Antar hal
Dalam bentuk ini, soal terdiri atas satu kalimat pernyataan yang diikuti oleh satu kalimat alasan. Ditanyakan apakah pernyataan itu benar dan apakah alasan itu benar. Apabila pernyataan dan Alasan kedua-duanya benar, lalu dipikirkan apakah pernyataan itu disebabkan oleh alasan yang diberikan ataukah pernyataan itu tidak disebabkan oleh alasan itu. Dengan kata lain, apakah ada hubungan antara pernyataan dan alasan. Untuk lebih jelasnyua, perhatikancontoh di bawah ini beserta petunjuknya.
Contoh :
PETUNJUK:
Pada soal berikut terdapat kalimat-kalimat yang terdiri atas pernyataan yang diikuti alasan.
Pilihlah:
(A)                       Jika pernyataan dan alasan kedua-duanya benar, dan alasan betul merupakan sebab dari pernyataan
(B)                        Jika pernyataan dan alasan kedua-duanya benar, tetapi alasan bukan merupakan sebab dari pernyataan
(C)                        Jika pernyataan benar , tetapi alasan tidak merupakan jalan pikiran yang benar
(D)                       Jika pernyataan salah, tetapi alasan benar:
(E)                        Jika baik pernyataan maupun alasan kedua-duanya salah.

Soal 1: Seorang yang telah lari kencang frekuensi nadinya naik SEBAB pada waktu lari kencang denyut jantung seseorang bertambah cepat.
Soal 2: Air susu ibu lebih baik dari pada Air susu sapi SEBAB susu ibu lebih banyak mengandung lemak daripada air susu sapi.

3.      Analisis Kasus
Soal tes bentuk ini merupakan simulasi keadaan nyata: jadi, seolah-olah yang diuji diharapkan kepada keadaan sebenarnya. Kasus yang diberikan biasanya berupa cerita atau uraian tentang kejadian, situasi, proses dan hasil percobaan ataupun penelitian, yang ada hubungannya dengan bidang studi atau mata pelajaran yang akan diujikan. Dari satu kasus dapat dibuat lebih dari satu pertanyaan atau soal, tetapi dapat pula tiap pertanyaan atau soal didahului oleh satu kasus.
Contoh:
PETUNJUK:
Untuk soal-soal berikut ini disediakan suatu teks yang harus dipajhami secara cermat. Kemudian menyusul soal-soal yang memasalahkan hal-hal yang berhubungan dengan isi teks. Pilih satu jawaban yang paling tepat pada soal-soal yang mengiringi teks.
Soal 1: Sebuah benda digantung dengan pegas dengan h adalah tinggi benda dari tanah. Bila sekarang benda  itu ditarik sedikit kebawah, kemudian dilepaskan, benda itu akan berayun naik-turun secara harmonis dengan frekuensi ayunan per detik.
Ayunan benda itu disebabkan oleh:
(A) Tarikan searah dari pegas
(B)  Tarikan searah  dari gravitasi
(C)  Antaraksi antara pegas dan gaya gesekan udara.
(D) Antaraksi antara gaya gravitasi dan gaya gesekan udara
soal 2 : pada suatu Waktu di suatu daerah banyak terdapat awan, udara panas, dan kilat serta halilintar silih berganti, yang menyebabkan udara menjadi panas ialah
(A). Matahari tidak kelihatan
(B) kilat dan halilintar
(C) Hujan akan turun
(D) penguapan tertahan.

4. Melengkapi Berganda, disebut juga Asosiasi pilihan ganda
Pada hakikatnya bentuk soal ini hampir sama dengan bentuk soal “melengkapi pilihan”, yaitu satu pernyataan yang tidak lengkap yang diikuti dengan beberapa kemungkinan. Perbedaannya ialah, pada bentuk bentuk”  melengkapi berganda” ini kemungkinan yang benar satu, dua, tiga atau empat,
Contoh :
PETUNJUK:
Dibawah ini terdapat soal-soal yang mempunyai kejadian yang
dapat timbul bersama.
Pilihlah :

( A) Jika (1), (2),  dan (3), benar :
(B) Jika (1) dan (2) benar :
(C) Jika (2) dan (4) benar :
(D)  Jika hanya ( 4) yang benar:
(E) Jika semuanya benar
Soal 1: salah satu vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A yang terdapat didalam :
(1)   Minyak ikan dan telur
(2)   Bayam dan kubis
(3)   Air susu dan wortel
(4)   Kecambah dan buah-buahan asam
Soal 2: penderita penyakit gondok endemik disebabkan oleh;
(1)   Radang kelenjar gondok
(2)   Kekurangan vitamin E.
(3)   Virus ynag menyerang kerongkongan
(4)   Kekurangan yodium pada gizinya.  (lihat kembali contoh “ soal Analisis “ di muka)[3]




























KISI-KISI PENILAIAN
Sekolah                       : MI Rahmatulloh
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester            : D/IV
Tema/ Sub Tema         : 3/ 1 (Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku)
Jumlah Soal                 : 10
Bentuk Soal/Tes          : Pilihan ganda
Kurikulum                   : K13
Alokasi waktu             : 30 menit
Kompetensi Dasar :
3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota atau kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator :
1.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam
2.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
3.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran rendah.
4.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam di pantai.
5.      Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
6.      Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran rendah.
7.      Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah pantai
8.      Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
9.      Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran rendah.
10.  Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah pantai.
Tujuan pembelajaran
1.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam dengan tepat.
2.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan tepat.
3.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan tepat.
4.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di pantai dengan tepat.
5.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan benar.
6.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan benar.
7.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah pantai dengan benar.
8.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan benar.
9.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan benar.
10.  Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah pantai dengan benar.
No.
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Bentuk penilaian
Butir soal
Level
Skor

Menjelaskan pengertian sumber daya alam
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam dengan tepat.
Pilihan ganda
1
C1
2

Menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan tepat.
Pilihan ganda
2
C1
2

Menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran rendah.
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan tepat.
Pilihan ganda
3
C1
2

Menjelaskan pengertian sumber daya alam di pantai.
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di pantai dengan tepat.
Pilihan ganda
4
C1
2

Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan benar.
Pilihan ganda
5
C1
2

Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran rendah.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan benar.
Pilihan ganda
6
C1
2

Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah pantai
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah pantai dengan benar.
Pilihan ganda
7
C1
2

Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan benar.
Pilihan ganda
8
C3
6

Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran rendah.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan benar.
Pilihan ganda
9
C3
6

Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah pantai.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah pantai dengan benar.
Pilihan ganda
10
C3
6
Jumlah nilai = skor didapat x 100
                       skor mksimal
Contoh penilaian = 30 x 100
                              32
                            = 93,75 (94)

Butir-Butir Soal
1.      Segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia adalah.....
a.       Dataran tinggi
b.      Dataran rendah
c.       Pantai
d.      Sumber daya alam
2.      Daerah permukiman bumi yang memiliki ketinggian kurang dari 500 meteri di atas permukaan laut adalah.....
a.       Dataran tinggi
b.      Dataran rendah
c.       Pantai
d.      Sumber daya alam
3.      Dataran rendah adalah suatu dataran yang ketinggiannya mencapai ..... meter diatas permukaan laut.
a.       > 0
b.      0
c.       > 200
d.      > 500
4.      Daerah yang berbatasan dengan laut adalah.....
a.       Danau
b.      Samudra
c.       Pantai
d.      Laut
5.      Yang termasuk ciri-ciri dataran tinggi adalah.....
a.       Iklim sejuk
b.      Suhu udara panas
c.       Banyak sinar matahari
d.      Sering turun hujan
6.      Jagung, padi, karet adalah tanaman yang cocok di tanam di.....
a.       Dataran tinggi
b.      Dataran rendah
c.       Pantai
d.      Daerah sawah
7.      Cuaca panas dan banyak sinar matahari merupakan ciri-ciri dataran.....
a.       Dataran tinggi
b.      Dataran rendah
c.       Pantai
d.      Daerah sawah
8.      Mata pencaharian masyarakat di daerah dataran tinggi adalah.....
a.       Nelayan
b.      Berkebun
c.       Pemandu wisata
d.      Karyawan
9.      Yang bukan termasuk mata pencaharian masyarakat di daerah dataran rendah adalah.....
a.       Karyawan
b.      Petani
c.       Peternak
d.      Nelayan
10.  Berikut ini yang bukan termasuk pemanfaatan sumber daya alam di pantai adalah.....
a.       Pengolahan garam
b.      Budi daya rumput laut
c.       Pengeringan ikan asin
d.      Pengeringan genteng
Kunci Jawaban
1.      D. Sumber daya alam
2.      A. Dataran tinggi
3.      C. > 200
4.      C. Pantai
5.      A. Iklim sejuk
6.      B. Dataran rendah
7.      C. Pantai
8.      B. Berkebun
9.      C. Nelayan
10.  D. Pengeringan genting



DAFTAR PUSTAKA

Kusaeri, 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar Dalam Kurikulum 2013, Sleman : Ar Ruzz Media
Ngalim Purwanto, 2014. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Yusuf, Muri. 2015. Assemen dan Evaluasi Pendidikan : Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan, Jakarta : Kencana.



[1] Muri Yusuf, Assemen dan Evaluasi Pendidikan : Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalia Mutu Pendidikan, (Jakarta:KENCANA, 2015) hlm. 107-110
[2] Kusaeri. Acuan dan Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. (Yogyakarta:Ar Ruzz Media, 2014). Hlm. 70 - 83
[3] Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Bandung: PR REMAJA ROSDAKARYA, 2012), hlm. 54-56
EVALUASI PEMBELAJARAN
MATERI
TEKNIK PENILAIAN PILIHAN GANDA




Dosen Pengampu:
Tatik Indayanti, M.Pd

Disusun oleh :
 Ryan Eka Rahmawati                                (D97216077)
               Samrotul Maulidyah                                   (D97216078)
 Shinta Prasti Permatadewi                        (D97216081)
PGMI 4D

PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2018

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT semoga selalu berkenan memberikan kita rahmat, taufiq serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Evaluasi Pembelajaran.
            Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari zaman jahiliyah menuju zaman islamiyah. Nabi akhir zaman, teladan bagi umat baik dulu, sekarang, maupun yang akan datang. Yang senantiasa kita tunggu syafaatnya di yaumil qiyamah. Amin.
Saya selaku penyusun makalah menyampaikan ucapan terima kasih kepada.
1.      Ibu Tatik Indayanti selaku dosen pengampu dalam mata Evaluasi Pembelajaran. Tanpa bimbingannya makalah ini tak akan bisa terselesaikan dengan waktu yang singkat.
2.      Juga tidak lupa kepada orang tua yang senantiasa memberi support dalam pengerjaan makalah ini.
3.      Dan yang terakhir kepada teman-teman yang rela membagikan ilmu maupun sumber referensi guna melengkapi materi ini.
Semoga adanya makalah ini dapat meningkatkan pengetahuan pembaca dan penulis agar lebih memahami tentang pilihan ganda baik ngertian, kaidah penulisan pilihan ganda dan butir-butir soalnya. Akhir kata, tiada gading yang tak retak, tak ada di dunia ini yang sempurna walau sedikit pasti ada cacatnya. Saran dan Kritik yang membangun tetap kami nantikan demi kesempurnaan makalah ini.
Surabaya, 24 April 2018
                       
                                                                                      Penulis


Tes Pilihan Ganda
Bentuk instrument yang juga sering digunakan oleh para evaluator dalam melakukan evalusi program adalah menyusun tes dalam bentuk pilihan ganda. Item-item instrument pilihan ganda ini memiliki banyak variasi mulai dari yang sederhana, yaitu tes pilihan betul salah sampai pilihan ganda dengan tiga, empat, lima atau enam jawaban. Mengingat bahwa tujuan pertanyaan atau pernyataan evaluasi adalah memperoleh informasi yang benar dan sesuai dengan bukti fisik di lapangan, tes pilhan ganda dengan empat jawaban merupakan bentuk tes yang paling sering ditemui di lapangan dan di anjurkan pemakainnya karena memiliki beberapa kelebihan, di antaranya seperti berikut ini.
Contoh Tes Pilihan Ganda
No
Item Pertanyaan/Pernyataan
SS
S
TS
1
Pemberdayaan guru dalam menghadapi Ujian Nasional



2
Para guru dilatih dalam menjabarkan Satndar Kompetensi Lulusan.



3
Perlu ada tambahan jam mengajar untuk latihan problem solving.



4
Menghadirkan guru dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)



5
Memanfaatkan komunikasi antarguru serumpun.




Sebagian item tes evaluasi tabel di atas merupakan tes pilihan ganda empat jawaban. Item tersebut disebut inventory, yaitu item tes dengan memberikan jawaban semuanya benar dan yang paling benar adalajh yang sesuai dan dipilih oleh responden. Para evaluator bisa mengembangkan menjadi item yang lebih kompleks.
Tes pilihan ganda memiliki kelebihan, yaitu :
1.      Lebih fleksibel dalam pemakaian baik sebagian ataupun semua item yang telah dikonstruksi;
2.      Lebih efektif karena memberikan kemudahan pada responden dalam menjawab pertanyaan evaluasi;
3.      Mencakup hampir seluruh informasi program atau proyek;
4.      Memberikan kemudahan dalam koreksi item penilaian;
5.      Memberikan jawaban yang lebih objektif;
6.      Memungkinkannya dipakai item-item dalam tes secara berulang.[1]

Tes pilihan ganda memiliki kekurangan, yaitu :
1.      Memerlukan waktu yang relatif lama untuk menulis soalnya
2.      Sulit membuat pengecoh yang homogen dan berfungsi baik
3.      Terdapat peluang untuk menebak jawaban
Bentuk Pilihan Ganda
Tes tulis bentuk pilihan ganda merupakan tes yang jawabannya harus dipilih dari beberapa kemungkinan jawaban yang telah disedakan. Tes bentuk pilihan ganda teriri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option). Pilihan jawaban terdiri atas kunci jawaban dan pengecoh (distractor). Kunci jawaban adalah jawaban yang benar atau paling benar. Sedangkan pengecoh merupakan jawaban salah atau tidak tepat sehingga seorang peserta tes dapat terkecoh mampu mengukur berbagai . Hal itu terjadi bila peserta tes tidak menguasai materi yang diujikan.
Ada beberapa kelebihan dalam bentuk pilihan ganda ini yakni diantaranya:
a.       Mampu mengukur berbagai tingkatan kognitif (mulai mengingat sampai mengkreasi)
b.      Penskorannya mudah, cepat, objektif, dan mampu mencakup ruang lingkup materi yang luas
c.       Tepat untuk ujian yang pesertanya sangat banyak dan hasilnya harus segera diumumkan.
Selain itu ada beberapa kelemahan yang ada dalam pilihan ganda, diantaranya :
a.       Memerlukan waktu yang relatif lama untuk menulis soalnya
b.      Sulit membuat pengecoh yang homogen dan berfungsi baik
c.       Terdapat peluang untuk menebak jawaban
Kaidah Penulisan
Ada beberapa kaidah penulisan yang harus diikuti agar soal dapat tersusun dengan baik, kaidah-kaidah tersebut mencakup aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Berikut uraiannya :
1.      Soal harus sesuai dengan indikator.
Indikator :
“ siswa dapat memprediksi keadaan populasi dalam ekosistem kolam setelah jangka waktu yang lama, berdasarkan bacaan yang diberikan “
Text Box: Pak Irfan membuka usaha perikanan darat yang diletakkan di sebuah. Ekosistem kolam tersebut didalamnya terdapat populasi ikan (seperti bawal, gabus, gurame, dan nila), katak, serangga, bangau, ulat, teratai, eceng gndok, dan ganggang. Kolam itu sering disemprot dengan insektisida. Secara terus menerus, sisa-sisa insektisida ini terbawa aliran air dan masuk kedalam kolam.Perhatikan bacaan dibawah ini :
                            


                                                                                                              


Contoh :


Rounded Rectangle: Manakah diantara hewan-hewan berikut yang paling terpengaruh oleh insektisida ?
a. Ikan
b. Ular
c. Katak
d. serangga
 





Pada contoh tersebut tampak kemampuan yang ingin diukur dalam indikator adalah memprediksi keadaan populasi dalam ekosistem kolam setelah jangka waktu yang lama. Sedangkan soal yang menanyaka hewan yang terpengaruh oleh adanya insektisida. jadi, rumusan pokok soal tersebut tidak sesuai dengan indikator.
Soal berikut lebih disarankan :


Rounded Rectangle: Apa yag akan terjadi bila populasi ekosistem kolam pak irfan dalam jangka waktu lama?
a. Populasi ikan akan langsung mati karena mereka memakan insektisida
b. Populasi eceng gondok akan meledak karena insektisida merupakan pupuk bagi tumbuhan tersebut
c. Populasi ikan akan berkurang karena mereka memangsa plankton yang mengandung insektisida.
d. Semua populasi yang terdapat pada kolam akan mati.

Kunci : D
 










2.      Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
Contoh :


Rounded Rectangle: Orgaisme yang membuat makanannya sendiri dalam ekosistem kolam pak irfan adalah .....
a. Katak
b. Ikan
c. Teratai
d. Air

Kunci : C
 






Pilihan jawaban pada contoh diatas tidak homogen dari segi materi karena air bukan organisme. Padahal, pokok soal menanyakan tentang organisme yang dapat membuat makanannya sendiri.

Rounded Rectangle: Organisme yang dapat membuatmakanannya sendiri dalam ekosistem kolam pak irfan adalah ....
a. Katak
b. Ikan
c. Teratai
d. Serangga
Kunci : c
Contoh berikut lebih disarankan :






3.      Rounded Rectangle: Bila populasi serangga punah, apa yang terjadi dengan populasi lain dalam kolam ikan pak irfan ?
a. Katak dan ular meningkat
b. Teratai meningkat dan ular meurun
c. Katak meningkat dan ular menurun
d. Katak dan ular menurun
Kunci : b dan d
Setiap soal harus mempunyai satu jawaban:  yang benar atau paling benar.





Pada contoh diatas terdapat lebihdari satu pilihian jawaban yang benar, yaitu b dan d sehingga dapat membingungkan siswa padahal jawaan yang diminta hanya satu, yakni yang dianggap paling benar
Berikut lebih disarankan :


Rounded Rectangle: Bila populasi serangga punah apa yang terjadi dengan populasi lain dalam kolam ikan pak irfan ?
a. Katak dan ular meningkat
b. Katak menurun dan ular meningkat
c. Katak meningkat dan ular menurun
d. Katak dan ular menurun
Kunci : d
 







4.      Pokok soal harus diruuskan secara jelas dan tegas.
Perhatikan bacaan dibawah ini              .


 











Contoh :


Rounded Rectangle: Banyaknya mangga di kebun pak budi adalah ...
a. 750 buah
b. 450 buah
c. 300 buah
d. 50 buah
Kunci : a
 





Karena rumusan permasalahan dalam pokok soal tidak jelas pengecoh menjadi sangat heterogen, dan tidak jelas konsep apa yang ditanyakan.



Contoh berikut lebih disarankan :


Text Box: Bila banyak mangga golek adalah 150 buah, jumlah seluruh mangga di kebun pak budi adalah ...
a. 740 batang
b. 450 batang
c. 300 batang
d. 50 batang
Kunci : a
 





5.      Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus berupa pernyataan yang diperlukan saja.
Text Box: Diantara rukun islam adalah sholat, sholat adalah wajib dan ada yang sunnah. Sunnah yang dikerjakan pada malam hari dibulan ramadhan adalah sholat ....
a. Tahhajud
b. Hajad
c. Tarawih
d. Tasbih

Kunci : c
 







Pokok soal diatas mengandung pernyataan yang tidak diperlukan, yaitu kalimat pertama dan kedua. Hal ini akan membingugkan siswa dan menyita waktu yang disediakan untuk membaca dan memahami maksud soal.,
Text Box: Sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari dibulan ramadhan adalah sholat ...
a. Tahajjud
b. Hajad
c. Tarawih
d. Tasbih
Kunci : c
Soal berikut lebih disarankan :





6.      Pokok soal jangan memberi petunjuk kearah jawaban benar.
Cermati kembali bacaan berikut :


Text Box: Kebun pak budi ditanami 4 jenis pohon magga, yaitu golek, indramayu, manalagi, dan harum manis. Pohon mangga goleh mempunyai batang yang kokoh dan buah yang masam, sedangkan pohon mangga harum manis mempunyai batang yang tidak kokoh dan buah yang manis. Hasil panen mangga akan djadikan manisan oleh pak budi.
 





Text Box: Jenis unit kooperasi apakah yang tepat dijadikan sebagai tempat pemasaran manisan dan selain pak budi?
a. Koperasi unit desa
b. Koperasi simpan pinjam
c. Koperasi konsumsi
d. Koperasi produksi
Kunci : a
Contoh :







Kata unit pada pokok soal akan memberi petunjuk kearah jawaban yang benar.
Soal beriut lebih disarankan


Rounded Rectangle: Jenis koperasi apakah yang tepat dijadikan sebagai tempa pemasaran manisan dan selai pak budi:
a. Koperasi unit desa
b. Koperasi simpan pinjam
c. Koperasi konsumsi
d. Koperasi produksi
Kunci : a
 







7.      Pokok soal yang memberikan pernyataan yang bersifat negatif ganda seperti : bukan, tanpa, tidak, kecuali dan sejenisnya dapat membingungkan siswa memahami pokok permasalahan yang ditanyakan.




Text Box: Arti sifat wajib bagi rasul berikut ini tidak benar, kecuali .........
a. Shiddiq artinya benar
b. Amanah artinya terpercaya
c. Tabligh artinya menyampaikan
d. Fathonah artinya mengetahui

Kunci : b
 






Pokok soal diatas menggunakanpernyataan yang bersifat negatif ganda yaitu tidak dan kecuali. Penggunaan kata negatif ganda tersebut dapat membingungkan siswa dalam memahami pokok permasalahan yang dipertanyakan.
Text Box: Arti dari sifat wajib bagi rasul yang tidak sesuai adalah ......
a. Shiddiq artinya benar
b. Amanah artinya terpercaya
c. Tabligh artinya menyampaikan
d. Fathonah artinya mengetahui
Kunci : b

Soal berikut lebih disarankan




8.      Panjang rumusan pilihan harus relatif lama.
Contoh.
Text Box: Salah satu isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah ...
a. Pembubaran Partai Komunis Indonesia
b. Kembali ke Undang-undang Dasar 1945
c. Pembentukan Dewan perwakilan Rakyat
d. Dibentuknya Dewan Nasional yang terdiri dari wakil-wakil semua partai yang ada.
 







Pada soal di atas, pilihan jawaban d paling panjang. Hal ini perlu dihindari karena ada kecenderungan peserta didik memilih pilihan jawaban terpanjang sebagai kunci.


Soal berikut lebih disarankan:


Text Box: Salah satu isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah ...
a. Pembubaran Partai Komunis Indonesia
b. Kembali ke Undang-undang Dasar 1945
c. Pembentukan Dewan perwakilan Rakyat
d. Dibentuknya Dewan Nasional yang terdiri dari wakil-wakil semua partai yang ada.
Kunci : b
 






9.      Pilihan jawaban jangan mengandung “semua pilihan jawaban diatas salah” atau “semua pilihan jawaban diatas benar”.
Contoh :


Text Box: Apa akibat yang ditimbulkan pada kehidupan manusia jika kita menebang pohon seacar sembarangan ? 
a. Akan terjadi banjir karena tidak ada akar tumbuhan yang menahan air.
b. Kehiudpan manusia tidak akan terpengaruh karena manusia menanam hutan yang baru.
c. Kehidupan manusia semakin sulit karena tidak ada lagi sumber alam yang dapat dimanfaatkan
Kunci :  a
 








     Soal di atas kurang baik karena hanya terdapat tiga pilihan jawabna yang dipertimbangkan. Jika semua jawaban di atas benar merupakan kunci, kita tidak akan mendapatkan informasi apakah peserta didik telah mengetahui memahami dengan baik jawaban yang benar. Sebaliknya bila semua jawaban di atas salah merupakan kunci maka kita tidak mendapat informasi apa-apa dari jawaban siswa untuk pertanyaan tersebut.
Text Box: Apa akibat yang ditimbulkan pada kehidupan manusia jika kita menebang pohon seacar sembarangan ? 
a. Akan terjadi banjir karena tidak ada akar tumbuhan yang menahan air.
b. Kehiudpan manusia tidak akan terpengaruh karena manusia menanam hutan yang baru.
c. Kehidupan manusia semakin sulit karena tidak ada lagi sumber alam yang dapat dimanfaatkan
d. Manusia mencari sumber daya alam lain sebagai pengganti hutan.
Kunci :  a
Contoh:






10.  Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut, atau kronologis waktunya.
Contoh :


Text Box: Bila suhu pada malam itu 20 C, berapa derajat suhu pada malam itu bila diukur dengan menggunakan Farenheit?
a. 77 F
b. 45 F
c. 68 F
d. 36 F

Kunci : c
 








Pilihan jawaban di atas tidak berurutan dari besar ke kecil atau sebaliknya. Hal ini akan menyita waktu lebih banyak bagi siswa untuk memahami dan memilih jawaban tepat, karena harus membaca angka pilihan jawaban yang meloncat-loncat tidak berurutan.
Contoh soal yang lebih disarankan:


Text Box: Bila suhu pada malam itu 20 C, berapa derajat suhu pada malam itu bila diukur dengan menggunakan Farenheit?
a. 36 F
b. 45 F
c. 68 F
d. 77 F

Kunci : c
 








11.  Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Text Box: 1. Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda terjadi pada tangggal ..
a. 20 Mei 1908
b. 5 Oktober 1945
c. 28 Oktober 1945
d. 10 November 1945

Kunci : c
Contoh:




Soal di atas dapat merugikan siswa, karena siswa yang tidak dapat menjawab soal dengan benar pada soal nomor 1, pasti akan menjawab salah pada soal nomor 2. Oleh karena itu, soal nomor 2 harus diperbaiki sehingga menjadi soal yang berdiri sendiri.
12. 


Text Box: Andi punya duit Rp. 20.000,00 dan Anton Rp. 15.000,00 mereka ingin membeli bola voli seharga Rp. 30.000,00. Sisa duit Andi dan Anton adalah.....
a. Rp. 1000,00
b. Rp. 5000,00
c. Rp. 10.000,00
d. Rp. 15.000,00

Kunci : b

Rumusan soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Bahasa yang digunakan pada rumusan pokok soal tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Text Box: Andi punya uang Rp. 20.000,00 dan Anton Rp. 15.000,00 mereka ingin membeli bola voli seharga Rp. 30.000,00. Sisa uang Andi dan Anton adalah.....
a. Rp. 1000,00
b. Rp. 5000,00
c. Rp. 10.000,00
d. Rp. 15.000,00

Kunci : b

Soal berikut lebih disarankan
13. 


Text Box: Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus ditunjukkan dengan.....
a. Melakukan semua perintah dan menjauhi laranganNya
b. Melakukan semua perintah degan rasa terpaksa
c. Melakukan perintahNya karena takut dimarahi
d. Melakukan perintah dan larangan dengan ikhlas
Kunci : a

Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian. Letakkan kata/frase tersebut pada pokok soal.
Kata melakukan dituis secara berulang sampai 4 kali. Hal ini menyebabkan siswa harus membaca kata tersebut berulang kali sehingga menyita lebih banyak waktu.


Text Box: Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus ditunjukkan dengan.....
a. Melakukan semua perintah dan menjauhi laranganNya
b. Melakukan semua perintah degan rasa terpaksa
c. Melakukan perintahNya karena takut dimarahi
d. Melakukan perintah dan larangan dengan ikhlas

Kunci : a

Soal berikut lebih disarankan[2]


BEBERAPA MODEL TES PILIHAN GANDA ( MULTIPLE  CHOICE)
Berikut ini merupakan contoh model tes pilhan ganda yang sekarang sudah bayak dipakai dan dikembangkan untuk keperluan ujian-ujian sekolah, terutama ujian akhir semester dan ujian akhir sekolah dan ujian masuk perguruan tinggi.
Beberapa model yang akan diraikan disini adalah:
1.      Melengkapi pilihan
2.      Analisis hubungan antarhal,
3.      Analisis kasus
4.      Melengkapi berganda dan

1.      Melengkapi pilihan
Soal dalam bentuk ini terdiri atas kalimat pokok yang berupa pernyataan yang belum lengkap diikuti oleh empat atau lima kemungkinan jawaban yang dapat melengkapi pernyataan tersebut. Responden atau testee diminta untuk memilih salah satu dari kelima kemungkinan jawaban yang tersedia.
Dalam bentuk ini hanya ada satu jawaban yang benar, yang disebutkan pula pada petunjuk soal. :

Contoh
PETUNJUK:
Pilihlah satu jawaban yang tepat pada soal dibawah ini dengan memberi tanda (x) pada huruf  dilembar jawaban .
Soal 1: Yang dimaksud dengan tema suatu karangan  adalah :
(A) latar belakang
(B) pendahuluan
(C) tujuan pengarangan
(D) isi cerita
(E) Pokok pikiran

Dalam bentuk soal ini kita juga mengenal variasi lain, yaitu (1) variasi bentuk “tidak” dan (2) variasi bentuk “ kecuali “ kedua bentuk ini memerlukan  kemampuan Diskriminatif dari yang dites.
Contoh :
Soal 2. :  dibawah ini adalah tanaman perkebunan KECUALI:
a.       Kelapa sawit
b.      teh
c.       padi
d.      kopi
Soal 3 : yang TIDAK termasuk kedalam unsur-unsur pada peta adalah...
a.       judul peta                    c. Garis
b.      warna                           e. Simbol



2.      Analisis Hubungan Antar hal
Dalam bentuk ini, soal terdiri atas satu kalimat pernyataan yang diikuti oleh satu kalimat alasan. Ditanyakan apakah pernyataan itu benar dan apakah alasan itu benar. Apabila pernyataan dan Alasan kedua-duanya benar, lalu dipikirkan apakah pernyataan itu disebabkan oleh alasan yang diberikan ataukah pernyataan itu tidak disebabkan oleh alasan itu. Dengan kata lain, apakah ada hubungan antara pernyataan dan alasan. Untuk lebih jelasnyua, perhatikancontoh di bawah ini beserta petunjuknya.
Contoh :
PETUNJUK:
Pada soal berikut terdapat kalimat-kalimat yang terdiri atas pernyataan yang diikuti alasan.
Pilihlah:
(A)                       Jika pernyataan dan alasan kedua-duanya benar, dan alasan betul merupakan sebab dari pernyataan
(B)                        Jika pernyataan dan alasan kedua-duanya benar, tetapi alasan bukan merupakan sebab dari pernyataan
(C)                        Jika pernyataan benar , tetapi alasan tidak merupakan jalan pikiran yang benar
(D)                       Jika pernyataan salah, tetapi alasan benar:
(E)                        Jika baik pernyataan maupun alasan kedua-duanya salah.

Soal 1: Seorang yang telah lari kencang frekuensi nadinya naik SEBAB pada waktu lari kencang denyut jantung seseorang bertambah cepat.
Soal 2: Air susu ibu lebih baik dari pada Air susu sapi SEBAB susu ibu lebih banyak mengandung lemak daripada air susu sapi.

3.      Analisis Kasus
Soal tes bentuk ini merupakan simulasi keadaan nyata: jadi, seolah-olah yang diuji diharapkan kepada keadaan sebenarnya. Kasus yang diberikan biasanya berupa cerita atau uraian tentang kejadian, situasi, proses dan hasil percobaan ataupun penelitian, yang ada hubungannya dengan bidang studi atau mata pelajaran yang akan diujikan. Dari satu kasus dapat dibuat lebih dari satu pertanyaan atau soal, tetapi dapat pula tiap pertanyaan atau soal didahului oleh satu kasus.
Contoh:
PETUNJUK:
Untuk soal-soal berikut ini disediakan suatu teks yang harus dipajhami secara cermat. Kemudian menyusul soal-soal yang memasalahkan hal-hal yang berhubungan dengan isi teks. Pilih satu jawaban yang paling tepat pada soal-soal yang mengiringi teks.
Soal 1: Sebuah benda digantung dengan pegas dengan h adalah tinggi benda dari tanah. Bila sekarang benda  itu ditarik sedikit kebawah, kemudian dilepaskan, benda itu akan berayun naik-turun secara harmonis dengan frekuensi ayunan per detik.
Ayunan benda itu disebabkan oleh:
(A) Tarikan searah dari pegas
(B)  Tarikan searah  dari gravitasi
(C)  Antaraksi antara pegas dan gaya gesekan udara.
(D) Antaraksi antara gaya gravitasi dan gaya gesekan udara
soal 2 : pada suatu Waktu di suatu daerah banyak terdapat awan, udara panas, dan kilat serta halilintar silih berganti, yang menyebabkan udara menjadi panas ialah
(A). Matahari tidak kelihatan
(B) kilat dan halilintar
(C) Hujan akan turun
(D) penguapan tertahan.

4. Melengkapi Berganda, disebut juga Asosiasi pilihan ganda
Pada hakikatnya bentuk soal ini hampir sama dengan bentuk soal “melengkapi pilihan”, yaitu satu pernyataan yang tidak lengkap yang diikuti dengan beberapa kemungkinan. Perbedaannya ialah, pada bentuk bentuk”  melengkapi berganda” ini kemungkinan yang benar satu, dua, tiga atau empat,
Contoh :
PETUNJUK:
Dibawah ini terdapat soal-soal yang mempunyai kejadian yang
dapat timbul bersama.
Pilihlah :

( A) Jika (1), (2),  dan (3), benar :
(B) Jika (1) dan (2) benar :
(C) Jika (2) dan (4) benar :
(D)  Jika hanya ( 4) yang benar:
(E) Jika semuanya benar
Soal 1: salah satu vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A yang terdapat didalam :
(1)   Minyak ikan dan telur
(2)   Bayam dan kubis
(3)   Air susu dan wortel
(4)   Kecambah dan buah-buahan asam
Soal 2: penderita penyakit gondok endemik disebabkan oleh;
(1)   Radang kelenjar gondok
(2)   Kekurangan vitamin E.
(3)   Virus ynag menyerang kerongkongan
(4)   Kekurangan yodium pada gizinya.  (lihat kembali contoh “ soal Analisis “ di muka)[3]




























KISI-KISI PENILAIAN
Sekolah                       : MI Rahmatulloh
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester            : D/IV
Tema/ Sub Tema         : 3/ 1 (Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku)
Jumlah Soal                 : 10
Bentuk Soal/Tes          : Pilihan ganda
Kurikulum                   : K13
Alokasi waktu             : 30 menit
Kompetensi Dasar :
3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota atau kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator :
1.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam
2.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
3.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran rendah.
4.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam di pantai.
5.      Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
6.      Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran rendah.
7.      Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah pantai
8.      Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
9.      Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran rendah.
10.  Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah pantai.
Tujuan pembelajaran
1.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam dengan tepat.
2.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan tepat.
3.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan tepat.
4.      Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di pantai dengan tepat.
5.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan benar.
6.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan benar.
7.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah pantai dengan benar.
8.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan benar.
9.      Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan benar.
10.  Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah pantai dengan benar.
No.
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Bentuk penilaian
Butir soal
Level
Skor

Menjelaskan pengertian sumber daya alam
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam dengan tepat.
Pilihan ganda
1
C1
2

Menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan tepat.
Pilihan ganda
2
C1
2

Menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran rendah.
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan tepat.
Pilihan ganda
3
C1
2

Menjelaskan pengertian sumber daya alam di pantai.
Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam di pantai dengan tepat.
Pilihan ganda
4
C1
2

Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan benar.
Pilihan ganda
5
C1
2

Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran rendah.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan benar.
Pilihan ganda
6
C1
2

Mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah pantai
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik  sumber daya alam di daerah pantai dengan benar.
Pilihan ganda
7
C1
2

Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran tinggi.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran tinggi dengan benar.
Pilihan ganda
8
C3
6

Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran rendah.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah dataran rendah dengan benar.
Pilihan ganda
9
C3
6

Menentukan manfaat sumber daya alam di daerah pantai.
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu menentukan manfaat sumber daya alam di daerah pantai dengan benar.
Pilihan ganda
10
C3
6
Jumlah nilai = skor didapat x 100
                       skor mksimal
Contoh penilaian = 30 x 100
                              32
                            = 93,75 (94)

Butir-Butir Soal
1.      Segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia adalah.....
a.       Dataran tinggi
b.      Dataran rendah
c.       Pantai
d.      Sumber daya alam
2.      Daerah permukiman bumi yang memiliki ketinggian kurang dari 500 meteri di atas permukaan laut adalah.....
a.       Dataran tinggi
b.      Dataran rendah
c.       Pantai
d.      Sumber daya alam
3.      Dataran rendah adalah suatu dataran yang ketinggiannya mencapai ..... meter diatas permukaan laut.
a.       > 0
b.      0
c.       > 200
d.      > 500
4.      Daerah yang berbatasan dengan laut adalah.....
a.       Danau
b.      Samudra
c.       Pantai
d.      Laut
5.      Yang termasuk ciri-ciri dataran tinggi adalah.....
a.       Iklim sejuk
b.      Suhu udara panas
c.       Banyak sinar matahari
d.      Sering turun hujan
6.      Jagung, padi, karet adalah tanaman yang cocok di tanam di.....
a.       Dataran tinggi
b.      Dataran rendah
c.       Pantai
d.      Daerah sawah
7.      Cuaca panas dan banyak sinar matahari merupakan ciri-ciri dataran.....
a.       Dataran tinggi
b.      Dataran rendah
c.       Pantai
d.      Daerah sawah
8.      Mata pencaharian masyarakat di daerah dataran tinggi adalah.....
a.       Nelayan
b.      Berkebun
c.       Pemandu wisata
d.      Karyawan
9.      Yang bukan termasuk mata pencaharian masyarakat di daerah dataran rendah adalah.....
a.       Karyawan
b.      Petani
c.       Peternak
d.      Nelayan
10.  Berikut ini yang bukan termasuk pemanfaatan sumber daya alam di pantai adalah.....
a.       Pengolahan garam
b.      Budi daya rumput laut
c.       Pengeringan ikan asin
d.      Pengeringan genteng
Kunci Jawaban
1.      D. Sumber daya alam
2.      A. Dataran tinggi
3.      C. > 200
4.      C. Pantai
5.      A. Iklim sejuk
6.      B. Dataran rendah
7.      C. Pantai
8.      B. Berkebun
9.      C. Nelayan
10.  D. Pengeringan genting



DAFTAR PUSTAKA

Kusaeri, 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar Dalam Kurikulum 2013, Sleman : Ar Ruzz Media
Ngalim Purwanto, 2014. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Yusuf, Muri. 2015. Assemen dan Evaluasi Pendidikan : Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan, Jakarta : Kencana.



[1] Muri Yusuf, Assemen dan Evaluasi Pendidikan : Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalia Mutu Pendidikan, (Jakarta:KENCANA, 2015) hlm. 107-110
[2] Kusaeri. Acuan dan Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. (Yogyakarta:Ar Ruzz Media, 2014). Hlm. 70 - 83
[3] Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Bandung: PR REMAJA ROSDAKARYA, 2012), hlm. 54-56

Komentar